Comscore Tracker

5 Cara Membangun Kekuatan Mental Diri, Jangan Diremehkan!

Jangan membandingkan diri dengan orang lain

Sebenarnya setiap orang memiliki kapasitas kekuatan dan keterbatasan yang berbeda. Termasuk dari bagaimana menyikapi setiap kesulitan di setiap permasalahan. Untuk itu kalian membutuhkan sebuah kekuatan mental. Untuk mengenal lebih jauh tentang kekuatan mental, mari kita simak ulasan lima hal yang dimiliki orang dengan kekuatan mental, berikut ini!

1. Selalu mengedepankan sikap optimis

5 Cara Membangun Kekuatan Mental Diri, Jangan Diremehkan!ilustrasi seseorang yang bersemangat (pixabay.com/Pasja 1000)

Apa itu kekuatan mental? Kekuatan mental atau biasa dikenal dengan mental strength adalah sebuah kondisi di mana seseorang mampu menyeimbangkan kekuatan jiwa dalam diri dalam mengatasi stres. Biasanya mereka yang memiliki kekuatan ini cenderung berargumen pada hal-hal positif dalam dirinya.

Meskipun sering mengalami kegagalan, orang dengan kekuatan mental selalu bersikap optimis. Tenang dalam mengambil keputusan. Bukan berarti tidak bisa marah, tapi cenderung bersikap tenang. 

2. Tidak mudah terkecoh oleh ego

5 Cara Membangun Kekuatan Mental Diri, Jangan Diremehkan!ilustrasi seseorang sedang berpikir (pexels.com/Alena Darmel)

Mereka tidak akan membiarkan dirinya marah dan sedih terus menerus. Kesedihan dan kekecewaan hanya seperlunya saja. Sisanya mereka atasi dengan pengendalian diri dan emosional yang baik. 

Karena setiap ego yang memenuhi pikiran itu akan menghambat kinerja otak. Jadi, mereka yang memiliki kekuatan mental pandai mengambil alih keadaan yang buruk menjadi jalan yang benar.

Baca Juga: 5 Hal yang Bisa Menurunkan Kekuatan Mental, Suka Julid Sama Orang! 

3. Terbuka dengan saran orang lain

5 Cara Membangun Kekuatan Mental Diri, Jangan Diremehkan!ilustrasi orang sedang berbicara (pexels.com/Cottonbro)

Mereka menyambut baik pendapat dan saran orang di sekitarnya. Sikap keterbukaan bagi mereka dijadikan sebagai evaluasi diri untuk menjadi lebih baik. Tidak ada saran yang dianggap sebagai cemoohan atau ejekan untuk dirinya.

Pikiran terbuka membuat mereka tumbuh menjadi seseorang yang percaya diri dan menjalin komunikasi yang baik dengan orang lain.

4. Cepat bangkit dari keterpurukan

5 Cara Membangun Kekuatan Mental Diri, Jangan Diremehkan!ilustrasi seseorang sedang frustasi (pixabay.com/Geralt)

Gagal berkali-kali sudah hal biasa, yang terjadi setelahnya adalah belajar lagi dari kegagalan tersebut dan introspeksi diri bukan meratapi kegagalan. 

Kekuatan mental akan membangun sebagian energi dan pikiran positif pada hal-hal yang baik. Pantang menyerah adalah jargon yang paling menggambarkan orang seperti ini.

5. Selalu recovery ketika misi tidak berhasil

5 Cara Membangun Kekuatan Mental Diri, Jangan Diremehkan!ilustrasi tulisan penyemangat (pexels.com/Madison Inouye)

Kegagalan adalah tantangan untuk ditaklukkan dan mengembalikan semangat terus belajar dan berusaha.

Semakin dewasa seseorang maka semakin tinggi pula persoalan yang akan dialami. Kekuatan mental dibangun untuk mengajarkan seseorang agar menyeimbangkan antara realitas dengan ego agar tidak merusak pikiran. 

Temukan jalan yang benar dan berani ambil risiko ke depannya. Dari kelima pernyataan di atas, manakah yang paling menggambarkan kondisi kamu sekarang?

Baca Juga: 5 Cara Sederhana untuk Menguatkan Mental supaya Harimu Jadi Lebih Baik

Qoni'ah Musallamah Photo Verified Writer Qoni'ah Musallamah

Jika ingin melihat dunia bacalah. Jika ingin diingat dunia menulislah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya