Comscore Tracker

Jangan Sering Mengalah, 5 Alasan Kamu Harus Menjadi Orang yang Tegas

Apakah kamu masih sering gak enakan kepada orang lain?

Kebanyakan orang yang ada di dunia ini senantiasa bersikap gak enakan. Hal tersebut ditujukan agar tidak menyakiti hati orang lain. Namun sadar gak sih kalau hal itu malah membuat diri sendiri menjadi tersakiti? Terkadang kamu perlu bersikap tegas agar hal itu gak terjadi.

Ada beberapa alasan yang dapat membukakan matamu untuk berani bersikap tegas dalam menjalani hidup. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai hal tersebut, simak pembahasannya berikut ini.

1. Kamu tidak akan mudah dibohongi oleh orang lain

Jangan Sering Mengalah, 5 Alasan Kamu Harus Menjadi Orang yang Tegasunsplash.com/Ashkan Forouzani

Jika berani bersikap tegas, percayalah bahwa kamu gak akan mudah dibohongi oleh orang lain. Orang lain pasti akan segan terhadapmu jika berani mengutarakan ketidak adilan yang kamu rasakan. Mereka pasti tidak akan pernah menyepelekanmu dalam kehidupan sosial. Maka dari itu, mulai sekarang cobalah berlatih untuk bisa bersikap tegas.

2. Kamu bisa menciptakan kebahagiaan versimu sendiri

Jangan Sering Mengalah, 5 Alasan Kamu Harus Menjadi Orang yang Tegasunsplash.com/Franciele Cunha

Tidakkah kamu berpikir bahwa setiap orang berhak menentukan kebahagiaan sesuai versinya sendiri? Hal itu membuatmu dituntut untuk bisa bersikap tegas agar kebahagiaanmu tidak melulu berdasarkan omongan orang lain.

Cobalah untuk menciptakan kebahagiaan versimu sendiri tanpa diselingi rasa gak enakan terhadap orang lain. Mulai sekarang cobalah untuk lebih mencintai diri sendiri juga, ya!

Baca Juga: Ingat, 5 Situasi Ini Bisa Membongkar Karakter Orang yang Sebenarnya

3. Percayalah bahwa tidak semua orang yang ada di dunia ini bersikap baik

Jangan Sering Mengalah, 5 Alasan Kamu Harus Menjadi Orang yang Tegasunsplash.com/Jonathan Cosens Photography

Pernahkah kamu mendengar istilah "homo homini lupus"? Hal tersebut memiliki artian bahwa manusia adalah serigala bagi manusia lainnya. Dengan adanya hal tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa terkadang kamu perlu berhati-hati terhadap orang lain.

Tidak semua manusia yang ada di muka bumi ini bersikap baik. Agar kamu gak dirugikan oleh orang semacam itu, cobalah untuk berlatih bersikap tegas. Percaya deh kalau ketegasanmu itu pasti akan membuat orang lain sungkan terhadapmu.

4. Kamu harus bisa menghilangkan kebiasaan gak enakan

Jangan Sering Mengalah, 5 Alasan Kamu Harus Menjadi Orang yang Tegasunsplash.com/Maria Lysenko

Siapa nih di sini yang masih suka gak enakan terhadap orang lain? Sikap gak enakan itu tentunya suatu saat akan menjadi bumerang untukmu lho. Untuk membuang kebiasaan buruk itu, cobalah untuk lebih bersikap tegas terhadap diri sendiri maupun orang lain.

Lagipula menjadi orang yang gak enakan akan banyak merugikan hidupmu lho. Kamu pasti akan mudah tertindas oleh orang lain sehingga tidak memiliki harga diri yang tinggi.

5. Ingatlah bahwa ketegasan itu melambangkan kedewasaan

Jangan Sering Mengalah, 5 Alasan Kamu Harus Menjadi Orang yang Tegasunsplash.com/Zheka Boychenko

Percayalah bahwa seseorang yang telah dewasa seutuhnya adalah ketika dia bisa bersikap tegas. Hal tersebut melambangkan bahwa seseorang telah memiliki pendirian kuat yang tidak bisa ditindas. Orang yang seperti itu akan mudah melangsungkan kehidupan sehari-harinya.

Dia pasti akan tumbuh menjadi manusia yang bahagia karena tidak adanya gangguan dari orang lain. Ingatlah bahwa terkadang kamu harus bisa berhenti melakukan sesuatu demi orang lain namun malah merugikan diri sendiri. Jadilah dewasa dengan senantiasa memiliki pendirian yang kuat!

Itulah guys kelima alasan masuk akal mengapa kamu wajib menjadi orang yang tegas. Mulailah melatih ketegasan yang ada di dalam diri agar kamu bisa menggapai kebahagiaan sesuai standarmu.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Orang yang Terlihat Bahagia Belum Tentu Bahagia

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya