Comscore Tracker

Lakukan 5 Hal Ini saat Kamu Dibanding-bandingkan dengan Orang Lain

Sakit sih, tapi jangan langsung terpancing!

Apa pun alasananya dan siapa pun orangnya, jika membanding-bandingkan diri kamu dengan orang lain, pasti akan terasa menyakitkan. Hal itu wajar sekali terjadi jika kamu merasa marah atau kesal disaat dibanding-bandingkan. Entah itu dalam hal pencapaian, penampilan, penghasilan, atau bisa juga dalam hal prestasi. 

Mendengar atau mengetahui diri kamu dibanding-bandingkan dengan orang lain memang tidak menyenangkan. Namun, kamu jangan terpancing emosi atau langsung marah kepada orang tersebut. Daripada melakukan hal-hal yang bakal merugikan, lebih baik kamu lakukan hal berikut ini.

1. Introspeksi diri untuk mengetahui kebenaran yang diucapkan oleh orang lain

Lakukan 5 Hal Ini saat Kamu Dibanding-bandingkan dengan Orang Lainilustrasi instrospeksi diri (pexels.com/@pavel-danilyuk)

Sebelum kamu marah atau bertindak yang enggak-enggak. Alangkah baiknya untuk introspeksi diri terlebih dahulu. Disaat seseorang mengucapkan atau melakukan sesuatu, tentunya bukan tanpa alasan. Mungkin saja, hal itu memang benar dan kamu pun, harus segera untuk melakukan perbaikan atau perubahan di dalam diri kamu sendiri.

Introspeksi diri memang penting untuk dilakukan, karena akan memberikan banyak sekali manfaat. Dimulai dari bisa mengetahui kekurangan atau kesalahan yang kamu miliki, hingga memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada dalam diri kamu.

2. Berbicaralah secara empat mata, dengan orang yang membandingkan kamu

Lakukan 5 Hal Ini saat Kamu Dibanding-bandingkan dengan Orang Lainilustrasi bercerita (pexels.com/@fauxels)

Jika memang hal yang mereka ucapkan itu tidaklah benar, apa salahnya untuk berbicara secara empat mata dengan orangnya. Ajaklah orang yang membanding-bandingkan kamu dengan orang lain untuk berbicara secara santai. Tanyakan juga penyebab, mengapa mereka melakukan hal tersebut. Tapi ingat, jangan pernah menggunakan emosi guys.

Berbicara langsung dengan orang yang membanding-bandingkan kamu, akan memberikan banyak manfaat. Dimulai dari mengetahui alasannya, meluruskan masalahnya, hingga memperbaiki keadaan agar tidak canggung atau menaruh rasa benci satu sama lain.

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Gak Boleh Bandingkan Hidup dengan Tampilan di Medsos

3. Jadikanlah motivasi untuk mengubah diri ke arah yang lebih positif

Lakukan 5 Hal Ini saat Kamu Dibanding-bandingkan dengan Orang Lainilustrasi semangat (pexels.com/@stywo)

Setelah kamu introspeksi  diri secara langsung dan bertanya secara empat mata, saatnya untuk melakukan perbaikan dalam diri kamu. Jika memang apa yang mereka katakan itu benar, apa salahnya untuk menerima secara ikhlas. Manusia sendiri tidak pernah ada yang sempurna, namun manusia yang baik adalah manusia yang mau belajar dari kesalahan atau kekurangan dan mempebaikinya dengan baik.

Mulai sekarang, disaat ada yang membanding-bandingkan kamu dengan orang lain, cobalah untuk berpikir positif. Bisa saja itu merupakan tanda, kalau kamu memang harus segera berubah ke arah yang lebih baik dan meninggalkan hal-hal yang terbilang negatif.

4. Menggali potensi dan tunjukan kelebihan yang kamu miliki

Lakukan 5 Hal Ini saat Kamu Dibanding-bandingkan dengan Orang Lainilustrasi belajar (pexels.com/@olly)

Daripada meratapi kekurangan yang kamu miliki atau mungkin dendam dengan orang yang membanding-bandingkan. Cobalah untuk segera bangkit dan menggali potensi yang kamu miliki. Tunjukan kepada orang lain, kalau kamu juga mempunyai kelebihan-kelebihan yang tidak bisa dianggap sebelah mata. Lakukan apa yang membuat kamu senang dan buatlah sebuah karya yang bisa bermafaat dari sekarang.

Cara-cara untuk menggali sebuah potensi diri itu banyak banget. Dimulai dari menekuni apa yang kalian sukai, bertanya kepada orang-orang sekitar, berlatih kepada orang yang ahli, hingga mengikuti beberapa organisasi-organisasi.

5. Belajarlah untuk tidak melakukan hal yang sama seperti mereka

Lakukan 5 Hal Ini saat Kamu Dibanding-bandingkan dengan Orang Lainilustrasi bersama sahabat (pexels.com/@ketut-subiyanto)

Apa yang kamu rasakan saat kamu dibanding-bandingkan dengan orang lain? Tentunya kamu merasa cukup kesal dan marah bukan? Nah, jika kamu merasakan hal tersebut, itu artinya kamu juga tidak boleh melakukan hal yang sama terhadap orang lain. Entah itu kepada orang yang membanding-bandingkan kamu atau kepada orang lain yang ada di sekitar kamu.

Membanding-bandingkan orang lain itu enggak ada manfaatnya. Malahan, hubungan kamu dengan orang-orang di sekitar akan menjadi rusak atau tidak bisa kembali dekat seperti sebelumnya. So, jangan lakukan hal yang merugikan orang lain dan diri akmu sendiri.

Gimana, kamu sekarang sudah tahu apa yang akan kamu lakukan bukan? Intinya segala sesuatu harus dipikirkan terlebih dahulu. Jangan pernah bertindak mengikuti amarah atau mengikuti apa yang kamu mau. 

Baca Juga: 5 Alasan Orang Enggan Bandingkan Hidupnya dengan Orang Lain

Sandi Nugraha Photo Verified Writer Sandi Nugraha

Bismillahirrahmanirrahim

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya