Comscore Tracker

5 Aturan yang Mesti Dipahami saat Meminjam Barang Milik Orang Lain

Masih banyak yang sering disepelekan! #IDNTimesLife

Kita semua tentunya pernah meminjam barang milik orang lain. Alasannya pun gak selalu karena tidak punya uang untuk membeli barang yang baru. Namun, bisa saja karena barang yang kita butuhkan tersebut hanya akan dipakai sesekali saja, bukan untuk jangka panjang. Maka, meminjam barang dari orang lain pun tentu jadi pilihan yang paling tepat untuk dilakukan.

Meski begitu, meminjam bukan berarti asal meminjam begitu saja, ya! Karena ada beberapa aturan dasar yang mesti dipahami kalau ingin meminjam barang milik orang lain. Penasaran apa sajakah itu? Yuk, baca terus untuk tahu jawabannya!

1. Pinjamlah hanya saat benar-benar diperlukan

5 Aturan yang Mesti Dipahami saat Meminjam Barang Milik Orang Lainilustrasi setrika milik sendiri (pexels.com/cottonbro)

Poin pertama inilah yang mestinya bisa dipahami oleh semua orang. Mungkin, ada beberapa dari kita yang merasa tidak membutuhkan beberapa barang tertentu, karena dapat dengan mudah meminjamnya dari orang lain.

Padahal, alangkah lebih baiknya kalau kita semua bisa menyiapkan atau membeli sendiri barang-barang yang kita butuhkan. Apalagi, kalau barang tersebut akan dipakai untuk jangka panjang.

Pikirkan bahwa gak semua orang suka barangnya dipinjam terus-terusan. Jadi, jangan keasikan meminjam barang milik orang lain, ya! Pinjamlah kalau memang sudah tidak ada opsi lain yang bisa dilakukan.

2. Minta izin secara baik-baik

5 Aturan yang Mesti Dipahami saat Meminjam Barang Milik Orang Lainilustrasi meminta izin pada si pemilik barang (pexels.com/Liza Summer)

Penting sekali untuk meminta izin dari pemiliknya langsung, bukan dari pihak lainnya. Jangan juga asal meminjam, kemudian langsung main cabut begitu saja. Mintalah izin secara baik-baik dan usahakan agar sang pemilik tidak keberatan. Kalau mereka tidak berniat meminjamkan barangnya, ya sudah, jangan memaksanya atau malah mengata-ngatainya pelit.

Baca Juga: 5 Sebab Sifat Gak Amanah Saat Meminjam Barang Itu Menjengkelkan Banget

3. Tetapkan berapa lama kamu akan meminjam barang

5 Aturan yang Mesti Dipahami saat Meminjam Barang Milik Orang Lainilustrasi waktu (pexels.com/Enikő Tóth)

Karena gak ada tenggat waktunya, sering kali mereka-mereka yang dipinjami barang oleh orang lain, malah jadi berbuat seenaknya dengan memakai barang pinjaman selama mungkin. Padahal, bisa saja sang pemilik barang sebenarnya merasa tidak enak untuk menetapkan batas waktu peminjaman, karena takut dianggap sebagai orang yang perhitungan.

Justru, mereka yang dipinjami barang lah yang harusnya menetapkan batasan berapa lama kira-kira akan meminjam. Jangan sampai malah si pemilik barang sendiri yang datang untuk menagihnya.

4. Pergunakan barang dengan hati-hati

5 Aturan yang Mesti Dipahami saat Meminjam Barang Milik Orang Lainilustrasi berkendara (pexels.com/Sourav Mishra)

Ingat selalu bahwa barang yang kamu pinjam itu adalah milik orang lain. Jadi, meski barangnya sudah ada di tanganmu, bukan berarti kamu bisa semena-mena saat menggunakannya.

Misalnya nih, kamu berniat meminjam motor milik tetanggamu. Lalu, kamu pun diizinkan untuk memakainya. Maka, gunakanlah motor tersebut sebagaimana aturan semestinya. Jangan malah dipakai untuk ngebut-ngebutan atau melewati jalur yang rentan membuat ban-nya jadi bocor.

Begitu juga dengan barang lainnya. Tetaplah pergunakan setiap barang yang kamu pinjam dengan hati-hati!

5. Kembalikan barang dalam keadaan seperti semula

5 Aturan yang Mesti Dipahami saat Meminjam Barang Milik Orang LainMengemas barang pinjaman sebelum mengembalikannya (pexels.com/Gustavo Fring)

Mengembalikan barang milik orang lain juga ada aturannya, lho. Misal, kamu meminjam motor milik orang lain untuk waktu yang cukup lama. Kan, bensinnya berkurang banyak tuh, maka dari itu kamu harus mau untuk mengisinya lagi, dong! Masa iya, kamu mau mengembalikannya begitu saja?

Contoh lainnya, saat meminjam pakaian milik teman. Tentunya, pakaian yang dipinjam harus dikembalikan dalam keadaan bersih dan sudah dicuci. Dan kalau gak sempat untuk menyetrikanya, ya minimal dilipat dulu sebelum mengemasnya ke dalam tas atau kantung plastik. Jangan asal main masukin gitu aja!

Dan yang paling penting dari itu semua, tentu saja kita harus mau mengucapkan "terima kasih" kepada si pemilik barang. Jadi, kalau sewaktu-waktu ada keperluan mendadak yang memaksa kita untuk meminjam lagi, tentunya mereka gak akan keberatan untuk meminjamkan barangnya padamu.

Nah, itu dia beberapa aturan dasar yang mesti dipahami kalau ingin meminjam barang milik orang lain. Semoga setelah membaca artikel ini, kita semua jadi paham dan bisa segera menerapkannya dalam keseharian kita, ya. Yuk, belajar jadi orang yang beretika!

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Terlalu Mengurusi Kebahagiaan Orang Lain

Han So Hee Photo Verified Writer Han So Hee

Nulis karena bingung mau ngapain lagi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya