Comscore Tracker

5 Alasan Harus Berani Mencoba Hal Baru meski Kamu Gak Suka

Banyak untungnya, lho!

Sebagai manusia, kita memang gak akan benar-benar tahu batas kemampuan terlebih jika kita takut mencoba banyak hal. Padahal, sejatinya setiap manusia sudah dibekali Tuhan segudang kemampuan dan kelebihan. Wajib kita eksplorasi dan gali, dengan mencoba berbagai hal baru nantinya kamu akan menemukan apa yang benar-benar kamu cari dan minati dalam hidup ini. 

Kamu harus berani menantang dirimu dan keluar dari zona nyaman meskipun awalnya terasa berat. Banyak untungnya, berikut ada lima alasan mengapa kamu harus berani mencoba hal baru meskipun kamu gak suka. Penasaran apa saja alasannya? Baca sampai akhir untuk menemukan jawabannya!

1. Kamu bisa menemukan jati diri sesungguhnya

5 Alasan Harus Berani Mencoba Hal Baru meski Kamu Gak SukaIlustrasi wanita membaca buku (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Jati diri merupakan hal yang wajib kita cari tahu agar hidup yang tengah dijalani terasa jauh lebih bermakna. Jati diri dapat menjadi benteng pelindung seseorang dari berbagai macam pengaruh negatif. Sayangnya, gak semua orang dapat mengetahui dan mengenali jati dirinya dengan mudah. 

Dengan mencoba berbagai hal baru, secara tidak langsung kamu turut memperkenalkan dirimu dengan beraneka macam bidang. Gak bisa dimungkiri, nantinya kemampuan dan pengalamanmu juga akan bertambah seiring bertambahnya hal baru yang kamu jalani. Inilah yang kemudian tanpa sadar membuka jalanmu menemukan jati diri yang sebenarnya.

2. Kemungkinanmu bertemu penyesalan di kemudian hari jauh lebih kecil

5 Alasan Harus Berani Mencoba Hal Baru meski Kamu Gak SukaIlustrasi wanita sedih (pexels.com/Anna Shvets)

Yang namanya penyesalan selalu datang belakangan, begitulah istilah yang sering kita dengar. Penyesalan adalah buah dari gagalnya kita memilih hal yang tepat di awal perjalanan. Bisa dihindari, saat kita berani mencoba dan berani mengambil risiko terhadap sesuatu maka rasa penyesalan juga gak akan mudah bertamu. 

Kamu harus selalu ingat bahwa gagal itu bagian hidup yang tidak bisa dihindari. Sementara menyesal adalah bagian yang masih bisa kita upayakan agar gak kita rasakan di kemudian hari. Lagipula menyesal setelah mencoba dan menyesal melewatkan kesempatan begitu saja rasanya tentu berbeda bukan? 

Baca Juga: 6 Kebiasaan Baik yang Langka Banget Dimiliki Seseorang, Mau Mencoba?

3. Kamu bisa mengukur seberapa besar kemampuanmu

5 Alasan Harus Berani Mencoba Hal Baru meski Kamu Gak SukaIlustrasi wanita tengah berpikir (pexels.com/Anna Shvets)

Apakah kamu termasuk golongan orang yang bingung saat ditanya keahlianmu? Jika iya, itu bisa jadi karena selama ini kamu hanya terpaku di zona nyaman. Ini membuatmu malas mengeksplorasi kemampuan tersembunyi dalam dirimu. 

Nah, agar kamu gak bingung lagi perihal keahlian atau kelebihanmu, ada baiknya mulai sekarang kamu memberanikan diri untuk mencoba berbagai hal baru. Dengan catatan hal baru yang kamu coba di sini adalah yang menjurus kepada hal positif dan bermanfaat. Jika kamu terus melakukannya, kelak kamu akan mengetahui potensi apa saja yang kamu miliki selama ini. 

4. Kamu tumbuh jadi pribadi yang lebih produktif

5 Alasan Harus Berani Mencoba Hal Baru meski Kamu Gak SukaWanita sedang bekerja (pexels.com/Andea Piacquadio)

Kegiatan apa saja yang selama ini kamu lakukan untuk mengisi waktu luang? Apakah kegiatan yang bermanfaat atau justru membawa pengaruh negatif untuk dirimu? Agar waktu luangmu gak hanya kamu habiskan untuk rebahan dan scrolling media sosial saja, ada baiknya kamu memanfaatkannya untuk mencoba hal-hal baru. 

Berani mencoba hak baru tanpa sadar membuatmu jauh lebih produktif. Waktu luang yang kamu miliki pun akan terasa lebih bermakna. Bahkan, jika kamu berhasil menangkap peluang, bukan gak mungkin dari banyaknya hal baru yang kamu coba ada yang mampu menambah penghasilan. 

5. Kamu akan menemukan kebahagaiaan yang sesungguhnya

5 Alasan Harus Berani Mencoba Hal Baru meski Kamu Gak SukaIlustrasi wanita tersenyum (pexels.com/Sam Lion)

Banyak orang di luar sana yang kesulitan merasakan kebahagiaan sesungguhnya. Hal ini bisa disebabkan karena kamu hanya menjalani hari tanpa benar-benar memaknainya. Banyak orang yang sehari-hari menghabiskan waktu untuk bekerja tetapi hanya fokus mengejar materi semata dan gak mencintai pekerjaan yang digelutinya. 

Agar kamu gak merasakan nasib serupa, mulailah untuk mencoba banyak hal mulai sekarang. Dengan mencicipi banyak kegiatan nantinya kamu akan menemukan bidang yang benar-benar kamu minati. Secara gak langsung hal tersebut juga mempertemukanmu dengan kebahagiaan yang sebenarnya. 

 

Jangan terlalu takut mencoba hal-hal baru yang belum terlalu kamu kuasai. Setiap yang  memulai memang gak akan langsung jadi piawai. Cukup ingat bahwa kehilangan kesempatan dan menyesali segala hal yang terlewat itu memilukan. Jadi, manfaatkanlah waktu yang kamu miliki dengan sebaik-baiknya, ya! 

Baca Juga: 5 Hal yang Bakal Kamu Dapat Jika Tidak Mau Mencoba Hal Baru

Yulia Nor Annisa Photo Verified Writer Yulia Nor Annisa

Tulislah agar tidak melupa | Banjarmasin, South Borneo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya