Comscore Tracker

Gak Cuma Ramah Lingkungan, Ini 5 Keuntungan Menerapkan 'Go Paperless'

Jangan buang-buang kertas lagi, ya!

Di tengah isu perubahan iklim (climate change), saat ini banyak bermunculan berbagai gerakan ramah lingkungan. Salah satu hal yang bisa kamu lakukan adalah menerapkan gaya hidup "go paperless". Melalui gaya hidup ini, kamu bisa menyelamatkan bumi dengan mengurangi pemakaian kertas atau bahkan gak menggunakan kertas sama sekali.

Kecuali memang sangat penting atau mendesak untuk dicetak, sebaiknya gak perlu mencetak atau print dokumen. Kamu cukup menyimpan dokumenmu dalam laptop atau perangkat penyimpan elektronik.

Agar makin semangat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, berikut ini beberapa keuntungan menerapkan gaya hidup "go paperless" yang perlu kamu tahu!

1. Ramah lingkungan

Gak Cuma Ramah Lingkungan, Ini 5 Keuntungan Menerapkan 'Go Paperless'freepik.com/freepik

Seperti yang kita tahu, bahan baku kertas umumnya terbuat dari bubur kayu. Dengan semakin banyaknya kertas yang diproduksi, maka akan semakin banyak pohon yang harus ditebang. Karena itu, gaya hidup "go paperless" sangat membantu menjaga kelestarian hutan.

2. Lebih praktis dan efisien

Gak Cuma Ramah Lingkungan, Ini 5 Keuntungan Menerapkan 'Go Paperless'sites.google.com

Jika dibandingkan dengan dokumen cetak, bukankah lebih praktis untuk membawa dokumen elektronik? Cukup disimpan di laptop, flashdisk, atau harddisk eksternal, kamu bisa membawa dokumen elektronik kemanapun kamu pergi dengan mudah. Kalau kamu masih mencetak atau menulis dokumenmu di kertas, tentu ini gak hanya gak praktis tapi juga boros tempat.

Kalau kamu ingin menunjukkan atau mengirimkan dokumenmu ke orang lain, dokumen elektronik juga dapat dengan mudah dan cepat dikirimkan via email atau media sosial. Sementara itu, kalau kamu punya dokumen cetak, kamu tentu akan butuh lebih banyak waktu untuk mengirimkan  dokumen tersebut ke orang lain.

Baca Juga: 5 Pilihan Ramah Lingkungan untuk Barang-Barang yang Sering Kamu Pakai

3. Menghemat biaya

Gak Cuma Ramah Lingkungan, Ini 5 Keuntungan Menerapkan 'Go Paperless'thehappyhomemaker.co.uk

Kalau kamu menerapkan gaya hidup "go paperless", maka konsumsi kertas akan kamu minimalkan. Biaya yang seharusnya kamu pakai untuk membeli kertas pun bisa kamu simpan untuk keperluan lain, bukan?

4. Hemat waktu

Gak Cuma Ramah Lingkungan, Ini 5 Keuntungan Menerapkan 'Go Paperless'freepik.com/cherayut000

Selain hemat uang, kamu juga bisa hemat waktu kalau mau menerapkan gaya hidup "go paperless". Dengan menyimpan semua dokumenmu secara digital, kamu bisa dengan cepat mencari dan menemukan dokumen atau informasi yang kamu perlukan. Sebaliknya, kalau kamu masih mencetak dokumenmu, kamu mungkin akan butuh waktu lebih banyak untuk mencari dan menemukan dokumen atau informasi yang kamu cari.

5. Relatif aman

Gak Cuma Ramah Lingkungan, Ini 5 Keuntungan Menerapkan 'Go Paperless'freepik.com/mangpor2004

Menyimpan dokumen dalam bentuk digital bisa jadi relatif lebih aman dibandingkan kalau kamu menyimpannya dalam versi cetak. Dokumen digital dapat disimpan di lokasi yang aman. Kamu bisa membuat password atau kata sandi tertentu sehingga gak sembarang orang bisa mengakses dokumenmu tersebut.

Selain itu, kamu juga bisa membuat cadangan data (back-up) untuk semua dokumen elektronikmu sehingga kamu gak perlu khawatir jika dokumenmu hilang. Bandingkan kalau kamu menyimpan dokumenmu dalam versi cetak, ada potensi dokumenmu mengalami kerusakan atau bahkan hilang.

Wah, ternyata ada banyak keuntungan yang akan kamu dapatkan kalau mau menerapkan gaya hidup "go paperless". Gak cuma memberikan keuntungan untuk dirimu sendiri, kamu juga telah memberikan manfaat untuk lingkungan. Dengan berbagai manfaat tersebut, apa sekarang kamu masih ragu untuk menerapkan gaya hidup "go paperless"? 

Baca Juga: 5 Perilaku Ramah Lingkungan yang Bisa Kamu Lakukan Sebelum Tidur

Rivandi Pranandita Putra Photo Verified Writer Rivandi Pranandita Putra

IG: @rivandipputra

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya