Comscore Tracker

10 Cara Sederhana yang Bisa Kamu Coba Untuk Menerapkan Self-Love

Coba deh!

Sekarang ini berbagai hal terkait self-love sudah banyak dibicarakan dimana-mana. Tetapi, kebanyakan orang masih belum benar-benar memahaminya.

Dalam menjalani kehidupan, kita tidak hanya perlu menjalin hubungan baik dengan Tuhan dan sesama manusia, tetapi juga dengan diri sendiri. Bagaimana caranya? Salah satunya adalah dengan menerapkan self-love.

Self-love adalah sesuatu yang berbeda untuk setiap orang, karena kita memiliki banyak cara berbeda untuk menunjukkan bahwa kita mencintai diri sendiri. Pertanyaan sebenarnya adalah; bagaimana untuk memulai self-love? Berikut ini beberapa cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mulai menerapkan self-love:

1. Ciptakan ritual self-love

10 Cara Sederhana yang Bisa Kamu Coba Untuk Menerapkan Self-Loveyogajournal.com

Matikan TV dan menjauhlah dari media sosial selama 15 menit untuk fokus pada me time. Kamu bisa menikmati me time dengan berbagai ritual yang kamu  sukai, misalnya dengan melembabkan kulit untuk membuatmu merasa lebih baik. Atau memijat kakimu sebagai bentuk terima kasih karena selama ini menopang tubuhmu dan mengantarmu ke tempat yang harus kamu tuju.

Ciptakan ritual yang benar-benar kamu sukai dan nikmati setiap prosesnya saat kamu sedang melakukannya.

2. Buatlah daftar hal-hal positif dalam hidupmu

10 Cara Sederhana yang Bisa Kamu Coba Untuk Menerapkan Self-Lovegordonfischerlawfirm.com

Kamu tentu sering mendengar bahwa untuk mencintai orang lain, kamu harus terlebih dahulu belajar mencintai diri sendiri. Tetapi untuk benar-benar mencintai sendiri terkadang kamu harus mengenali semua cinta yang ada di sekitarmu. Salah satu hal yang bisa kamu lakukan saat merasa terpuruk adalah memberi waktu dirimu untuk sendirian dan menuliskan hal-hal positif dalam hidupmu. Setelah kamu selesai menulisnya dan membacanya kembali, itu akan membuatmu lebih mudah mencintai diri sendiri.

3. Bangunlah komunitas yang berharga

10 Cara Sederhana yang Bisa Kamu Coba Untuk Menerapkan Self-Lovepublicbroadcasting.net

Sebaik apa pun kamu melakukannya, kamu tidak akan bisa melakukan semuanya sendirian. Kamu membutuhkan dukungan dan cinta dari orang-orang di sekitarmu untuk tetap termotivasi dan berada di jalur yang seharusnya. Energi positif itu menular, jadi berada di sekitar orang-orang yang positif menjadi hal yang penting dalam memulai dan meningkatkan self-love.

4. Berhenti membandingkan diri sendiri dengan orang lain

10 Cara Sederhana yang Bisa Kamu Coba Untuk Menerapkan Self-Loveincimages.com

Kamu mungkin sedang mengalami hal-hal berat dalam hidupmua, sehingga melihat orang lain menjadi lebih sukses dan bahagia. Ingatlah, berhentilah untuk membandingkan dirimu sendiri dengan orang lain, karena setiap manusia diciptakan berbeda dengan keunikannya masing-masing. Membandingkan diri dengan orang lain hanya membuatmu fokus pada hal yang negatif, padahal ada begitu banyak hal lain yang harus disyukuri.

Apalagi jika kamu membandingkan diri dengan apa yang kamu lihat di media sosial. Apa yang kamu lakukan hanya buang-buang energi, karena apa yang tampak di media sosial saat ini tidak selalu hal yang sebenarnya terjadi di kehidupan penggunanya.

5. Tubuhmu adalah sesuatu yang sangat berharga

10 Cara Sederhana yang Bisa Kamu Coba Untuk Menerapkan Self-Lovebodypositiveyoga.com

Memperlakukan tubuhmu layaknya sesuatu yang berharga tidak hanya akan meningkatkan self-love, tetapi juga energy positifmu. Jangan perlakukan tubuhmu hanya karena ingin terlihat baik di mata orang lain, tetapi lebih baik untuk dirimu sendiri. Makanlah makanan yang kata nutrisi agar tubuhmu bisa selalu mengeluarkan energy positif dan penuh cinta.

Baca Juga: Wajib Dilakukan, Ini 5 Cara Simple Membahagiakan Diri Sendiri

6. Lakukan sesuatu yang kamu kuasai

10 Cara Sederhana yang Bisa Kamu Coba Untuk Menerapkan Self-Lovemoneysense.ca

Harga diri dan self-love seringkali berjalan beriringan. Jadi, berpartisipasi dalam hobi atau sesuatu yang kamu kuasai bukan hanya akan meningkatkan hormon endorfin, tetapi juga akan memunculkan versi terbaik dari dirimu. Jika kamu suka melukis, maka lakukannya. Jika kamu suka traveling, maka ambil backpack-mu dan berpetualanglah. Jika kamu suka menulis, menulislah untuk menginspirasi orang banyak yang membaca tulisanmu.

7. Temukan tempat yang membuatmu bahagia

10 Cara Sederhana yang Bisa Kamu Coba Untuk Menerapkan Self-Love52perfectdays.com

Pikirkan tempat yang membuatmu merasa lebih tenang dan bahagia. Tempat yang bisa kamu gunakan untuk menghabiskan waktu dengan diri sendiri. Tanpa memikirkan pekerjaan, tagihan yang harus dibayar, hubungan dengan pacar yang sedang tidak harmonis, dan sebagainya. Self-love adalah tentang hubungan dengan diri sendiri, dan salah satu tempat termudah untuk melakukannya adalah tempat yang memungkinkan kamu untuk bebas melakukannya.

8. Bersihkan kamar dan lingkunganmu

10 Cara Sederhana yang Bisa Kamu Coba Untuk Menerapkan Self-Loveblog.brandsource.ca

Membersihkan kamar bersifat terapi untuk membantu memengaruhi pikiranmu agar lebih mencintai diri sendiri. Menyingkirkan hal-hal lama akan memberi ruang bagi hal-hal baru untuk masuk ke dalam hidupmu.

Kita tanpa sadar terus berpegang pada hal-hal di masa lalu kita, itu cenderung membebani jiwa kita dan bahkan membuat kita menjadi rendah diri. Semakin banyak blok negative yang kita bersihkan, semakin kita bisa memiliki self-love yang kuat.

Membersihkan pikiranmu terkadang bisa dilakukan dalam bentuk membersihkan kamar, lingkungan, atau benda-benda favorit. Selain itu, bisa juga dengan melepaskan pakaian, sepatu, perhiasan, dan lain-lain yang mengingatkanmu pada kejadian-kejadian buruk atau hal-hal yang bersifat negatif.

Jangan berfokus pada apa yang sudah terjadi, cukup cintai dirimu sendiri untuk menyambut hal baik yang akan segera tiba.

9. Berolahraga bukan hanya meningkatkan kesehatan, tetapi penerimaan diri

10 Cara Sederhana yang Bisa Kamu Coba Untuk Menerapkan Self-Lovehungryrunnergirl.com

Meskipun kamu bisa melakukan olahraga sebagai cara untuk melindungi diri dari serangan berbagai penyakit, ini juga bermanfaat untuk membantu mencapai penerimaan diri yang optimal. Olaraga juga sebagai bentuk ungkapan pada tubuhmu bahwa kamu mencintai dirimu sendiri.

10. Tingkatkan spiritualitas sesuai dengan keyakinanmu

10 Cara Sederhana yang Bisa Kamu Coba Untuk Menerapkan Self-Loveghanalive.tv

Iman adalah fondasi yang kuat dalam self-love, apa pun keyakinanmu. Percaya pada sesuatu membuka jiwamu pada keindahan keyakinan dan kepercayaan. Hal ini akan membangun intuisi dan membantumu membuat keputusan berdasarkan pada intuisi.

Ketika kamu mengeksplorasi spiritualitasmu, itu juga akan membawamu dalam perjalanan mempelajari hal-hal tentang dirimu, sehingga pikiran, perasaan, gairah, dan emosi baru yang muncul akan membuatmu lebih menghargai diri sendiri karena kamu sadar bahwa kamu adalah pribadi yang otentik.

Sudah siap untuk lebih mencintai diri sendiri?

Baca Juga: Ini 9 Keuntungan yang Bakal Kamu Dapat Jika Berani Jadi Diri Sendiri

Reksita Galuh Wardani Photo Verified Writer Reksita Galuh Wardani

Menulis adalah bekerja dalam keabadian - Pramoedya Ananta Toer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You