Comscore Tracker

5 Cara Sederhana untuk Menguatkan Mental supaya Harimu Jadi Lebih Baik

Lagi down? Coba lakukan lima cara ini

Bagaimana keadaanmu sekarang? Sedih, capek, jenuh, atau baik-baik saja? Syukur kalau keadaanmu sedang baik.

Namun, pernahkah kamu berada diposisi lelah secara mental? Rasanya untuk menjalani kehidupan saja gak kuat, berjalan pun harus terseok-seok, tapi bagaimana mau gak mau harus tetap melanjutkan hidup ini. 

Nah, buat kamu yang saat ini lagi down, merasa hari-hari begitu berat untuk dilalui, berikut lima cara yang bisa kamu lakukan untuk menguatkan mental. 

1. Libatkan Tuhan dalam setiap urusanmu 

5 Cara Sederhana untuk Menguatkan Mental supaya Harimu Jadi Lebih Baikilustrasi beribadah (pexels.com/@ Thirdman)

Cara pertama supaya mental jadi kuat dalam setiap urusan libatkan Tuhan di dalamnya. Tak ada yang gak mungkin dalam dunia ini. Mungkin kamu mengira tidak ada keajaiban, merasa apa yang dilakukan adalah kesia-siaan, tapi ibarat kata kamu sudah putus asa, jika Tuhan berkehendak keajaiban itu pasti ada. 

Maka dari itu selalu bersangka baiklah pada Tuhan, jangan lupa berdoa ketika memulai sesuatu dan jangan sekali pun meninggalkan-Nya. Percayalah dibarengi dengan usaha dan doa semuanya bisa saja terjadi. 

2. Berpikir positif 

5 Cara Sederhana untuk Menguatkan Mental supaya Harimu Jadi Lebih Baikilustrasi menikmati alam (pexels.co /@Elina Sazonova)

Cara selanjutnya untuk menguatkan mental adalah dengan berpikir dan mengatakan hal-hal baik pada diri sendiri. Kadang kalau sedang down, pikiran capek, untuk berpikir positif saja rasanya tidak bisa, bawaannya bakal overthinking terus.

Nah, jika mengalami hal ini coba lawan dengan mengatakan hal-hal baik pada diri sendiri. Beri afirmasi yang positif misal dengan kalimat-kalimat yang bisa memotivasimu. Dengan demikian pikiran gak hanya tertuju pada hal buruk. Namun, pikiran positif tersebut bisa menjadi kekuatanmu untuk melangkah. 

Baca Juga: 5 Kondisi Mental Ini Tidak Boleh Diremehkan, Segera Cari Bantuan!

3. Tidak berhenti saat merasa takut 

5 Cara Sederhana untuk Menguatkan Mental supaya Harimu Jadi Lebih Baikilustrasi takut (pexels.com/MART PRODUCTION)

Kadang, ketakutan untuk melangkah jadi alasan untuk berhenti. Takut nanti akan gagal, =mengalami kesalahan kedua kalinya, dan lainnya.

Memang, pada posisi tertentu memikirkan untuk terus maju dan melangkah adalah hal yang sangat berat dan mengerikan. Namun, apakah dengan menyerah dan berhenti di tengah jalan juga menjadi alasan yang tepat? Tidak sama sekali. 

Yuk berdiri lagi. Melangkah pelan-pelan dengan melawan rasa takut tersebut. Ingat, gak ada masalah yang tidak ada jalan keluarnya, semua pasti bisa terselesaikan. 

4. Berhenti membandingkan diri dengan orang lain 

5 Cara Sederhana untuk Menguatkan Mental supaya Harimu Jadi Lebih Baikilustrasi mengobrol (pexels.com/Karolina Grabowska)

Siapa yang punya kebiasaan membandingkan diri dengan orang lain? Membandingkan diri hanya akan membuat mental semakin down. Sebab kamu jadi terpaku terhadap kesuksesan orang lain dan gak bisa fokus pada diri sendiri. 

Mulai sekarang, hilangkan kebiasaan membandingkan diri tersebut. Fokus dengan apa yang kamu kerjakan. Dengan demikian mentalmu bisa tetap sehat. 

5. Kurangi mengeluh perbanyak bersyukur 

5 Cara Sederhana untuk Menguatkan Mental supaya Harimu Jadi Lebih Baikilustrasi bersyukur (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Mengeluh gak bisa menyelesaikan masalah, bahkan hanya menambah-nambahi beban dan mengganggu kesehatan mental. Daripada waktu dihabiskan hanya untuk sambat sana-sini, coba lebih perbanyak rasa syukurmu pada kehidupan.

Temukan sesuatu yang bisa kamu syukuri dalam hidup, entah itu kesehatan, nikmat hidup layak, masih bisa makan enak, dan lainnya. So, mulai sekarang kurangi kebiasaan mengeluh dan fokuslah untuk mencapai target atau cita-cita yang ingin kamu capai. 

Itu dia lima cara yang bisa dilakukan untuk menguatkan mentalmu. Semangat menjalani hari-hari dan jangan lupa untuk terus berjuang, ya. Kamu pasti bisa!

Baca Juga: 5 Tips Melatih Kesiapan Mental Sebelum Memasuki Dunia Kerja

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

find me on instagram : @ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya