Comscore Tracker

5 Manfaat Bunga Anggrek, Bunga Kesayangan Alm. Ibu Ani Yudhoyono 

Keindahan bunga anggrek memang mampu meneduhkan pikiran

Mendiang mantan ibu negara Ani Yudhoyono sangat menyukai keindahan bunga anggrek. Hal ini jelas terlihat dari banyaknya tanaman bunga anggrek yang tumbuh subur di pekarangan rumahnya di bilangan Cikeas, Bogor, Jawa Barat. Sejak masih muda dulu, ibu Ani memang dikenal sebagai perempuan yang peduli terhadap lingkungan, khususnya bunga anggrek.

Ibu Ani sengaja menanam berbagai jenis bunga anggrek di pot maupun sengaja dibiarkan menggantung. Keindahan bunga anggrek rupanya tak hanya sampai di mata. Bunga yang memiliki lebih dari 25.000 spesies ini rupanya memiliki berbagai manfaat yang bisa digunakan oleh manusia. Jadi penasaran apa saja sih manfaat dari bunga yang disayangi Ibu Ani ini?

1. Memandang keindahan Anggrek mampu menghilangkan stres

5 Manfaat Bunga Anggrek, Bunga Kesayangan Alm. Ibu Ani Yudhoyono pexels.com/itemguides.com

Siapa sangka dengan memandangi dan membudidayakan bunga anggrek mampu meminimalisir stres yang kamu alami. Beban pikiran yang sudah menumpuk bisa teratasi dengan relaksasi yang ditawarkan bunga anggrek. Sebagai mantan ibu negara yang memiliki segudang aktivitas dan juga pikiran yang menumpuk, pantas saja bila Alm. Ibu Ani sangat menyukai bunga anggrek. Tanaman anggrek juga mampu memberikan ketenangan dan kedamaian saat berada di dekatnya.

2. Sajian teh racikan bunga anggrek yang dipercaya oleh masyarakat Cina

5 Manfaat Bunga Anggrek, Bunga Kesayangan Alm. Ibu Ani Yudhoyono instagram/aniyudhoyono

Negeri Tiongkok memang dikenal dengan ragam pengobatan tradisional, salah satunya ramuan herbal. Tanaman anggrek rupanya juga menjadi salah satu ramuan herbal yang dipercaya oleh masyarakat Cina lho. Bunga anggrek yang telah di proses dicampurkan dengan akar licorice sehingga membentuk ramuan tonik.

Khasiat yang diberikan teh bunga anggrek ini mampu menghantarkan energi positif yang bisa menyembuhkan segala penyakit dalam tubuh, seperti kram, sakit pinggang, muntah-muntah, paru-paru, ginjal dan masih banyak lagi. Mengonsumsi ramuan teh bunga anggrek juga mampu membuat tampilan kulit lebih lembab dan mencegah kekeringan serta bersisik.

Baca Juga: Yuk, Tanam! Ini 5 Keuntungan Punya Tanaman Anggrek di Rumah

3. Tanaman anggrek jadi cemilan yang menyehatkan

5 Manfaat Bunga Anggrek, Bunga Kesayangan Alm. Ibu Ani Yudhoyono pexels.com/pixabay

Bagi kamu yang suka ngemil, cobalah beralih untuk mencari cemilan yang terbuat dari bunga anggrek. Selain unik, cemilan yang satu ini sudah tentu menyehatkan lho. Buktinya di sejumlah negara telah lebih dulu mengolah bunga anggrek ke berbagai jenis cemilan. Misalnya, Thailand dan Singapura yang menjadikan tanaman anggrek sebagai cemilan yang disukai oleh masyarakat, seperti keripik, susu, permen dan lainnya. Sedangkan di Eropa, tanaman anggrek lebih digunakan untuk hiasan pada kue. Bila biasanya kita mengonsumsi acar mentimun dan wortel, masyarakat di negara Nepal justru memanfaatkan bunga anggrek sebagai acar.

4. Ekstrak minyak tanaman anggrek mampu meremajakan kulit

5 Manfaat Bunga Anggrek, Bunga Kesayangan Alm. Ibu Ani Yudhoyono pexels.com/Dominika Roseclay

Demi mendapatkan tampilan kulit yang sehat dan kencang, kamu bisa menggunakan alternatif ekstrak bunga anggrek lho. Karena kandungan ekstrak minyak bunga anggrek mampu mencegah penuaan dini. Pasalnya bunga anggrek memiliki karakteristik untuk menyimpan air lebih lama. Makanya, bunga anggrek bisa tumbuh lebih lama dari pada bunga-bunga yang lain. Oleh sebab itu, ekstrak minyak yang dihasilkan mampu membuat kulit terasa lebih kencang dan mempertahankan elastisitas.

5. Menepis polusi udara serta racun yang tersebar di lingkungan sekitar

5 Manfaat Bunga Anggrek, Bunga Kesayangan Alm. Ibu Ani Yudhoyono pexels.com/Alief Baldwin

Bila menanam bunga anggrek di pekarangan rumah dipercaya mampu memberikan perlindungan dari polusi udara. Tanpa disadari area rumah kamu juga akan lebih bersih, karena tanaman anggrek juga menyerap racun-racun yang tersebar melalui udara. Hal ini tentu memberikan dampak lingkungan yang lebih menyehatkan dan nyaman.

Nah, itulah manfaat bunga anggrek yang bisa kamu dapatkan. Siapa tahu kamu mulai tertarik untuk budidaya tanaman anggrek seperti Alm. Ibu Ani Yudhoyono!

Baca Juga: Penuh Kenangan, Ini 7 Gaya Busana Lebaran Keluarga Alm Ani Yudhoyono

Topic:

  • Ernia Karina

Just For You