Comscore Tracker

5 Barang Eco-Friendly untuk Coffee Shop-mu! 

Kenapa tidak untuk coffee shop eco-friendly? #IDNTimesLife

Zaman sekarang, bisnis coffee shop sudah semakin menjamur di Indonesia. Salah satu faktornya adalah sebagian besar generasi muda memilih coffee shop sebagai tempat nongkrong bersama teman, untuk mengerjakan tugas, atau hanya sekedar me time.

Tanpa disadari, coffee shop telah menjadi penyumbang sampah plastik yang cukup besar. Mengapa? karena penggunaan sedotan plastik, gelas plastik sekali pakai, dan juga plastik sampah oleh coffee shop yang jumlahnya cukup banyak.

Kalau kamu memiliki bisnis coffee shop, kenapa tidak mengusung konsep eco friendly buat geraimu? Selain menarik, kamu juga bisa ikut serta membantu mewujudkan gaya hidup yang ramah lingkungan, lho!

Kira-kira, barang eco-friendly apa aja ya yang bisa digunakan untuk bisnis coffee shop? Yuk kita intip bareng melalui ulasan berikut ini!

1. Reusable coffee filter

5 Barang Eco-Friendly untuk Coffee Shop-mu! ilustrasi menuang kopi menggunakan filter kopi (pexels.com/Tim Douglas)

Produk eco-friendly yang pertama adalah reusable coffee filter. Kalau biasanya menggunakan coffee filter berbahan kertas sekali pakai, sekarang giliran kamu untuk mencoba menggantinya dengan reusable coffee filter yang bisa dicuci dan digunakan beberapa kali. Kamu bisa pilih mau pakai yang berbahan kain atau pun stainless steel, lho.

Meskipun reusable, alangkah baiknya kamu tetap menggantinya setelah pemakaian selama beberapa bulan, ya!

2. Bamboo straws

5 Barang Eco-Friendly untuk Coffee Shop-mu! ilustrasi minum menggunakan sedotan bambu (unsplash.com/The Humble Co)

Kalau ini adalah produk sedotan eco-friendly berbahan dasar bambu sebagai alternatif pengganti sedotan plastik. Tahukah kamu, pada tahun 2019 saja, jumlah sedotan plastik di Indonesia mencapai 90 juta batang, lho! Mengerikan bukan?

Untuk turut membantu mengurangi sampah sedotan plastik, kamu bisa menggunakan sedotan berbahan bio-degradable untuk coffee shop-mu. Misalnya sedotan bambu, corn starch, atau sedotan stainless steel yang bisa dicuci dan dipakai ulang. 

Baca Juga: Pengelola Coffee Shop Demo, Terancam Bangkrut Selama PPKM Darurat

3. Reusable beeswax wrap

5 Barang Eco-Friendly untuk Coffee Shop-mu! penggunaan beeswax (dok. youtube.com/arirangculture)

Beeswax wrap adalah pengganti pembungkus kertas ramah lingkungan berbahan dasar lilin lebah dan reusable. Karena terbuat dari lilin lebah, pembungkus ini memilik aroma beeswax ketika pertama kali digunakan. Aroma ini akan menghilang seiring dengan berjalannya waktu dan pencucian berulang kali.

Nah, kamu bisa tuh coba menggunakan beeswax untuk membungkus berbagai makanan yang ada dalam menu coffee-shop-mu!

4. Natural dish soap dan scrubbing pads

5 Barang Eco-Friendly untuk Coffee Shop-mu! ilustrasi natural soap dan scrubbing (padspexels.com/Sarah Chai | youtube.com/arirangculture)

Sekarang ini sudah ada berbagai macam produk sabun cuci ramah lingkungan, salah satunya adalah castile soap. Sabun castile adalah sabun alami berbahan dasar minyak zaitun yang tidak mengandung bahan non-biodegradable.

Castile soap ini multi fungsi banget. Bisa dipakai sebagai sabun cuci piring, deterjen, pembersih kaca, sabun cuci tangan, pembersih toilet dan lain sebagainya. Menarik, kan?

Kamu juga bisa memadukan sabun cuci ramah lingkungan dengan natural scrubbing pads. Natural scrubbing pads menggunakan bahan alami yang biodegradable. Tak heran bila produk ini banyak dicari orang. Apakah kamu salah satunya?

5. Reusable trash bag

5 Barang Eco-Friendly untuk Coffee Shop-mu! penggunaan reusable trash bag (unsplash.com/Sasha Pestano)

Barang ini juga menarik banget, nih! Reusable trash bag! Dari namanya kamu pasti tahu kalau ini adalah kantung sampah yang bisa dipakai ulang. Apakah pernah terpikir dalam sehari berapa banyak sampah yang dihasilkan coffee shop-mu dan berapa banyak kantung plastik sampah yang digunakan?

Nah, reusable trash bag ini bisa menjadi solusi untuk mengurangi penggunaan kantung plastik sampah. Bahannya anti air dan juga mudah dibersihkan, lho! Super simpel!

Itu tadi 5 barang eco-friendly nan unik yang bisa kamu jadikan pilihan alternatif untuk coffee shop-mu. Sayangilah alam maka alam akan menyayanigmu!

Baca Juga: 5 Rekomendasi Coffee Shop Estetik di Kota Batu, Asli Bikin Betah!

safiriesta tyarochma Photo Writer safiriesta tyarochma

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya