Comscore Tracker

6 Karakter yang Hanya Dimiliki Orang Bermental Tangguh, Kamu Punya? 

Tidak semua orang memilikinya 

Tidak semua orang memiliki mental yang tangguh. Orang yang memiliki karakter seperti ini cenderung mampu menghadapi dan mengatasi tantangan di hidupnya dengan baik. Sehingga ia mampu bertahan dan melewati segala macam tekanan yang ia alami.

Berbeda jika seseorang tidak memiliki mental yang kuat, ia akan lebih mudah tertekan dan rentan stres saat menghadapi suatu masalah. Nah berikut 6 tanda kamu memiliki mental tangguh dalam menjalani hidupmu

1. Jika terjadi masalah kamu akan fokus untuk mencari solusi  

6 Karakter yang Hanya Dimiliki Orang Bermental Tangguh, Kamu Punya? pexels.com/Valeria Ushakova

Jika dihadapkan suatu masalah, kamu akan fokus terhadap solusi untuk memecahkan masalah tersebut. Pasalnya, beberapa orang ketika dihadapkan suatu problem di hidupnya, ia hanya fokus terhadap masalah yang terjadi. Sehingga bukan solusi yang ia dapat, tapi kerunyaman yang semakin bertambah. 

2. Mampu mengendalikan rasa iri terhadap orang lain 

6 Karakter yang Hanya Dimiliki Orang Bermental Tangguh, Kamu Punya? pixabay.com/StockSnap

Rasa iri melihat orang lain lebih hebat, lebih sukses, dan berhasil kadang pernah kita rasakan. Namun, jika rasa iri tersebut berlebihan ini akan menjadi tidak baik. Apalagi diiringi dengan keinginan menjatuhkan orang tersebut. Jika kamu memiliki mental yang tangguh, kelebihan orang tersebut kamu jadikan sebagai motivasi untuk melakukan hal-hal hebat lainnya di hidupmu.

3. Menjadikan kekurangan menjadi sebuah tantangan  

6 Karakter yang Hanya Dimiliki Orang Bermental Tangguh, Kamu Punya? pexels.com/@Chevanon Photography

Bukankah setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Ia yang memiliki mental kuat tidak akan menganggap kekurangan tersebut menjadi sebuah hambatan untuk terus maju.

Justru kekurangan tersebut ia manfaatkan sebagai tantangan dan peluang untuk membuatnya terus berkembang. Ia tidak akan terus meratapi kekurangan tersebut, tetapi akan termotivasi untuk menutupinya dengan terus meningkatkan kualitas diri.

Baca Juga: 5 Tips Meningkatkan Kesehatan Mental Tanpa Mengeluarkan Banyak Uang

4. Mampu untuk beradaptasi dan tidak takut akan perubahan 

6 Karakter yang Hanya Dimiliki Orang Bermental Tangguh, Kamu Punya? pexels.com/@JESSICA TICOZZELLI

Kebanyakan dari kita sering terjebak dalam zona nyaman yang membuat kita takut menghadapi perubahan. Akibatnya kita tidak memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan hal-hal baru. Berbeda jika kamu tipe orang yang mudah beradaptasi, tentunya kamu menyukai sebuah tantangan yang bisa membuatmu terus berkembang. 

5. Memiliki prinsip dalam hidup  

6 Karakter yang Hanya Dimiliki Orang Bermental Tangguh, Kamu Punya? unsplash.com/Raychan

Tidak semua orang memiliki prinsip dalam hidupnya. Padahal prinsip tersebut bisa menjadi sebuah pegangan saat menjalani kehidupan sehari-hari. Prinsip tersebut akan membantumu untuk mengetahui apa yang harus kamu lakukan dan mana yang tidak. Maka dari itu jadilah orang yang mampu memegang teguh dan tidak takut untuk menyatakan prinsip yang dibuat.

6. Mampu menerima kritik dan masukan dari orang lain  

6 Karakter yang Hanya Dimiliki Orang Bermental Tangguh, Kamu Punya? pexesl.com/@fauxels

Sebagian dari kita sangat hobi mengkritik orang lain. Namun jika ada orang yang mengkritik balik, ia memilih untuk menutup kuping dan menghindarinya. Nah orang yang seperti ini cenderung egois, karena ia tidak bisa menerima masukan dari orang di sekitarnya.

Padahal jika kita mampu menerima masukan dari orang lain, hal itu akan membantu kita untuk memperbaiki kekurangan. Maka dari itu jadilah orang yang tidak hanya pandai mengkritik, namun juga orang yang mampu menerima masukan dari orang lain. 

Itu dia enam tanda kamu memiliki mental yang tangguh. Bagaimana, apakah kamu tipe orang seperti di atas?

Baca Juga: 6 Tips Menjaga Kesehatan Mental ala KDrama, It's Okay to Not be Okay! 

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

Life is more than social media

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya