Comscore Tracker

5 Manfaat Berharga Mengikuti Kursus, Penting untuk Kariermu!

Biar jadi nilai plus di dalam portofoliomu

Dalam dunia kerja, tentu kamu perlu memiliki pengetahuan dan keterampilan berdasarkan pengalaman yang telah dilalui selama ini. Namun, tidak semua orang memiliki potensi tersebut, apalagi bagi freshgraduate.

Oleh sebab itu, apabila kamu minim pengalaman sudah sebaiknya mengikuti kursus. Sehingga, kemampuan di bidang yang ingin kamu kuasai dapat berkembang dan digunakan sebagai modal untukmu bekerja. Berikut ini beberapa manfaat berharga mengikuti kursus yang harus kamu ketahui.

1. Menambah portofoliomu 

5 Manfaat Berharga Mengikuti Kursus, Penting untuk Kariermu!ilustrasi bersalaman (pexels.com/cottonbro)

Sudah banyak perusahaan lebih mensyaratkan bagi pelamarnya mempunyai pengalaman kerja. Hal ini tentu akan jadi kendala untuk para fresgraduate yang belum sama sekali memilikinya.

Dengan Mengikuti kursus, pasti akan mendapatkan sertifikat keahlian yang bisa kamu tambahkan di portofoliomu. Hal ini penting sebagai modal melamar kerja, karena akan menjadi nilai plus untukmu bisa mendapatkan peluang lolos.

2. Belajar langsung dari ahlinya 

5 Manfaat Berharga Mengikuti Kursus, Penting untuk Kariermu!ilustrasi diskusi (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Diajari langsung oleh pakar di bidangnya, pasti akan terasa antusiasnya. Sebab, kamu bisa langsung berdiskusi dan menggali keterampilanmu secara lebih mendalam. Momen seperti itu akan menjadi pengalaman yang berharga untukmu.

Selain itu, akan menemukan beragam metode atau teknik yang belum pernah kamu pelajari selama ini. Alhasil, wawasan dan keterampilanmu pun bisa berkembang pesat dibandingkan sebelumnya.

Baca Juga: 8 Program Kursus Bahasa Korea Gratis yang Bisa Kamu Coba

3. Mengasah kemampuan hard skill maupun soft skill 

5 Manfaat Berharga Mengikuti Kursus, Penting untuk Kariermu!ilustrasi orang sedang presentasi (pexels.com/RODNAE Productions)

Sudah pasti jika mengikuti kursus kemampuan hard skill yang kamu miliki akan jauh lebih berkembang. Akan ada beragam tugas, entah sifatnya pribadi atau kelompok yang secara tidak langsung kemampuan berinteraksimu pun juga meningkat.

Alhasil, tidak hanya hard skill saja yang akan ada perkembangan dari dalam dirimu, tapi juga soft skill yang kamu miliki akan bisa meningkat juga. Hal ini bisa terjadi karena kegiatan pada kursus fokus terhadap praktik.

4. Melatih untuk lebih percaya diri

5 Manfaat Berharga Mengikuti Kursus, Penting untuk Kariermu!ilustrasi diskusi (pexels.com/Kampus Production)

Beradaptasi pada lingkungan baru bukanlah perkara yang mudah untuk dilalui. Itulah yang menjadi alasan mengikuti kursus adalah hal yang penting. Sebab, menuntutmu supaya lebih percaya diri.

Lantaran mengharuskanmu untuk bisa menampilkan atau mempresentasikan dari hasil tugas yang telah kamu selesaikan. Alhasil, kemampuan public speaking yang kamu miliki akan semakin meningkat.

5. Memperluas relasi 

5 Manfaat Berharga Mengikuti Kursus, Penting untuk Kariermu!ilustrasi berdiskusi (pexels.com/Ivan Samkov)

Dengan mengikuti kursus, kamu akan mendapatkan banyak relasi dengan orang-orang yang memiliki minat yang sama sepertimu. Dari sinilah relasimu akan semakin bertambah, agar ada tempat untuk bisa bertukar pikiran. Bisa saja dari hubungan tersebut membuka peluang baru. Entah mendapatkan informasi lowongan pekerjaan atau bahkan membuka usaha bareng.

Beragam manfaat serta keuntungan dari mengikuti kursus, tentu bertujuan untuk memperoleh kemampuan yang lebih maksimal agar dijadikan modal mencari pekerjaan. Jadi, tidak perlu ragu untuk mengikuti kursus, ya.

Baca Juga: 5 Kursus Ini Bantu Kamu Punya Penghasilan Sendiri Tanpa Ijazah

Rizki Achmad Putra Photo Verified Writer Rizki Achmad Putra

typing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya