Comscore Tracker

5 Cara Sederhana agar Kamu Bisa Berhenti Mengikuti Tren Gak Penting

Apakah kamu masih suka mengikuti tren gak penting?

Semakin meluasnya media sosial membuat berkembangnya sebuah tren juga ikut berjalan cepat. Tren tersebut biasanya berupa gaya hidup ataupun membuat konten viral. Kebanyakan dari tren tersebut tentunya pasti akan dinikmati oleh penggiat media sosial biar terlihat kekinian.

Jika dilihat secara lebih lanjut, hal tersebut bisa dikatakan sebagai sesuatu yang gak penting. Apalagi jika kamu melakukannya untuk mempertahankan gengsi, alangkah lebih baik hal tersebut dibuang saja. Ada beberapa hal yang bisa membantumu untuk berhenti mengikuti tren gak penting. Simak pembahasan berikut ini demi kebaikanmu!

1. Setop bermain media sosial secara berlebihan

5 Cara Sederhana agar Kamu Bisa Berhenti Mengikuti Tren Gak Pentingilustrasi malas (unsplash.com/Bruno Gomiero)

Sebelumnya sudah disenggol bahwa munculnya tren-tren baru itu bersumber dari media sosial. Agar bisa mengurangi melakukan kebiasaan tersebut, kamu wajib mencabut akarnya. Maksudnya di sini adalah kamu harus mengurangi kebiasaan bermain media sosial.

Berlebihan saat berselancar di dunia maya bisa memunculkan efek kecanduan dalam dirimu. Terlebih lagi, kamu juga bakal mudah terpantik untuk mengikuti tren-tren yang sebenarnya kurang penting. Oleh karena itu, setop berlebihan bermain medsos mulai dari sekarang, yuk!

2. Buanglah pola pikir selalu ingin diakui oleh orang lain

5 Cara Sederhana agar Kamu Bisa Berhenti Mengikuti Tren Gak Pentingilustrasi merenung (unsplash.com/Bruce Dixon)

Biasanya, seseorang mengikuti tren itu untuk diakui oleh orang lain bahwa dirinya kekinian. Pengakuan orang lain sebenarnya merupakan sebuah hal yang gak boleh dikejar sebab mereka bakal mempermainkanmu. Hal itu terjadi karena setiap orang pasti memiliki sikap tidak pernah puas.

Mereka bisa saja malah membuatmu menderita sebab obsesimu untuk mencari pengkuan. Alangkah lebih baik jika kamu mulai untuk menghentikan pola pikir semacam itu. Hal tersebut dilakukan agar kamu bisa setop mengikuti tren-tren yang kesannya gak penting.

Baca Juga: 10 Barang Ini Pernah Jadi Tren di Era 2000-an, Nostalgia Parah!

3. Kamu harus menyadari bahwa mengikuti tren hanya membuang-buang waktu

5 Cara Sederhana agar Kamu Bisa Berhenti Mengikuti Tren Gak Pentingilustrasi menguping (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Jika sudah kecanduan mengikuti tren, kamu wajib merenung dan memikirkan terkait apa manfaatnya dari hal tersebut. Kamu bisa menyadari bahwa hal tersebut merupakan sesuatu yang membuang-buang waktu saja. Ingatlah bahwa usiamu akan terus bertambah seiring berjalannya waktu.

Jangan biarkan umurmu terbuang sia-sia dan dihabiskan dengan mengikuti tren di media sosial. Lagipula, tren di media sosial itu bersifat tidak bisa habis. Jika terus mengikutinya, kamu pasti bakal ketagihan sampai kapan pun.

4. Kamu bisa fokus ke hal-hal yang bermanfaat bagi hidupmu

5 Cara Sederhana agar Kamu Bisa Berhenti Mengikuti Tren Gak Pentingilustrasi bekerja (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Daripada mengikut tren gak penting, alangkah lebih baik jika kamu mulai fokus melakukan hal-hal bermanfaat bagi hidupmu. Salah satu contohnya adalah kamu bisa mulai memperbaiki diri dan kualitas skills untuk mempersiapkan masa depanmu nanti.

Gunakanlah waktumu sebijak mungkin sebab hal tersebut tidak akan terulang lagi. Maka dari itu, mulai sekarang coba deh untuk lebih dewasa dalam menjalani hidup. Jangan sia-siakan hidupmu untuk melakukan tren kekinian sebab hal itu sesungguhnya tidak ada gunanya.

5. Carilah partner yang bisa menjagamu dari hal-hal buruk

5 Cara Sederhana agar Kamu Bisa Berhenti Mengikuti Tren Gak Pentingilustrasi pertemanan (unsplash.com/Dim Hou)

Pada dasarnya, manusia merupakan makhluk sosial yang gak bisa hidup tanpa bantuan orang lain. Agar bisa melepas kebiasaan mengikut tren, kamu wajib menemukan sesosok partner yang bisa membantumu menjauh dari sana. Hal itu terjadi karena lingkungan sosial bakal memengaruhi bagaimana dirimu.

Jika kamu berkumpul dengan orang-orang yang bijak dalam menggunakan waktu, kebiasaan tersebut pasti bakal hilang. Oleh karena itu, carilah teman yang bisa mengentaskan semua kebiasaan buruk tersebut demi kebaikan dirimu. Mereka pasti akan dengan senang hati membantumu terlepas dari sana.

 

Janganlah kamu mengikuti tren-tren yang sedang hype secara berlebihan sebab hal tersebut hanya membuang-buang waktu. Lakukan kelima cara di atas agar kamu bisa terlepas dari kebiasaan buruk tersebut. Yuk, berubah menjadi lebih baik!

Baca Juga: Selalu Tampil Stylish, 5 Zodiak Ini Selalu Mengikuti Tren Fashion!

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya