Comscore Tracker

5 Cara Kreatif yang Bisa Dilakukan untuk Memotivasi Diri Sendiri

Tak perlu orang lain

Saat masih berada di taman kanak-kanak, guru tentu akan bertanya apa cita-cita kalian saat dewasa hingga fase itu berubah menjadi pertanyaan wawancara kerja yang meminta kalian untuk membayangkan akan menjadi apa diri kalian dalam waktu lima atau 10 tahun mendatang. Beberapa dari kalian mungkin sudah punya gambaran pasti.

Namun, ada juga di antara kalian yang memiliki gambaran samar tentang apa yang mungkin akan kalian lakukan. Dan hal itu terasa terlalu jauh bagi kalian untuk mencapainya, membuat kalian jadi kehilangan motivasi karena merasa hal itu tak mungkin. Berikut ada lima cara kreatif untuk memotivasi diri kalian sendiri demi mencapai tujuan kalian.

1. Visualisasikan kesuksesan

5 Cara Kreatif yang Bisa Dilakukan untuk Memotivasi Diri Sendiriilustrasi wanita berpikir (unsplash.com/Jonathan Cosens Photography)

Visualisasi adalah salah satu teknik motivasi yang sederhana tapi berguna karena ketika kalian membentuk gambaran kesuksesan di benak kalian. Saat kalian berhasil mendapat gambaran tentang seperti apa kesuksesan tersebut, kalian akan mulai melihat kemungkinan untuk mencapai tujuan kalian tersebut. Tentunya hal itu membuat kalian jadi lebih bersemangat dan termotivasi bukan?

2. Bernyanyi untuk diri sendiri

5 Cara Kreatif yang Bisa Dilakukan untuk Memotivasi Diri Sendiriilustrasi wanita bernyanyi (unsplash.com/Miguel Bautista)

Seperti halnya tawa, bernyanyi dapat meningkatkan mood. Bernyanyi memicu pelepasan endorfin, yang merupakan cara alami tubuh untuk menghilangkan rasa sakit dan stres secara kimiawi. Saat kalian lebih bahagia, kalian tentu bisa melakukan lebih banyak hal yang mana hal itu akan membawa kalian satu langkah lebih maju menuju apa yang ingin kalian raih.

3. Bicaralah tentang pencapaian tujuan kalian menggunakan istilah yang pasti dan positif

5 Cara Kreatif yang Bisa Dilakukan untuk Memotivasi Diri Sendiriilustrasi wanita tersenyum (unsplash.com/Marivi Pazos)

Daripada menggunakan kata jika, lebih baik menggunakan kata ketika. Kalian bisa mengalihkan fokus dari sesuatu yang semula hanya kemungkinan menjadi kenyataan. Menggunakan kosa kata afirmatif ini dalam kehidupan sendiri jelas dapat membantu kalian untuk memvisualisasikan tujuan dan apa yang bisa kalian raih pada akhirnya.

Baca Juga: 5 Trik Khusus bisa Konsisten dalam Mengejar Tujuan Hidup

4. Melamun

5 Cara Kreatif yang Bisa Dilakukan untuk Memotivasi Diri Sendiriilustrasi wanita melamun (unsplash.com/Anthony Tran)

Ini mungkin terdengar tidak masuk akal. Bahkan beberapa dari kalian mungkin menganggap jika melamun merupakan hal tak berguna yang sekaligus hanya bisa membuang waktu saja.

Namun, coba kalian abiskan beberapa menit untuk memikirkan semua hal menyenangkan yang menanti setelah kalian melewati hari. Kalian tak bisa menampik bahwa kalian jadi tersenyum sendiri karenanya.

5. Pasang quotes di tempat-tempat yang dapat terlihat oleh kalian

5 Cara Kreatif yang Bisa Dilakukan untuk Memotivasi Diri Sendiriilustrasi papan quotes (unsplash.com/Kari Shea)

Pilih quotes favorit dan simpan di dekat kalian. Ada banyak quotes yang bertebaran di internete dan kalian pilih yang mana yang paling bisa memberi kalian semangat atau motivasi kala membacanya. Hal ini berguna untuk mengingatkan kalian bahwa kalian dapat melakukan apa pun yang diinginkan.

Memotivasi diri sendiri itu tak sulit. Yang jadi masalah di sini adalah apakah kalian mau melakukannya atau tidak.

Baca Juga: Bijak Tanpa Menggurui, 7 Quotes Truk Ini Kocak Abis!

YOOL Photo Verified Writer YOOL

Focus on me, like a meditation.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya