Comscore Tracker

5 Cara Menikmati Buku bagi yang Gak Suka Baca Buku

Jangan nilai buku dari sampulnya saja!

Tidak diragukan lagi, manfaat membaca buku sangat banyak. Sayang sekali, kan kalau dilewatkan. Tahukah kamu? Membaca buku melatih pola pikir kita, lho. Kita terbiasa membaca sesuatu yang struktural dan tertata rapi. Dengan membaca buku juga melatih otak untuk berpikir kritis.

Tapi apakah minat membaca sebesar manfaat yang ditawarkan? Belum tentu. Image kalau membaca buku itu membosankan dan bikin ngantuk kita ubah, yuk. Sekalipun kamu gak suka baca, tapi lakukan 5 cara ini biar kamu tahu caranya menikmati buku dan bisa merasakan manfaatnya.

1. Mulai dengan tema buku favoritmu

5 Cara Menikmati Buku bagi yang Gak Suka Baca BukuIlustrasi membaca buku (pexels.com/Min An)

Penting banget, nih! Kamu harus mengubah mindset-mu bahwa membaca buku itu membosankan dan bikin ngantuk. Mulailah membaca buku dengan tema favoritmu.

Banyak sekali genre buku yang bisa kamu pilih. Mulai dari fiksi hingga non fiksi, komik hingga novel, tidak masalah kamu mau memulai dari manapun. 

Yang pasti, kamu bakal lebih termotivasi untuk menyelesaikan ketika membaca buku yang kamu suka. Jika kamu belum terbiasa membaca buku yang full teks, bacalah buku yang bergambar atau diselingi ilustrasi. Mulai berkawan dengan buku, yuk.

2. Gausah memaksakan diri menyelesaikannya segera

5 Cara Menikmati Buku bagi yang Gak Suka Baca Bukuilustrasi membaca (pexels.com/cottonbro)

Nah, setelah memilih tema, untuk pemanasan bacalah buku yang ringan. Kamu ga harus memaksakan diri untuk membaca buku yang berat hanya karena bukunya sedang tren.

Kamu gak harus menyelesaikan membaca buku dalam sekali duduk. Jangan terburu-buru. Justru, bacalah bukunya dengan pelan-pelan. Nikmati pengalaman baru dalam membaca.

Baca Juga: 5 Cara agar Gak Mudah Bosan saat Membaca Buku, Jangan Dibuat Beban!

3. Mencatat progres membaca

5 Cara Menikmati Buku bagi yang Gak Suka Baca Bukuilustrasi mencatat (pexels.com/cottonbro)

Progress over perfection!  Terasa lebih menyenangkan bila kita bisa melihat diri kita terus berkembang. Cara ini akan memotivasi agar kita lebih semangat dalam membaca. Catat setiap buku yang sudah pernah kita baca.

Catat juga ilmu baru yang kamu dapatkan dari buku tersebut. Dengan memiliki kebiasaan seperti itu, kita belajar untuk mengapresiasi setiap perkembangan kecil yang kita lakukan.

4. Ajak teman baca buku bareng

5 Cara Menikmati Buku bagi yang Gak Suka Baca Bukuilustrasi membaca bersama (pexels.com/Yan Krukov)

Kamu masih berjuang sendirian? Tidak ada salahnya ajak temanmu untuk baca buku bareng. Kalau ada teman biasanya akan lebih bersemangat baca bukunya. Kalian bisa berdikusi tentang buku tersebut, buat agenda membaca bersama, sehingga pemahaman terhadap buku itu jadi lebih kaya.

5. Baca buku di tempat yang nyaman dan suasana yang tenang

5 Cara Menikmati Buku bagi yang Gak Suka Baca Bukuilustrasi membaca (pexels.com/Yaroslav Shuraev)

Suasana berperan penting dalam membangkitkan mood kamu membaca baca buku. Cari suasana yang tenang. Bisa juga go out to nature. Mendengar suara gemericik air, menghirup udara segar, adalah latar suara yang bisa bikin kita lebih rileks saat membaca buku.

 

Jika buku terasa menyeramkan, cari cara agar terasa menyenangkan, yuk. Berikut tadi 5 cara yang bisa kamu lakukan. Dijamin membaca buku jadi makin seru! Selamat membaca book buddies!

Baca Juga: 5 Alasan yang Paling Sering Membuatmu Gak Tamat Membaca Buku

Stephanie Priyanka Photo Verified Writer Stephanie Priyanka

Mencoba terus bergerak dengan terus menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya