Comscore Tracker

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Memasak Makanan Sendiri Saat Puasa

Banyak manfaatnya lho

Ternyata, tidak semua orang memilih untuk memasak menu untuk berbuka dan lebih memilih untuk membelinya langsung di luar dengan alasan lebih mudah, enggak ribet, dan terlalu sibuk dengan pekerjaan.

Sebenarnya memasak menu sahur dan berbuka sendiri mempunyai banyak kelebihan. Berikut beberapa alasan mengapa kamu harus memasak makanan sendiri saat sedang bulan puasa. Jangan malas untuk memasak sendiri guys.

1. Pengeluaran akan lebih berkurang daripada membeli makanan di luar

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Memasak Makanan Sendiri Saat Puasaunsplash.com/sugercoatit

Biasanya pada bulan Ramadan ini, pengeluaran akan banyak sekali dari pengeluaran untuk mempersiapkan menu berbuka dan sahur, ngabuburit, hingga membeli baju untuk hari Lebaran nanti.

Jika kamu mau memasak makanan sendiri tanpa harus membeli makanan langsung jadi, mungkin pengeluaranmu akan sedikit terbantu guys. Kamu bisa menyesuaikan kebutuhan makanan kamu saat itu dan tidak akan ada makanan yang terbuang sia-sia.

Lumayan, uang sisa belanja bisa kamu tabung untuk membeli baju Lebaran nanti.

2. Kebersihan dan kesehatan dari makanan menjadi hal yang bisa kamu pastikan

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Memasak Makanan Sendiri Saat Puasaunsplash.com/lecreuset

Tentunya kamu akan mengetahui dengan baik seputar kebersihan bahan masakan serta proses masak dari makanan yang kamu  buat sendiri di rumah.

Jika kamu membeli makanan di luar, kamu tidak bisa mengetahui hal itu dengan benar-benar guys. Meskipun tidak semua makanan di luar berbahaya, tak ada salahnya untuk berhati-hati dan memilih untuk memasak sendiri.

Baca Juga: 6 Tips Masak Biar Kamu Gak Gampang Mager Lagi Saat ke Dapur

3. Mengasah keahlian kamu dalam hal masak memasak

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Memasak Makanan Sendiri Saat Puasaunsplash.com/lecreuset

Jika keahlian kamu dalam hal memasak masih kurang baik, saat ini waktunya untuk mengasah lebih baik lagi skill memasak yang kamu punya. Meskipun rasanya tidak senikmat dan seenak makanan di luar, anggap saja ini merupakan proses belajar untuk membuat masakan yang lebih enak lagi dari sebelumnya.

4. Menu makanan bisa kamu sesuaikan dengan selera dan keinginan kamu saat itu

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Memasak Makanan Sendiri Saat Puasaunsplash.com/lecreuset

Selera dan lidah setiap orang pasti berbeda-beda. Ada yang menyukai makanan lebih pedas, lebih gurih, atau ada juga yang menyukai makanan lebih manis.

Nah, untuk mengatasi masalah tersebut, kamu bisa memasak menu untuk sahur dan berbuka sendiri di rumah. Kamu bebas menambahkan bumbu atau bahan yang lainnya ke dalam menu masakan kamu. 

5. Menciptakan suasana yang lebih harmonis dan hangat dengan keluarga

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Memasak Makanan Sendiri Saat Puasapexels.com/rawpixel

Memilih memasak makanan di rumah juga bisa membuat keluarga terlihat lebih harmonis dan lebih kompak lagi lho. Misalnya kamu bisa memasak bersama pasangan dan anak-anak kamu. Kamu bisa membagi tugas masing-masing kepada mereka. Ada yang mencuci sayuran, mengiris bawang, hingga ada juga yang sedang menggoreng.

Kegiatan tersebut pasti lebih seru dan akan membuat keluarga kamu lebih kompak lagi. Lagi pula, meskipun menu yang kalian masak cukup banyak, kalau dikerjakan bersama-sama, akan lebih mudah dan cepat selesainya.

Yuk mencoba masak di rumah di bulan puasa ini!

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

sandinugraha Photo Verified Writer sandinugraha

Kepoin aja dulu, Siapa tahu jodoh

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya