Comscore Tracker

5 Tanda Nyata Bahwa Perjuanganmu Hanya akan Berakhir Sia-sia

Apakah kamu sudah berjuang sepenuh hati? #IDNTimesLife

Memperjuangkan sesuatu memang tidak semudah apa yang dikatakan. Terkadang kamu harus bisa melewati berbagai rintangan yang cukup memberatkan. Ketika hal tersebut terjadi, yang terlintas dalam pikiranmu hanyalah bagaimana cara keluar dari sana.

Namun realitanya tidak semua perjuangan itu akan menghasilkan sesuatu yang setimpal. Ada kalanya kamu akan merasakan kegagalan sebab kenyataan yang tidak menghendakimu. Ada beberapa tanda yang dapat mengindikasikan bahwa perjuanganmu akan berakhir sia-sia. Untuk penjelasannya, simak pembahasan ini.

1. Kamu masih belum bisa konsisten dalam berjuang

5 Tanda Nyata Bahwa Perjuanganmu Hanya akan Berakhir Sia-siaIlustrasi merenung (pexels.com/engin akyurt)

Tidak bisa diganggu gugat bahwa konsistensi diri merupakan hal yang dapat memberikan pengaruh pada keberhasilan. Jika kamu tidak bisa konsisten, dapat dipastikan perjuanganmu itu hanya setengah-setengah. Hanya kegagalanlah yang akan kamu dapatkan sebab kurangnya keseriusan dalam berjuang. Apakah kamu ingin merasakan kegagalan? Jika tidak, cepatlah berbenah!

2. Kamu tidak menentukan target pencapaian

5 Tanda Nyata Bahwa Perjuanganmu Hanya akan Berakhir Sia-siaIlustrasi merenung (pexels.com/andrea piacquadio)

Dalam memperjuangkan sesuatu, kamu harus memiliki pedoman untuk targetnya. Terkadang kamu harus menentukan hal apa saja yang harus diraih dan dihindari. Hal tersebut tetnunya akan memudahkanmu dalam memperjuangkan sesuatu. Kamu tidak akan bingung langkah apa yang harus diambil.

Namun jika hal itu tidak dilakukan, percayalah bahwa nantinya perjuanganmu akan berakhir sia-sia. Kamu pasti hanya akan berjuang tanpa tujuan yang jelas. Hal itu bukankah hanya membuang waktumu saja karena tidak akan pernah berhasil?

3. Kamu tidak menyiapkan usaha secara matang

5 Tanda Nyata Bahwa Perjuanganmu Hanya akan Berakhir Sia-siaIlustrasi merenung (pexels.com/liza summer)

Totalitas dalam berjuang merupakan salah satu aspek penentuk keberhasilan. Salah satu bentuk totalitas tersebut adalah kamu harus menyiapkan semuanya dengan matang. Apa pun persiapannya harus diperhitungkan agar hasil dan waktu pengerjaannya menjadj sangat efektif.

Tetapi jika hal itu tidak dikerjakan, yang kamu dapatkan hanyalah perjuangan sia-sia. Sebelum terlambat, cobalah untuk persiapkan semuanya dengan matang. Percayalah bahwa hal tersebut seratus persen akan memberikan pengaruh besar terhadap hasil perjuanganmu.

Baca Juga: 5 Film Inspiratif tentang Perjuangan Kelas Sosial yang Bikin Menohok

4. Kamu menjadi seseorang yang terlalu anti kritik

5 Tanda Nyata Bahwa Perjuanganmu Hanya akan Berakhir Sia-siaIlustrasi merenung (pexels.com/oladimeji ajegbile)

Dalam memperjuangkan sesuatu, kamu wajib terbukan terhadap berbagai macam masukkan. Hal itu akan membuatmu mengetahui di mana letak kekurangan yang dapat memberikan pengaruh pada hasilnya nanti. Namun jika kamu cenderung anti kritik, siap-siap saja perjuanganmu akan berakhir sia-sia. Apakah kamu menginginkan hal seperti itu? Jika tidak, cobalah untuk lebih terbuka dalam menerima kritik dan saran.

5. Ketika sudah berhasil satu tahap, kamu mudah cepat puas

5 Tanda Nyata Bahwa Perjuanganmu Hanya akan Berakhir Sia-siaIlustrasi keberhasilan (pexels.com/andrea piacquadio)

Dalam memperjuangkan sesuatu, pasti ada banyak step harus dilewati. Kebanyakan orang akan merasa cukup bangga dan bahagia ketika telah berhasil melewati satu step. Padahal perasaan cepat puas seperti itu wajih dihindari karena hanya akan menjadi bumerang untukmu.

Jika cepat merasa puas, kamu pasti akan bermalas-malasan untuk melangkah ke step selanjutnya. Hal tersebut hanya akan membuatmu stuck di titik itu saja. Oleh karena itu jika ingin meraih keberhasilan secara total, cobalah untuk tetao fokus jika final step belum terlewati.

Keberhasilan dalam memperjuangkan sesuatu memang cukup membahagiakan jika diraih. Agar bisa ke sana, mulai sekarang kamu harus membuang kelima kebiasaan di atas, ya!

Baca Juga: Ini 10 Film Korea yang Menceritakan Perjuangan untuk Bertahan Hidup

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya