Comscore Tracker

5 Tips Mengatasi Keraguan Diri Agar Berani Mencoba Sesuatu

Jangan sampai mundur duluan! #IDNTimesLife

Setiap orang pasti memiliki keinginan untuk mewujudkan mimpinya. Sayangnya tidak semuanya memiliki tekad yang kuat untuk melakukannya. Kebanyakan masih meragukan kemampuan diri sendiri. Seperti berada dalam fase gamang apakah hasilnya nanti akan sesuai ekspektasi atau tidak.

Memang tidak mudah untuk menghilangkan rasa ragu tersebut. Terkadang kita sudah dilanda ketakutan akan gagal bahkan sebelum mencobanya. Hal ini seringkali menjadi penghambat banyak orang untuk memulai sesuatu. Padahal jika gagal kamu bisa menjadikan hal tersebut sebagai pelajaran.

Nah, agar kamu tidak dibebani oleh rasa ragu-ragu ketika akan mencoba sesuatu, berikut ini ada 5 tips sederhana yang bisa kamu praktikkan.

1. Jangan sampai terjebak dengan keadaan

5 Tips Mengatasi Keraguan Diri Agar Berani Mencoba SesuatuCuplikan serial Riverdale (dok. The CW)

Apa yang dimaksud dengan terjebak keadaan adalah ketika kamu terlalu nyaman dengan sesuatu. Hal ini membuatmu melupakan goals-goals yang seharusnya kamu coba wujudkan. Terkadang kita mudah terlena dengan kehidupan sehingga tidak mau keluar dari zona nyaman. Padahal kamu bisa lebih berkembang lagi dari yang sekarang

 Misalnya saat ini kamu memiliki pekerjaan yang cenderung santai tetapi ternyata tidak membantumu berkembang. Kamu dapat memanfaatkan hal tersebut dengan mencari kegiatan atau hobi lain yang dapat menambah skill. Jadinya ketika resign, kamu tetap memiliki ilmu baru meski bukan dari pekerjaanmu itu.

2. Jangan berpatokan pada opini orang lain

5 Tips Mengatasi Keraguan Diri Agar Berani Mencoba SesuatuCuplikan serial Riverdale (dok. The CW)

Memang tidak ada salahnya untuk mendengarkan pendapat orang lain agar kita dapat berbenah diri. Tetapi perlu kamu ketahui tidak semua temanmu tersebut memiliki maksud baik. Mungkin ada yang ingin berusaha memanipulasi agar kamu tidak jadi mencoba padahal sebenarnya kamu berpeluang besar.

Lakukan apa pun yang membuatmu merasa nyaman melakukannya. Entah itu memulai bisnis sendiri, atau bekerja untuk orang lain. Tidak perlu menjadikan pendapat orang lain sebagai patokan dimana kamu harus bekerja, karena yang lebih tahu tentang dirimu ya kamu sendiri.

3. Jangan terlalu banyak membuat alasan

5 Tips Mengatasi Keraguan Diri Agar Berani Mencoba SesuatuCuplikan serial Riverdale (dok. The CW)

Ketika seseorang sedang merasa ragu biasanya mereka akan banyak membuat alasan. Seperti bagaimana jika nanti gagal atau malah terlihat buruk di depan orang lain. Alasan seperti ini yang semakin membuatmu meragukan diri sendiri. Kamu sudah dihantui perasaan takut sebelum mencobanya.

Jika kamu terlalu banyak membuat alasan yang jelas kamu pasti merugi. Coba hitung berapa banyak peluang yang sudah kamu lewatkan. Musuh kamu adalah pikiranmu sendiri. Jadi cobalah untuk mengganti dengan pikiran-pikiran positif yang dapat menyemangatimu daripada alasan yang bikin kamu mundur duluan.

Baca Juga: 5 Manfaat Positifnya Jika Memuji Anak saat Dia Berani Mencoba Sesuatu

4. Benahi tujuan utamamu

5 Tips Mengatasi Keraguan Diri Agar Berani Mencoba SesuatuCuplikan serial Riverdale (dok. The CW)

Sebelum melakukan sesuatu, kamu harus tahu sebenarnya apa tujuanmu melakukannya. Apakah untuk kepentingan diri sendiri atau malah agar mendapatkan validasi dari orang lain. Jika kamu menganggap pujian dari orang adalah sebagai bentuk kesuksesan, yang ada kamu semakin meragukan diri sendiri.

Tidak selamanya hidup kita harus mendapatkan pengakuan dari orang lain. Terkadang lebih baik untuk melakukannya tanpa diketahui banyak orang. Dengan ini kamu menjadi tidak terbebani oleh ekspektasi orang. Jadinya kalaupun gagal kamu tidak merasa terlalu malu sehingga kamu berani untuk mencoba.

5. Percaya pada kemampuanmu sendiri

5 Tips Mengatasi Keraguan Diri Agar Berani Mencoba SesuatuCuplikan serial Riverdale (dok. The CW)

Hal paling utama sebelum memulai sesuatu adalah kamu harus percaya pada kemampuanmu sendiri. Jika kamu saja belum percaya pada diri sendiri, bagaimana orang lain bisa percaya padamu. Setiap orang memiliki kelebihan, hanya saja terkadang beberapa orang belum bisa mengetahuinya.

Dengan kamu berani mencoba hal tersebut, kamu juga bisa membuktikan apakah sebenarnya kelebihanmu ada di bidang itu. Kamu bebas mencoba banyak hal untuk menemukan apa yang kamu sukai. Jangan sampai kamu terlalu fokus pada kekuranganmu sehingga tidak dapat menemukan kelebihanmu.

Itulah 5 tips mengatasi keraguan pada diri sendiri agar kamu berani mencoba melakukan sesuatu. Jangan sampai ketakutanmu itu yang malah menahanmu untuk berkembang menjadi yang lebih baik lagi.

Baca Juga: 5 Hal yang Bakal Kamu Dapat Jika Tidak Mau Mencoba Hal Baru

Emma Kaes Photo Verified Writer Emma Kaes

Welcome to my alter ego

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya