Comscore Tracker

5 Cara yang Bisa Dilakukan untuk Menahan Amarah Saat Puasa

Tahan amarahmu agar puasamu tak jadi sia-sia

Saat tengah menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan, terkadang ada-ada saja hal yang membuat kita jadi tersulut emosi dan marah yang bisa membuat puasa kita menjadi tidak sempurna. Entah itu orang-orang dijalanan yang berkendara suka seenaknya, sampai orang-orang sekitar pun yang terkadang tak mengerti akan kondisi dan suasana hati kita yang tengah berpuasa.

Nah, agar hal-hal seperti itu tidak terjadi padamu yang tengah berpuasa, beberapa hal ini bisa kamu lakukan untuk menahan amarahmu. Yuk simak!

1. Hindari orang-orang yang berpeluang membuatmu menjadi marah

5 Cara yang Bisa Dilakukan untuk Menahan Amarah Saat Puasapexels/Ekrulila

Daripada puasamu menjadi sia-sia nantinya, lebih baik kamu menghindar atau menjauh dari mereka-mereka yang berpeluang membuatmu bisa menjadi marah. Kamu mungkin bisa menjaga jarak dari mereka. Karena dengan begitu, kamu pun bisa terhindar dari keinginan untuk marah-marah jika bertemu dengan orang-orang yang selalu saja bisanya membuatmu menjadi kesal.

2. Perbanyak beristighfar saat hatimu mulai merasa ingin melampiaskan amarah

5 Cara yang Bisa Dilakukan untuk Menahan Amarah Saat Puasapexels/rawpixel.com

Saat kamu mulai terbawa emosi dengan perkataan orang-orang dan dengan tindakan orang-orang terhadapmu, redam emosimu itu dengan memperbanyak beristighfar. Jangan sampai membuatmu menjadi tersulut emosi hingga membuatmu menjadi marah-marah saat kondisimu yang tengah berpuasa. Karena jika saja kamu jadi tak terkendali dan tak terkontrol, sehingga amarah dan emosimu menjadi menggebu-gebu, puasamu hanya akan menjadi sia-sia nantinya!

3. Berwudhu lah agar hatimu bisa lebih tenang dan amarahmu bisa diredam

5 Cara yang Bisa Dilakukan untuk Menahan Amarah Saat Puasatongkronganislami.net

Jika kamu merasa hatimu mulai panas, beristighfar pun belum cukup untuk meredam amarahmu, cobalah untuk berwudhu agar hatimu bisa lebih tenang. Karena biasanya dengan mengingat Allah hati kita bisa menjadi tenang dan tentram. Sehingga amarah yang muncul dalam diri yang ingin dilampiaskan pun bisa diredam. Sebab ketika berpuasa, kamu tak hanya menahan haus dan lapar saja, dirimu pun harus bisa kamu kendalikan.

Baca Juga: 9 Perawatan Gigi Saat Puasa di Ramadan yang Dibolehkan dan Tidak

4. Tak usah melawan atau membalas saat ada yang mencoba untuk menguji kesabaranmu saat tengah menjalankan puasa

5 Cara yang Bisa Dilakukan untuk Menahan Amarah Saat Puasaunsplash/Ifrah Akhter

Allah menghadirkan orang-orang disekitar kita tentunya punya maksud dan tujuan. Entah itu untuk mengajarkan kita, atau untuk menguji kesabaran dalam diri kita. Ketika kita dipertemukan atau dihadapkan dengan orang-orang yang membuat kita menjadi marah, mungkin saat itu Allah tengah menguji dan melihat sejauh mana kesabaran yang ada dalam diri kita.

Jadi jika saja kamu dihadapkan dengan orang yang membuatmu marah, tak perlu melawan atau membalas perkataan mereka. Sebab jika kamu membalas, bisa saja kamu tidak lolos dengan ujian yang diberikan Allah kepadamu. Terlebih ketika kondisimu yang tengah berpuasa.

5. Ingat bahwa kamu sedang berpuasa. Jadi jangan diambil hati perkataan orang-orang yang membuatmu menjadi marah

5 Cara yang Bisa Dilakukan untuk Menahan Amarah Saat Puasaunsplash/kilarov zaneit

Kadang kamu pun juga harus memiliki sifat bodo amat terhadap perkataan orang-orang dan omongan orang-orang. Terlebih ketika hal itu berpeluang membuatmu sakit hati dan marah. Karena itu adalah satu-satunya cara untuk tak menghiraukan perkataan orang-orang yang bisa membuatmu kesal ketika mendengarnya. Yaa, kamu pun gak mau kan kalau-kalau nantinya kamu pun jadi terbawa suasana dan meladenin perkataan mereka dengan emosi dan marah. Gak mau dong kan puasa yang kamu jalankan hanya mendapat haus dan lelahnya saja tanpa mendapat pahala?

Nah, itu dia beberapa hal yang bisa kamu lakukan saat amarah timbul dalam dirimu yang tengah berpuasa. Jangan sampai amarah malah membuat puasamu menjadi sia-sia yaa!

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Sucy Fujiazma Photo Community Writer Sucy Fujiazma

writing and sharing ✌️ | instagram : @sucyfujiazma

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You