Comscore Tracker

5 Keuntungan Bawa Botol Minum Sendiri Saat ke Luar Rumah, Yuk Lakukan!

Gak hanya ramah lingkungan, lho!

Apakah selama ini kamu sudah sering membawa botol sendiri saat bepergian keluar rumah? Memang, membawa botol sendiri terkesan ribet dan memenuhi tasmu, tapi ternyata banyak manfaatnya lho.

Berikut ini beberapa manfaat yang bisa kamu rasakan kalau membawa botol minum sendiri ketika bepergian ke luar rumah!

1. Mengurangi polusi sampah plastik

5 Keuntungan Bawa Botol Minum Sendiri Saat ke Luar Rumah, Yuk Lakukan!unsplash.com/John Cameron

Seperti yang kita tahu, plastik merupakan salah satu penyebab pencemaran lingkungan. Ini karena sifat plastik yang susah terurai di alam. Kita memang gak bisa menghindari plastik di kehidupan sehari-hari, tapi setidaknya kita bisa mengurangi konsumsi plastik. Salah satu caranya adalah dengan membawa botol minum sendiri saat bepergian ke luar rumah.

Dengan membawa botol sendiri, kamu bisa menghindari membeli botol minum kemasan sekali pakai yang banyak dijual di warung-warung. Kamu hanya perlu minum dari botolmu yang bisa dipakai berulang kali. Kalau kamu konsisten melakukannya, coba bayangkan berapa banyak sampah botol plastik yang bisa kamu kurangi?

2. Lebih hemat

5 Keuntungan Bawa Botol Minum Sendiri Saat ke Luar Rumah, Yuk Lakukan!smartgirlsgroup.com

Bawa botol minum sendiri juga bisa menghemat pengeluaranmu, lho. Pertama, kamu hanya perlu membeli botol minum sekali dan selanjutnya bisa dipakai berkali-kali. Kedua, kamu jadi gak perlu beli air minum kemasan setiap kali keluar rumah, bukan?

Sebagai ilustrasi, setiap hari kamu harus merogoh kocek sebesar Rp3 ribu untuk membeli satu botol air, maka dalam sebulan kamu akan menghabiskan sebesar Rp90 ribu. Kalau dikalikan jadi setahun, kebutuhan kamu untuk membeli air kemasan bisa mencapai Rp1 juta lebih.

Tentu nominal tersebut gak kecil, bukan? Kamu bisa menghemat pengeluaran ini dengan membeli air galon atau merebus air sendiri lalu dimasukkan ke dalam botol minummu.

Baca Juga: Kurangi Sampah Plastik, ASN Magelang Wajib Bawa Botol Minum 

3. Lebih menyehatkan

5 Keuntungan Bawa Botol Minum Sendiri Saat ke Luar Rumah, Yuk Lakukan!sfchronicle.com

Membawa botol minum sendiri bisa lebih menyehatkan tubuhmu. Pertama, kamu akan terhindar untuk membeli minuman di luar sana yang membuat tubuh jadi gak sehat. Bisa saja kan, air kemasan yang dijual di luar adalah air palsu atau air yang belum dimasak? Atau, air yang dijajakan bisa saja sudah lewat masa kedaluwarsa atau gak layak konsumsi karena penyimpanan yang dilakukan sembarangan. Kalau kamu membawa air dan botol minuman sendiri dari rumah, kamu bisa lebih yakin kalau air yang kamu bawa sudah matang sehingga lebih sehat dan aman diminum.

Kedua, botol plastik sekali pakai yang banyak dijual di warung-warung biasanya terbuat dari plastik PET (polyterephthlate), yang bisa mengeluarkan senyawa kimia berbahaya ketika dipakai berulang kali dalam jangka waktu lama atau ketika terkena air panas. Dalam jangka waktu lama, bahan-bahan ini bisa membahayakan tubuh.

Ketiga, dengan membawa botol minum sendiri, kamu bisa memonitor jumlah air yang kamu minum setiap harinya. Tentu kita tahu bahwa konsumsi air harian harus cukup banyak agar metabolisme tubuh lancar. Dengan membawa botol sendiri, kamu bisa tahu berapa kali mengisi air untuk minum setiap harinya. Kalau konsumsi airmu masih kurang, tentu kamu harus menambahnya lagi.

4. Membuatmu terhindar dari dehidrasi karena bisa minum kapan saja

5 Keuntungan Bawa Botol Minum Sendiri Saat ke Luar Rumah, Yuk Lakukan!popsugar.com

Kalau kamu bawa botol minum sendiri, kamu bisa minum kapan saja sesuai kebutuhan. Terutama saat kamu sedang haus, ini akan sangat berguna. Kamu pun akan terhindar dari dehidrasi. Beda cerita kalau kamu gak bawa air minum, maka saat di tengah perjalanan ke sekolah, kampus, tempat kerja dan tiba-tiba kehausan, kamu tentu gak bisa langsung minum dan harus mencari atau membeli air dulu.

5. Cenderung "lebih aman" saat dibawa di dalam tas

5 Keuntungan Bawa Botol Minum Sendiri Saat ke Luar Rumah, Yuk Lakukan!boorooandtiggertoo.com

Umumnya, botol minum atau tumbler terbuat dari bahan yang kuat dan sudah didesain sedemikian rupa sehingga jarang bocor. Dengan begitu, kamu bisa membawanya dengan aman di dalam tasmu. Ini akan sangat berguna terutama ketika kamu membawa banyak barang berharga di dalam tasmu, seperti dokumen penting atau barang elektronik.

Ini tentu beda dengan botol kemasan sekali pakai yang banyak dijual di warung-warung. Botol-botol tersebut umumnya terbuat dari bahan yang tipis dan kalau tertekan sedikit saja akan bisa langsung rusak dan menumpahkan banyak air.

Wah, ternyata bawa botol sendiri saat bepergian keluar rumah memberikan banyak manfaat untuk kita sendiri maupun untuk lingkungan. Apa sekarang kamu masih ragu untuk bawa botol sendiri?

Baca Juga: Pemkot Makassar Ajak Masyarakat Ganti Botol Plastik dengan Tumbler

Rivandi Pranandita Putra Photo Verified Writer Rivandi Pranandita Putra

IG: @rivandipputra

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya