Comscore Tracker

Biar Hidup Tenang, 5 Cara Berhenti Kepo Terhadap Kehidupan Orang Lain

#IDNTimesLife Catat dan lakukan hal ini

Apa hal yang membuat hidup jadi gak tenang? Ya benar sekali, kita terlalu kepo dan peduli terhadap urusan orang lain. Ingin tahu apa yang ia lakukan, ingin tahu apa pencapaian yang telah diraih, bagaimana kehidupannya, dan sebagainya. Terlalu ikut campur terhadap urusan orang inilah, yang membuat hidup jadi gak tenang dan terus kepikiran. 

Nah supaya gak berlarut-larut dan membuatmu malah memikirkan yang gak penting. Berikut lima cara berhenti peduli terhadap kehidupan orang. 

1. Fokus terhadap kehidupan diri sendiri

Biar Hidup Tenang, 5 Cara Berhenti Kepo Terhadap Kehidupan Orang Lainwanita membersihkan jendela (pexels.com/@Gantas Vaičiulėnas)

Cara pertama berhenti terlalu kepo terhadap kehidupan orang lain yaitu, fokus terhadap kehidupan diri sendiri. Daripada menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk ngurusin orang, stalking akun sosial medianya terus, lebih baik fokuskan diri untuk melakukan urusan pribadi. 

Kamu bisa melakukan pekerjaan, menyelesaikan tugas, melakukan hobi, dan kegiatan yang lain. Dengan demikian pikiran gak terlalu memusingkan hal yang gak sepatutnya kita pikirkan. 

2. Kepo boleh, tapi jangan berlebihan

Biar Hidup Tenang, 5 Cara Berhenti Kepo Terhadap Kehidupan Orang Lainstres kerja (pexels.com/@Victoria Borodinova)

Cara selanjutnya yaitu, kepo itu boleh tapi ingat jangan berlebihan. Gak bisa dihindari memang kita punya naluri untuk ingin tahu apa yang orang lain lakukan, ingin tahu pencapaian yang telah diraih, dan kekepoan yang lain.

Namun ingat janganlah berlebihan karena bisa membuat hidup jadi gak tenang. Sewajarnya saja, orang dia yang melakukan kenapa kita harus repot-repot mengurusi ini itu. Jadi, kurangi sikap terlalu kepo tersebut ya! 

3. Pahami setiap orang punya privasinya masing-masing

Biar Hidup Tenang, 5 Cara Berhenti Kepo Terhadap Kehidupan Orang Lainilustrasi pertemanan (pexels.com/@ Elijah O'Donnell)

Cara selanjutnya yaitu, memahami bahwa gak semua hal bisa dibagikan karena setiap orang punya privasinya masing-masing. Sekedar peduli, ingin tahu, atau kepo saja gak masalah. Namun, jangan sampai keingintahuanmu tersebut mengganggu batas privasinya.

Ingat kita harus bisa menghormati hidup orang lain. Maka dari itu kurang-kurangi sifat kepomu yang berlebihan tersebut. Karena hidup jauh lebih tenang kalau kita berhenti mengurusi orang lain. 

Baca Juga: 5 Cara Menghadapi Atasan yang Suka Kepo sama Urusan Pribadimu

4. Jika membuat hidupmu gak tenang, kurangi intensitas pertemuan kalian

Biar Hidup Tenang, 5 Cara Berhenti Kepo Terhadap Kehidupan Orang Lainseorang wanita (pexels.com/@Lucas Allmann)

Selain tiga poin di atas cara selanjutnya yaitu, jika hal ini membuat hidupmu gak tenang kamu bisa mengurangi intensitas pertemuan dan komunikasi kalian. Kamu bisa memblokir akun sosial medianya, sementara waktu untuk jaga jarak, dan mengurangi intensitas pertemuan. 

Gakpapa kok itu dilakukan, nanti kalau keadaan sudah membaik kamu bisa menjalin komunikasi yang intens lagi. Jadi, jangan ragu untuk bersikap tegas pada diri sendiri ya. 

5. Alihkan pikiran pada hal yang positif

Biar Hidup Tenang, 5 Cara Berhenti Kepo Terhadap Kehidupan Orang Lainperempuan berdiri (pexels.com/@pixabay)

Cara terakhir yaitu, jika muncul keinginan untuk terus kepo dan peduli terhadap urusan orang lebih baik segera alihkan pikiranmu pada hal yang positif. Kamu bisa melakukan aktivitas lain, melakukan hobi, membaca buku, nonton film, dsb. Berusahalah untuk gak terlalu memikirkan urusan orang, supaya kedamaian hati bisa didapat. 

Nah dengan mengalihkan pikiran pada hal yang baik-baik, setidaknya fokusmu bisa teralihkan sebentar. Karena biasanya kalau terlalu kepo dan melihat orang lain menampilkan kelebihan bisa menimbulkan sikap iri dari dalam diri. 

Itulah lima cara yang bisa dilakukan untuk gak berlebihan kepo terhadap orang lain. Ingat apa pun yang berlebihan itu gak baik, maka sewajarnya saja. 

Baca Juga: 5 Tanda Orang yang Hanya Kepo Sama Ceritamu, Bukan Mau Bantuin!

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

find me on instagram : @ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya