Comscore Tracker

Wajib Membiasakan 5 Hal Positif Agar Gak Mudah Makan Hati

Jangan mudah baper ya!

Dalam kehidupan sehari, kita memang dihadapkan kepada banyak orang yang memiliki pola pikir berbeda-beda. Terkadang karena perbedaan tersebut, seseorang cenderung makan hati akibat pendapatnya tidak dihargai atau ditolak secara mentah-mentah.

Rasa baper pasti akan timbul dalam diri dan dapat membuat pikiran menjadi kalut. Namun ingatlah bahwa hal tersebut juga akan menimbulkan banyak dampak negatif. Agar hal itu tak terjadi, ada beberapa cara yang dapat membantu untuk tidak mudah makan hati. Untuk penjelasannya, simak pembahasan ini.

1. Selalu menghargai pendapat orang lain

Wajib Membiasakan 5 Hal Positif Agar Gak Mudah Makan Hatipexels.com/fauxels

Pernahkah kamu mendengar istilah yang namanya hukum timbal balik? Hal tersebut memang benar adanya dan banyak orang yang telah membuktikannya. Maka dari itu jika kamu ingin tak mudah makan hati, cobalah untuk menghargai oramg lain terlebih dahulu.

Percayalah bahwa jika kamu banyak menghargai, maka orang juga akan melakukan hal yang sama kepadamu. Hal tersebut dapat meminimalisir makan hati yang mungkin akan didapat ketika berinteraksi dengan orang lain. Mulai sekarang cobalah untuk senantiasa menghargai pendapat ya!

2. Tak pernah overthinking terhadap sesuatu yang seharusnya gak dipikirkan

Wajib Membiasakan 5 Hal Positif Agar Gak Mudah Makan Hatipexels.com/andrea piacquadio

Setiap oramg memang tal bisa terlepas dari yang namanya sikap overthinking. Hal itu sebenarnya tidak perlu dilakukan karena hanya akan membebani diri. Cobalah untuk senantiasa berpikir positif agar tak ada kegelisahan yang menyelimuti hati.

Tidak usah mendengarkan perkataan orang lain jika hal itu membuatmu merasa tertekan. Terapkan prinsip let it flow dalam menjalani hidup. Meskilun cukup susah untuk menghilangkan kebiasaan overthinking, namun percayalah bahwa segala sesuatu yang dilakukan dengan konsisten pasti akan membuahkan hasil positif.

3. Selalu menghargai diri sendiri melebihi apapun

Wajib Membiasakan 5 Hal Positif Agar Gak Mudah Makan Hatipexels.com/kelvin valerio

Selain menghargai orang lain, kamu juga wajib untuk melakukan hal tersebut kepada diri sendiri. Jangan sampai kamu mengorbankan kebahagiaanmu sendiri hanya sekadar untuk membuat orang lain merasa senang. Hal tersebut pasti akan merugikan dirimu karena hanya menyebabkan makan hati.

Oleh karena itu mulai sekarang cobalah untuk menghargai diri sendiri. Jika ada seseorang yang meminta bantuanmu, usahakan bahwa kamu memang memiliki tenaga untuk menolongnya. Jika tidak, jangan memaksakan karena hal tersebut hanya akan menyiksa diri sendiri.

Baca Juga: 8 Hal Positif yang Muncul Semenjak Terjadinya Pandemi, Ada Hikmahnya

4. Sebisa mungkin menghindari perdebatan yang tak ada ujungnya 

Wajib Membiasakan 5 Hal Positif Agar Gak Mudah Makan Hatipexels.com/katii bishop

Setiap orang memang memiliki jalan pikiran sendiri-sendiri jika dihadapkan pada suatu kasus. Hal tersebut dapat memantik sebuah perdebatan yang bisa menyebabkan pertikaian. Jika kamu tidak ingin terjebak dalam konflik yang dapat menimbulkan makan hati tersebut, cobalah untuk sebisa mungkin menghindari perdebatan.

Sebenarnya berdebat itu diperlukan agar tidak ada kesalahpahaman di antara semua pihak. Namun jika itu adalah debat kusir, kamu wajib menjauhinya karena tidak ada manfaat yang akan didapatkan. Oleh karena itu mulai sekarang cobalah untuk selalu selektif jika ingin berdebat dengan seseorang.

5. Membangun relasi dengan orang-orang berkualitas 

Wajib Membiasakan 5 Hal Positif Agar Gak Mudah Makan Hatipexels.com/ELEVATE

Pernahkah kamu mendengar bahwa pribadi setiap orang itu tergantung bagaimana lingkungan sosialnya? Hal itu memang benar adanya karena setiap manusia memang diciptakan untuk mudah terbawa arus. Dengan adanya hal tersebut, alangkah lebih baik jika kamu bisa mencari teman yang berkualitas.

Jangan berteman dengan orang-orang toksik yang hanya akan merusak hidupmu. Cobalah untuk selektif dalam mencari kawan. Jika hal tersebut dilakukan, maka percayalh bahwa kamu tidak akan mudah baperan meskipun beban yang dipikul terasa berat.

Itulah kelima hal yang wajib dibiasakan agar kamu tak mudah makan hati. Buang jauh-jauh sikap baperan ya!

Baca Juga: 5 Hal Positif yang Akan Didapat Jika Kamu Mengedepankan Kesederhanaan

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya