Comscore Tracker

8 Alasan Kenapa Otak Mulai Sulit Mendapatkan Ide Kreatif, Semangat! 

Bisa jadi lingkunganmu adalah penyebab utamanya 

Semua orang berlomba-lomba dalam menghasilkan ide kreatif. Apalagi, saat ini ide kreatif adalah salah satu faktor utama seseorang bisa berkembang atau tidak. Namun tak jarang, kita justru merasa sangat sulit untuk mendapatkan ide kreatif tersebut. Segala upaya sudah kita lakukan, tapi tetap saja ide kreatif tak kunjung datang.

Bagi kamu yang saat ini sedang berada di posisi tersebut, coba cek kembali bisa jadi 8 alasan di bawah ini merupakan jawaban kenapa otak kamu mulai sulit mendapatkan ide kreatif.

1. Kamu merasa persediaan idemu sudah habis

8 Alasan Kenapa Otak Mulai Sulit Mendapatkan Ide Kreatif, Semangat! Unsplash.com/Stefan Spassov

Seringkali, penyebab seseorang tak bisa mendapatkan ide dikarenakan ia berpikiran bahwa persediaan ide yang ia miliki sudah habis dan tak mungkin mendapatkan ide-ide yang baru lagi. Padahal jika kamu lebih peka, ide itu bisa kita dapatkan dalam kehidupan sehari-hari.

Jadi, jangan pernah berpikiran bahwa kami sudah kehabisan ide. Cobalah, untuk lebih peka terhadap lingkungan sekitarmu. Siapa tahu kamu bisa mendapatkan ide cemerlang dari lingkunganmu.

2. Kurangnya beristirahat

8 Alasan Kenapa Otak Mulai Sulit Mendapatkan Ide Kreatif, Semangat! Dramabeans.com

Sudah bukan rahasia umum lagi bila manusia kurang beristirahat, maka otak pun tak bisa bekerja dengan baik. Oleh karena itu, jangan menyepelekan waktu istirahatmu. Tanpa kamu sadari waktu istirahat yang cukup adalah sumber ide kreatifmu bisa muncul. 

Lagipula, memiliki waktu istirahat yang cukup akan membuat daya tahan tubuhmu semakin baik. Jadi, selain mendapatkan ide yang kreatif, kamu pun bisa merek perbaiki sistem kekebalan tubuhmu.

Baca Juga: Kreativitas Bisa Berkurang Akibat Terlalu Perfeksionis, Kok Bisa?

3. Merasa jenuh dengan aktivitas sehari-hari dan lingkungan sekitar

8 Alasan Kenapa Otak Mulai Sulit Mendapatkan Ide Kreatif, Semangat! Dramabeans.com

Jika kamu sudah merasa jenuh dengan lingkungan sekitar dan aktivitasmu sehari-hari, mungkin sudah saatnya kamu harus mengambil waktu untuk liburan. Tak apa, untuk liburan sejenak. Jangan takut bahwa liburan akan membuang-buang waktumu. Justru, jika kamu tidak mengambil waktu untuk liburan, maka kamu akan semakin merasa stres dan tak akan pernah mendapatkan ide cemerlang.

4. Kamu sedang mengalami masalah yang cukup menguras energi

8 Alasan Kenapa Otak Mulai Sulit Mendapatkan Ide Kreatif, Semangat! Unsplash.com/Brooke Cagle

Ketika sedang mengalami masalah, kita pasti akan semakin sulit untuk memikirkan ide-ide yang kreatif. Namun, jangan karena masalah tersebut, performa yang kamu miliki semakin menurun.

Asal kamu tahu, larut di dalam masalah hanya akan membuatmu semakin terpuruk. Lebih baik habiskan energimu untuk mencari ide kreatif. Siapa tahu, kamu juga bisa mendapatkan ide dalam menyelesaikan permasalahan yang sedang kami hadapi.

5. Sudah saatnya kamu menambah sumber ide kreatif

8 Alasan Kenapa Otak Mulai Sulit Mendapatkan Ide Kreatif, Semangat! Unsplash.com/Joe Gardner

Jangan mencari sumber ide dari satu sumber saja. Kalau saja kamu sadar, bahwa ide itu bisa datang dari segala jenis media. Karena itu, penting sekali untuk selalu mencari sumber ide yang baru. 

Lagipula, saat ini perkembangan teknologi sudah sangat canggih. Jadi, sumber ide kreatif yang kamu miliki pun harusnya semakin canggih pula.

6. Terlalu banyak pekerjaan yang menumpuk

8 Alasan Kenapa Otak Mulai Sulit Mendapatkan Ide Kreatif, Semangat! Unsplash.com/Corinne Kutz

Kebisaan menumpuk pekerjaan hanya akan membuat dirimu semakin stres. Jika sudah stres, apa mungkin kamu bisa mendapatkan ide yang kreatif? Tentu tidak, bukan? Oleh karena itu, buatlah jadwal yang tepat untuk menyelesaikan pekerjaanmu. Maka, ide kreatif pun akan lebih mudah kamu dapatkan.

7. Tidak memiliki me time yang cukup

8 Alasan Kenapa Otak Mulai Sulit Mendapatkan Ide Kreatif, Semangat! Unsplash.com/bruce mars

Jangan sepelekan me time, ya! Semua orang sangat memerlukan me time. Hal ini dikarenakan, me time bisa memberikan efek menenangkan bagi pikiranmu. Lakukanlah hal yang bisa membangkitkan mood dan menghilangkan rasa penatmu.

Bahkan, tak jarang ide kreatif bisa datang ketika kamu sedang melakukan me time. Oleh karena itu, jangan lupa untuk membawa pulpen dan notebook kecil untuk menulis ide-ide kreatifmu, ya!

8. Lingkungan yang kotor dan berantakan

8 Alasan Kenapa Otak Mulai Sulit Mendapatkan Ide Kreatif, Semangat! Unsplash.com/Jazmin Quaynor

Bisa jadi lingkunganmu yang kotor dan berantakan, merupakan penyebab utama kenapa otakmu tidak bisa mendapatkan ide kreatif. Jangan kamu pikir lingkungan tidak akan mempengaruhi seseorang dalam mendapatkan ide kreatif. Karena kenyataannya, lingkungan yang bersih akan jauh lebih membuat dirimu merasa nyaman.

Sementara, lingkungan yang kotor dan berantakan akan membuat dirimu semakin stres. Jadi, jika kamu mau mendapatkan ide kreatif, tak ada salahnya untun membersihkan lingkungan tempat tinggal terlebih dahulu.

Bukan hal yang mudah untuk bisa mendapatkan ide kreatif. Apalagi, jika kamu sedang berada di dalam situasi yang tidak mendukung. Namun, percayalah ide kreatif bisa datang dengan cara yang tak pernah kamu duga.

Baca Juga: 5 Cara Recharge Otak agar Segar dan Tidak Mudah Stres, Yuk Coba!

Ruth Cikita Photo Verified Writer Ruth Cikita

[kosong]

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya