Comscore Tracker

10 Tanaman yang Cocok untuk Dekorasi Dapur, Perawatannya Juga Mudah 

Buat ruang dapur semakin menarik yuk! 

Dapur dengan konsep alam memang menjadi tren akhir-akhir ini. Gak perlu mewah, kamu bisa mendesain sendiri dengan beberapa tanaman hias ataupun herbal yang mudah ditanam. Selain dapat mengisi sudut kosong di dapur, itu juga bisa menambah suasana dan kesan yang segar di dapur.

Ketika memilih tanaman sebagai penghias dapur, kamu perlu memperhatikan karakter dari tanaman itu juga lho. Karena kondisi cahaya, suhu, dan kelembapan dapur juga dapat mempengaruhi kesuburan dari tumbuhan. Berikut tanaman yang cocok buat penyegar dapur tanpa perawatan yang sulit.

1. Sirih gading 

10 Tanaman yang Cocok untuk Dekorasi Dapur, Perawatannya Juga Mudah houseplanthouse.com

Tentu kalian sudah gak asing lagi dengan tanaman Sirih gading atau epipremnum aureum. Sirih gading biasa digunakan sebagai dekorasi ruangan dan sangat cocok dengan kondisi ruangan dalam dapur.

Pohon ini juga dapat bertahan hidup cukup lama bila bagian pangkalnya dicelupkan ke air. Kamu bisa menaruhnya di dalam botol kaca atau plastik yang sudah diisi dengan air sebagai penghias meja atau lemari dapur. Kamu bisa menaruhnya di pot gantung juga sebagai rambatan penghias.  

2. Pohon dolar

10 Tanaman yang Cocok untuk Dekorasi Dapur, Perawatannya Juga Mudah smartgardenguide.com

Tanaman ini memang populer sebagai penghias ruangan karena tidak membutuhkan perawatan yang banyak. Pohon dolar ini juga dapat bertahan dengan sedikit air. Menariknya dari tanaman ini adalah memiliki batang dan daun yang hijau mengkilap.

Tanaman ini bakal cocok sebagai penghias dapur karena dia dapat tumbuh subur dalam kondisi cahaya redup dan terang. Karena pohon ini agak berbahaya, tempatkan tanaman ini di tempat yang jarang terjangkau anak-anak dan hewan peliharaan ya.  

3. Mint 

10 Tanaman yang Cocok untuk Dekorasi Dapur, Perawatannya Juga Mudah gardeningpatch.com

Selain bakal menyegarkan ruangan dapur dengan daunnya yang cerah, daun mint juga bisa kamu gunakan sebagai taburan salad atau masakan lain lho. Bakal untung deh. Kamu bisa menanamnya di pot kecil sebagai penghias meja dapur.

Setelah daunnya agak menguning, kamu bisa memotongnya agar tidak mengganggu pertumbuhan bagian lain dari tanaman mint ini. Jangan lupa dekatkan tanaman ini dengan cahaya ya.

4. Sukulen 

10 Tanaman yang Cocok untuk Dekorasi Dapur, Perawatannya Juga Mudah gardeningknowhow.com

Sukulen tidak harus sebagai penghias kamar tidur atau meja kerja saja, kamu juga bisa menambahkan suasana autentik di dapur dengan beberapa jenis sukulen. Berbeda dengan tanaman lain yang perlu banyak air, tanaman ini tak perlu sering disiram kok.

Kamu hanya perlu memperhatikan kesehatan dari batang dan menjaganya agar tetap terkena cahaya. Biar tanaman gak mengganggu aktivitasmu di dapur, kamu bisa memilih jenis sukulen yang minim durinya.

5. Lidah mertua

10 Tanaman yang Cocok untuk Dekorasi Dapur, Perawatannya Juga Mudah primabella.co.za

Lidah mertua atau sansevieria, juga termasuk tanaman hias yang paling populer karena mudah subur di dalam ruangan. Tanaman ini tidak membutuhkan perawatan yang banyak juga.

Kamu pun tak perlu menyiramnya sangat rutin layaknya tanaman lainnya. Cukup siram ketika tanah sudah agak mengering, dan jangan lupa untuk memastikan tanaman ini mendapatkan setoran cahaya ya. 

Baca Juga: 5 Jenis Sansevieria 'Lidah Mertua' yang Bisa Mempermanis Sudut Rumah

6. Lili paris   

10 Tanaman yang Cocok untuk Dekorasi Dapur, Perawatannya Juga Mudah balconygardenweb.com

Lili paris merupakan jenis tanaman hias yang paling mudah dirawat. Kamu bisa menanamnya dengan cara digantung ataupun dengan pot biasa sebagai hiasan meja dapur. Lili paris mudah bertumbuh subur dan membentuk cabang baru dan beberapa bunga kecil.

Kamu hanya perlu merawatnya dengan penyiraman rutin dan menghindari cahaya matahari secara langsung. Kamu bisa menaruhnya di ruangan dapur yang teduh.  

7. Philodendron 

10 Tanaman yang Cocok untuk Dekorasi Dapur, Perawatannya Juga Mudah plantopedia.com

Philodendron adalah jenis tanaman yang baru saja booming di Indonesia. Dengan warnanya yang hijau dan cerah, tanaman ini bisa menciptakan suasana sejuk dan segar di dapur.

Kamu bisa menanamnya di pot biasa atau di pot gantung. Mirip dengan Sirih gading, Philodendron juga menyukai kondisi ruangan dapur. Tanaman ini sudah dikenal sebagai pemurni udara yang ampuh. Bakal lebih segar deh.

8. Bunga violet afrika atau saintpaulia

10 Tanaman yang Cocok untuk Dekorasi Dapur, Perawatannya Juga Mudah espoma.com

Bagi kalian yang ingin menikmati keindahan bunga di dapur, inilah jawabannya. Tak hanya memiliki komposisi warna yang menarik saja, tanaman satu ini sering menampakkan bunganya. Bakal menambah warna dapur kamu deh.

Kamu hanya perlu menyiramnya secara rutin dan hindari tanaman dari cahaya matahari secara langsung ya.

9. Rosemary 

10 Tanaman yang Cocok untuk Dekorasi Dapur, Perawatannya Juga Mudah hortmag.com

Tanaman ini sudah familier bagi kalangan yang menyukai kuliner dan memasak. Selain bisa menambah aroma dan rasa, rosemary juga dipercaya bisa menyegarkan pikiran lho. Kamu bahkan bisa menyeduhnya seperti seduhan teh atau cukup menikmatinya dengan cara menaburkan dalam hidanganmu.

Jika kamu ingin menambah koleksi kebunmu dengan rosemary, tanaman ini membutuhkan banyak sinar matahari dan cocok di tanam di tanah pasir dan berbatu.

10. Lidah buaya 

10 Tanaman yang Cocok untuk Dekorasi Dapur, Perawatannya Juga Mudah www.thespruce.com

Selain nyaman dilihat, tanaman satu ini juga bisa memurnikan udara ruangan biar tambah segar. Selain itu juga dapat membantu menyerap polusi bahan kimia juga loh. Kamu bisa menanamnya di ruang dapur dengan setoran cahaya matahari yang cukup.

Gak perlu pot yang terlalu besar, kamu masih bisa menanamnya di pot kecil minimalis dengan ditemani baby plant lain. Bakalan tambah segar deh.

Menyegarkan semua ya. Semuanya cocok dengan kondisi tanah dan suhu di Indonesia. Selamat bercocok tanam!

Baca Juga: Tak Banyak yang Tahu, 7 Manfaat Jus Lidah Buaya bagi Kesehatan

senja sandera Photo Verified Writer senja sandera

.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya