Comscore Tracker

Jika Terlalu Bergantung pada Smartphone, 5 Hal Ini akan Terjadi Padamu

Media sosial telah merebut "dunia sosial" yang sesungguhnya 

Kehadiran smartphone membuat manusia lupa akan pentingnya sosialisasi. Hal itu terjadi karena fitur-fitur dari smartphone sendiri mengubah adanya sosialisasi yang seharusnya di kehidupan nyata, dikemas menjadi sangat mudah di dunia maya, yaitu media sosial.

Hal itu membuat seseorang sangat tergantung pada smartphone dan membuat munculnya fenomena smartphone zombie atau smombie. Fenomena tersebut terjadi ketika seseorang hanya fokus menatap ponselnya meskipun berada di lingkungan luar tanpa memedulikan yang lain.

Hal itu membuat seseorang hanya menunduk dan berjalan layaknya zombie. Jika dilakukan secara terus menerus, hal itu malah membuat beberapa dampak buruk bagi kehidupan. Berikut pemaparannya.

1. Mengurangi tingkat kepedulian

Jika Terlalu Bergantung pada Smartphone, 5 Hal Ini akan Terjadi Padamuunsplash.com/shane

Tidakkah kamu sadar jika bermain ponsel secara terus menerus akan mengurangi tingkat kepedulian? Buktinya adalah ketika seseorang di sekitarmu membutuhkan bantuan, kamu akan acuh dengan hal itu, bahkan mungkin tidak mengetahuinya.

Hal tersebut bisa terjadi karena pandangan matamu hanya berfokus pada ponsel, tidak di lingkungan sekitarmu. Jika hal seperti itu terus dilakukan, maka orang-orang di sekitarmu juga tidak akan memedulikanmu.

Intinya adalah semua hal pasti ada balasannya. Suatu saat kamu pasti membutuhkan bantuan orang-orang agar membantu masalahmu.

2. Kamu tidak akan peka terhadap lingkungan sekitar 

Jika Terlalu Bergantung pada Smartphone, 5 Hal Ini akan Terjadi Padamuunsplash.com/alex iby

Kepekaan seseorang menjadikan orang tersebut suka membantu lingkungan sekitar. Seperti yang kita ketahui bahwa hakikat manusia itu sebagai makhluk sosial yang berarti tidak akan bisa hidup tanpa bantuan orang lain. Hadirnya ponsel membuat kamu akan buta terhadap orang-orang yang membutuhkan bantuanmu.

Memang tidak sepenuhnya ponsel disalahkan akan hal itu, tetapi tergantung orang yang memakainya. Jika sedang berada di lingkungan sosial, cobalah untuk tidak membuka ponsel sama sekali dan hanya fokus untuk bersosialisasi dengan orang lain. Hal itu pasti akan menguntungkanmu di kemudian hari ketika kamu sedang merasa kesulitan.

Baca Juga: 5 Filosofi Hidup dari Smartphone di Genggamanmu yang Penuh Makna!

3. Susah mendapatkan teman baru di dunia nyata

Jika Terlalu Bergantung pada Smartphone, 5 Hal Ini akan Terjadi Padamuunsplash.com/ethan sykes

Media sosial yang ada di smartphone membuat orang-orang mudah menemukan teman baru, tetapi di dunia maya. Padahal kategori teman sejati itu bisa didapatkan ketika kamu menemuinya di dunia nyata. Memang kita tidak dapat digeneralisir bahwa semua teman di dunia maya itu tidak baik.

Namun dalam realitanya, yang akan membantumu jika kamu sedang dalam kesusahan dan langsung menolong adalah teman di dunia nyata. Hal itu dapat menjadi patokan mengapa kamu sangat perlu memiliki banyak teman di dunia nyata.

4. Sikap ketergantungan yang berlebihan

Jika Terlalu Bergantung pada Smartphone, 5 Hal Ini akan Terjadi Padamuunsplash.com/nordwood themes

Pasti kebanyakan dari kalian ketika bangun tidur hal yang pertama dilakukan adalah mencari keberadaan smartphone, benar bukan? Hal itu dapat dijadikan bukti bahwa kalian sangat bergantung pada sebuah ponsel. Hal itu sebenarnya tidak merugikanmu jika kamu tau takarannya.

Ketergantungan terhadap ponsel akan membuatmu sulit berkembang. Kamu sangat perlu untuk mengasah kemampuanmu agar bisa bertahan hidup di dunia yang sebenarnya. Ketergantungan terhadap ponsel akan membuatmu malas untuk menekuni sebuah kegiatan-kegiatan yang bermanfaat.

5. Susah mendapatkan pengalaman baru 

Jika Terlalu Bergantung pada Smartphone, 5 Hal Ini akan Terjadi Padamupexels/engin akyurt

Pepatah pernah mengatakan bahwa guru terbaik dalam hidup adalah sebuah pengalaman. Maksud dari kalimat tersebut adalah kamu dituntut untuk mencari pengalaman yang sebanyak-banyaknya agar bisa bermanfaat bagi kehidupanmu.

Pengalaman biasanya didapatkan ketika kamu mulai bersosialisasi dengan orang banyak. Bersosialisasi dapat dimulai ketika kamu menjauhi hal-hal yang membuatmu malas, salah satunya adalah bergantung pada smartphone.

Cobalah untuk mencari pengalaman baru, di situlah kamu juga akan bisa mendapatkan banyak teman. Bergantung pada smartphone akan membuatmu sulit untuk mengembangkan diri

Itulah kelima hal buruk yang akan didapat jika kamu terlalu bergantung pada smartphone. Intinya adalah semua hal yang dikerjakan melebihi takaran itu pasti akan merugikanmu. Oleh karena itu jangan berlebihan ketika suka terhadap sesuatu.

Baca Juga: Yuk Biasakan, 6 Kegiatan Produktif Ini Bisa Dilakukan lewat Smartphone

Hamas Nurhan Photo Verified Writer Hamas Nurhan

Find me on instagram as @hamasnurhan_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya