Comscore Tracker

5 Tips agar Tetap Fokus Bekerja saat Berpuasa, jadi Produktif!

Bekerja jadi semangat dan puasa berjalan lancar

Bekerja saat sedang menjalankan ibadah puasa memang memiliki tantangan tersendiri, seperti harus melawan rasa malas dikarenakan energi yang mudah terkuras.

Pastinya kamu ingin tetap menjalankan puasa dan beraktivitas dengan baik bukan? Selain diperlukan niat, kamu juga bisa mengikuti lima tips di bawah ini agar bisa fokus bekerja walaupun sedang berpuasa.

1. Atur jam tidur

5 Tips agar Tetap Fokus Bekerja saat Berpuasa, jadi Produktif!ilustrasi wanita berhijab sedang tidur (pexels.com/DarinaBelonogova)

Jika kamu memiliki kebiasaan tidur larut malam, cobalah untuk tidur lebih awal pada bulan Ramadan ini, sebab waktu tidur kamu juga akan dikurangi dengan menjalankan aktivitas santap sahur.

Melanjutkan tidur setelah sahur juga tidak disarankan sebab kamu akan merasa ngantuk seharian hingga tubuh terasa tidak segar dan itu memengaruhi kegiatan bekerja yang harus kamu lakukan, solusinya kamu bisa tidur selama tujuh hingga sembilan jam per hari.

2. Porsi makan yang cukup

5 Tips agar Tetap Fokus Bekerja saat Berpuasa, jadi Produktif!ilustrasi wanita berhijab sedang makan (pexels.com/RODNAEProductions)

Di bulan puasa ini, sangat penting mempunyai porsi makan yang seimbang dalam memenuhi gizi harian kamu. Dengan begitu kamu tidak akan merasa lemas seharian sekalipun saat bekerja.

Perhatikan asupan yang cukup seperti karbohidrat, protein, buah dan sayur, jangan lupa untuk tidak makan dan minum secara berlebihan yang justru akan membuat kamu merasa ngantuk saat berpuasa.

Baca Juga: Mau Tetap Sehat Selama Puasa? Pilih 10 Minuman Segar Buka Puasa Ini!

3. Lakukan istirahat di sela-sela waktu kerja

5 Tips agar Tetap Fokus Bekerja saat Berpuasa, jadi Produktif!ilustrasi dua wanita berhijab sedang memainkan permainan saat jam istirahat kerja (pexels.com/CedricFauntleroy)

Bekerja pada bulan Ramadan, mungkin membuat kamu bingung untuk mengisi waktu istirahat makan siang. Gunakanlah jam tersebut untuk tidur walaupun hanya sekitar tiga puluh menit dan akan membuat kamu merasa lebih bugar.

Selain itu, kamu juga bisa berolahraga ringan hingga melakukan hobi yang kamu suka, dengan begitu kamu bisa bersemangat hingga lebih fokus saat melanjutkan pekerjaan.

4. Rutin beribadah

5 Tips agar Tetap Fokus Bekerja saat Berpuasa, jadi Produktif!ilustrasi wanita yang sedang mengaji (pexels.com/RODNAEProductions)

Bulan Ramadan menjadi ajang mencari pahala, selain berpuasa kegiatan ibadah lainnya pun dapat kamu temukan yang tidak ada pada bulan lainnya seperti salat tarawih.

Oleh karenanya kamu dapat mencoba rutin dalam beribadah yang akan membuat hati lebih ikhlas dan bersemangat ketika beraktivitas saat sedang puasa termasuk kegiatan bekerja.

5. Jaga kesehatan tubuh

5 Tips agar Tetap Fokus Bekerja saat Berpuasa, jadi Produktif!ilustrasi wanita berhijab olahraga untuk menjaga kesehatan (pexels.com/RonLach)

Terakhir, dengan menjaga kesehatan tubuh, kamu bisa menjalankan puasa dengan lancar walaupun sehari-hari kamu bekerja. Kamu bisa melakukan olahraga ringan setiap hari, menghindari makanan berminyak dan berlemak, hingga tidak mengonsumsi minuman yang mengandung kafein. Dengan begitu tubuh kamu dapat selalu terjaga di bulan puasa ini.

Banyak upaya yang bisa dilakukan agar tetap fokus dan semangat bekerja saat berpuasa. Cukup dengan cara yang sederhana bukan? Menjalani puasa bukan berarti jadi alasan untuk bermalasan, ya.

Baca Juga: 5 Langkah Mencapai Kesempurnaan Ibadah Puasa di Bulan Ramadan 

Resti Salsabila Photo Verified Writer Resti Salsabila

To love oneself is the beginning of a lifelong romance

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya