Comscore Tracker

7 Tips Memiliki Bibir Sehat saat Ibadah Puasa

Biar tetap kece

Berbahagia dan penuh semangat, begitulah perasaan umat muslim menyambut kedatangan bulan Ramadan. Bagaimana tidak? Di bulan Ramadan inilah banyak aktivitas yang dikerjakan bersama-sama seperti; shalat berjamaah, sahur bersama keluarga, banyak melakukan aktivitas bermanfaat bersama-sama untuk mendapatkan pahala di bulan Ramadan, dan yang paling seru adalah kegiatan buka bersama. Bahkan buka bersama sering dijadikan sebagai wadah silaturahim/reuni bersama teman-teman. Kebahagiaan ini tidak hanya dirasakan oleh yang beragama muslim saja, akan tetapi juga dirasakan oleh yang beragama non muslim. Oleh karena itu, banyak yang menyebut bulan Ramadan adalah bulan penuh berkah.

Namun terlepas dari itu semua, apakah sudah ada persiapan untuk melalui hari-hari di bulan puasa? Hal yang sering dikeluhkan ketika menjalani ibadah puasa adalah dehidrasi. Dehidrasi adalah di mana kondisi tubuh mengalami kekurangan cairan. Salah satu dampak dari kekurangan cairan adalah bibir kering dan pecah-pecah. Bibir kering dan pecah-pecah tidak hanya dialami oleh perempuan saja, akan tetapi juga laki-laki. Kamu pasti tidak mau kan, jika kebahagiaan kamu terganggu hanya karena mempunyai bibir kering dan pecah-pecah. Oleh karena itu, kamu harus ada persiapan dalam menjalani ibadah puasa tanpa terganggu dengan masalah dehidrasi yang menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah.

Untuk mendapatkan bibir sehat secara alami dapat kamu lakukan sendiri dengan menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari. Cara yang ditempuh mudah namun memiliki khasiat yang luar biasa. Berikut 7 (tujuh) tips memiliki bibir sehat saat menjalani ibadah puasa:

1. Cukup minum air putih

7 Tips Memiliki Bibir Sehat saat Ibadah Puasapexels.com

Cukup minum air putih adalah cara untuk menjaga cairan dalam tubuh tetap stabil. Karena dengan menjaga asupan air putih, tubuh akan mendapat cairan yang bermanfaat menjaga kelembapan kulit dan juga bibir. Konsumsi air putih ketika puasa dapat dilakukan dengan meminum 3 gelas air putih ketika sahur, 3 gelas air putih ketika buka dan 2 gelas air putih sebelum tidur. 

2. Konsumsi madu

7 Tips Memiliki Bibir Sehat saat Ibadah Puasapexels.com

Madu memiliki khasiat sebagai moisturizer, yaitu sebagai pelembap bibir. Dengan menjaga kelembapan bibir, maka bibir jauh dari kekeringan bahkan pecah-pecah. Hal ini dapat dilakukan dengan mengonsumsi madu sebanyak 3 sendok makan ketika sahur dan memoleskan madu ke permukaan bibir sebelum tidur sebagai treatment untuk melembapkan bibir dari luar.

3. Konsumsi sayur dan buah

7 Tips Memiliki Bibir Sehat saat Ibadah Puasapexels.com

Sayur dan buah adalah makanan yang kaya akan kandungan mineral, vitamin, anti oksidan, dan asam lemak esensial yang bermanfaat melembapkan bibir dan kulit. Konsumsi sayur dan buah dapat dilakukan ketika sahur dan buka puasa.

Baca Juga: 7 Penyebab Utama Mulut dan Bibir Kering, Awas Jangan Dikelupas loh!

4. Menghindari makanan pedas dan asin

7 Tips Memiliki Bibir Sehat saat Ibadah Puasapexels.com

Menghindari makanan pedas dan asin adalah upaya menjaga bibir agar tidak kering dan pecah-pecah. Karena makan makanan yang pedas dapat mempercepat dehidrasi dalam tubuh sehingga bibir menjadi kering. Sedangkan makanan asin yang banyak mengandung garam mampu menyerap asupan cairan dalam tubuh. Sehingga mengonsumsi dari keduanya sangat dianjurkan untuk diminimalisir atau dihindari.

5. Menjadikan gula sebagai scrub bibir

7 Tips Memiliki Bibir Sehat saat Ibadah Puasapexels.com

Untuk mendapatkan bibir yang halus dan kemerah-merahan. Kamu dapat melakukannya dengan menjadikan gula sebagai scrub bibir. Scrub bibir dapat dilakukan sebanyak 2 kali yaitu sebelum tidur (sebelum mengoleskan madu pada permukaan bibir) dan sesudah sahur. Caranya oleskan gula ke permukaan bibir secara merata selama 5 menit, kemudian gosok secara perlahan hingga bibir berubah menjadi warna kemerahan. Setelah itu bilas bibir dengan air bersih.

6. Rajin menjaga kebersihan bibir

7 Tips Memiliki Bibir Sehat saat Ibadah Puasapexels.com

Bibir yang sehat didapatkan dari menjaga kebersihan bibir. Rajin menjaga kebersihan bibir yang dimaksud adalah membersihkan bibir setelah menggunakan make up. Karena make up yang tidak dibersihkan akan menyebabkan bibir mudah mengalami kering dan pecah-pecah.

7. Menggunakan lipbalm atau minyak kelapa

7 Tips Memiliki Bibir Sehat saat Ibadah Puasapexels.com

Mengunakan lipbalm atau minyak kelapa adalah upaya menjaga bibir dari paparan sinar UV. Menggunakan lipbalm atau minyak kelapa ketika beraktivitas di luar mampu menjaga kelembaban bibir selama seharian.

Beberapa tips di atas adalah langkah sehat untuk memiliki bibir sehat secara alami. Memiliki bibir sehat mampu menambah rasa percaya diri ketika bersosialisasi. Selain rasa percaya diri, tentu pesona yang terpancar semakin menambah kecantikan paras bagi kamu yang memiliki bibir sehat secara alami. Jadi tunggu apalagi? Ayo, jadikan tips ini sebagai bekal kamu menjalankan ibadah puasa dengan tetap memiliki bibir sehat. Semangat menunaikan ibadah puasa dan selamat mencoba.

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Susi Yanti Nurraini Photo Verified Writer Susi Yanti Nurraini

Keep shining, keep inspiring! engineer, writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya