Comscore Tracker

7 Alasan untuk Selalu Mencoba Hal Baru dalam Hidup

Karena hidup cuma sekali

Sampai kalian mencoba hal-hal baru dalam hidup ini, kalian mungkin tidak pernah tahu hasrat, tujuan, atau kekuatan kalian yang sebenarnya. Manusia terlahir dengan rasa ingin tahu. Mencoba hal-hal baru sangat penting untuk membantu kalian menjadi orang yang sukses, membentuk kalian menjadi siapa kalian yang sebenarnya, menjadi sosok yang akan diri kalian sendiri banggakan.

Jadi, kapan terakhir kali kalian melakukan sesuatu untuk pertama kalinya? Orang yang mencari aktivitas baru bisa lebih bahagia, positif, merasa lebih hidup, dan lebih sehat. Keluar dari zona nyaman kalian dan perkenalkan sesuatu yang baru setiap harinya pada diri sendiri. Jika kalian bukan tipe orang yang terbuka terhadap perubahan drastis dalam hidup, ambillah selangkah demi selangkah sedikit demi sedikit.

1. Menekankan kembali kekuatan apa yang kalian punya

7 Alasan untuk Selalu Mencoba Hal Baru dalam Hidupilustrasi wanita bahagia (unsplash.com/Michael Humphries)

Apakah kalian punya panutan? Kualitas apa yang mereka miliki sampai-sampai membuat kalian tertarik pada mereka? Nah, inilah saatnya kalian yang menjadi panutan bagi orang lain.

Beberapa orang mengagumi kalian dan menggunakan narasi kehidupan kalian untuk membangun kehidupan mereka, terlepas dari apakah kalian sudah menjadi orang tua atau belum. Jika kalian dibatasi oleh pikiran kalian sendiri, secara otomatis kalian juga akan menciptakan ruang bagi kalian untuk bergerak.

Namun, jika kalian mencari lebih banyak hal dalam hidup, maka kekosongan tersebut akan terisi ketika kalian mencoba hal-hal baru. Satu-satunya cara kalian dapat melakukan hal ini adalah dengan mencoba sesuatu yang baru, yang dapat meningkatkan kepercayaan dan keyakinan kalian pada diri sendiri.

2. Kalian menghargai pengalaman orang lain 

7 Alasan untuk Selalu Mencoba Hal Baru dalam Hidupilustrasi wanita serius (unsplash.com/Michael Cox)

Apa yang kalian ketahui tentang kehidupan di luar kehidupan kalian kini? Selain dari apa yang pernah terjadi di lingkungan atau buku yang kalian baca saat sekolah? Di dunia ini ada banyak orang yang memiliki pandangan rabun tentang budaya, tradisi, dan perspektif lain yang semakin memperbesar ketidaktahuan mereka.

Namun, saat kalian mempelajari bahasa baru misalnya, atau mencicipi makanan baru, kalian membuka diri untuk memahami budaya dan orang lain. Kalian mendapatkan wawasan tentang mengapa dan bagaimana serta bisa menghargai yang lain sebagai manusia. Pengalaman adalah guru terbaik, tetapi itu hanya bisa terjadi ketika kalian mencoba hal-hal baru.

3. Membuat kenangan yang menyenangkan

7 Alasan untuk Selalu Mencoba Hal Baru dalam Hidupilustrasi wanita memegang kamera (unsplash.com/Sonnie Hiles)

Kenangan itu seperti deposito bank. Kalian membuatnya, menyimpannya, dan merenungkannya kembali di masa depan. Kenangan adalah kebiasaan dan momen yang diciptakan ketika kalian mencoba sesuatu yang baru.

Hidup adalah tentang keseimbangan, dan mencoba sesuatu yang baru dapat membantu kalian memiliki 'arsip' kenangan yang menyenangkan. Ingat, tidak semua hal baik akan mengarah pada kenangan indah, tetapi keinginan untuk terus berusaha dapat membuat perbedaan.

4. Kalian jadi lebih mengerti tentang ketakutan diri sendiri

7 Alasan untuk Selalu Mencoba Hal Baru dalam Hidupilustrasi wanita serius (unsplash.com/Sam Burriss)

Sukses datang dengan kegagalan. Sukses dan gagal itu bagai sepasang sandal yang akan terus ada bersama-sama. Begitu pula dengan mencoba hal-hal baru.

Semua orang takut pada sesuatu. Semua orang di dunia ini sebenarnya adalah orang-orang yang suka berpetualang, tetapi kadang ketakutan tersebut akan membatasi ruang gerak yang dipunya. Salah satu manfaat terbesar dari mencoba hal-hal baru adalah mengalahkan kekuatan ketakutan atas hidup dan memperluas rasa pencapaian yang dipunya.

Baca Juga: 5 Alasan Harus Berani Mencoba Hal Baru meski Kamu Gak Suka

5. Kalian belajar menghargai waktu

7 Alasan untuk Selalu Mencoba Hal Baru dalam Hidupilustrasi wanita serius (unsplash.com/Marco Xu)

Hal-hal baru cukup bisa memperlambat kalian untuk bisa menghargai lingkungan sekitar dan menjauhkan diri dari rutinitas yang membosankan. Seiring bertambahnya usia, hari dan menit seakan berlalu tanpa adanya sesuatu yang menarik yang terjadi di sekitar.

Tidak ada yang menarik dalam hidup sampai liburan tiba atau ketika sesuatu yang baru terjadi dalam hidup. Namun, ketika kalian mencoba hal-hal baru, kalian seolah memperlambat waktu dan menghargai waktu yang kalian miliki. Buat diri kalian sibuk dengan sesuatu yang baru di luar rutinitas kalian.

6. Kalian akan menikmati lebih banyak hal dalam hidup

7 Alasan untuk Selalu Mencoba Hal Baru dalam Hidupilustrasi wanita duduk di atas mobil (unsplash.com/averie woodard)

Saat kalian dikelilingi oleh orang, ide, rutinitas, dan percakapan yang sama, kalian menjadi sosok yang kurang tahu apa-apa. Untuk bisa merasakan lebih banyak hal dalam kehidupan, cobalah bepergian sendirian atau mengambil kursus online yang paling kalian tidak suka. Jangan batasi diri kalian sendiri.

Jika kalian cukup berjiwa petualang, kalian bisa kembali dengan berbagai pelajaran hidup, teman, dan perspektif yang baru. Secara keseluruhan, kalian akan menjadi orang yang berpengetahuan luas nantinya.

7. Kalian akan menjadi rendah hati

7 Alasan untuk Selalu Mencoba Hal Baru dalam Hidupilustrasi wanita tersenyum (unsplash.com/J. Meier)

Selain rasa takut, kesombongan adalah penghalang lain untuk mencoba hal-hal baru. Terlepas dari pencapaian, kekayaan, koneksi, dan pengalaman selama ini, kalian selalu menjadi pemula ketika mencoba hal-hal baru. Lebih jauh, hal itu akan mengajari kalian untuk bersabar untuk belajar, mendengarkan, dan bertumbuh lebih baik.

Ketika mencoba hal-hal baru, kalian akan merasa bangga karena telah mencapai sesuatu. Cobalah hal-hal baru hari ini dan buka diri kalian terhadap emosi, pengalaman, dan budaya baru. Melakukan hal yang sama sama berulang kali adalah hal yang membosankan, jadi menambahkan hal baru dalam hidup pasti akan menyenangkan.

Inilah saatnya untuk mencoba hal-hal baru dari sesuatu yang sederhana hingga sesuatu yang berani dan menantang. Tambahkan bumbu dalam hidup kalian. Ingatlah bahwa ketakutan adalah kelemahan, jadi taklukkanlah dengan mendorong diri kalian keluar dari zona nyaman.

Baca Juga: 5 Tips Mengatasi Keraguan Diri Agar Berani Mencoba Sesuatu

YOOL Photo Verified Writer YOOL

Focus on me, like a meditation.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya