Comscore Tracker

5 Cara Menikmati Hidup Tanpa Dipenuhi Tekanan Batin, Coba Deh!

Apakah kamu sudah terbiasa menikmati hidup? #IDNTimesLife

Setiap orang pasti ingin hidupnya dipenuhi dengan hal-hal baik. Namun pada kenyataannya, mewujudkan hal baik agar tetap terjadi bukanlah sesuatu yang mudah. Terkadang kamu akan merasakan banyak keburukan sehingga membuat hidup menjadi kacau.

Hal tersebut tentunya akan membuatmu menjadi menderita tekanan batin. Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar kamu bisa menikmati hidup dan menjauhkan diri dari tekanan batin. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai hal tersebut, simak pembahasannya berikut ini.

1. Jangan terlalu memikirkan apa pun omongan buruk orang lain

5 Cara Menikmati Hidup Tanpa Dipenuhi Tekanan Batin, Coba Deh!Ilustrasi merenung (pexels.com/BARBARA RIBEIRO)

Apakah kamu termasuk seseorang yang sering mempertimbangkan omongan buruk orang lain? Sebenarnya hal tersebut gak perlu dilakukan sebab sejatinya kamu harus fokus terhadap diri sendiri.

Lagipula kamu gak akan bisa membuat semua orang menyukaimu. Cobalah untuk tetap melakukan apa yang kamu inginkan asalkan hal tersebut tersebut tidak menganggu kehidupan orang lain secara langsung.

2. Sering-seringlah memberikan penghargaan kepada diri sendiri

5 Cara Menikmati Hidup Tanpa Dipenuhi Tekanan Batin, Coba Deh!Ilustrasi me time (pexels.com/sarah chai)

Memberikan self-reward merupakan sebuah metode yang sangat ampuh agar hidupmu bisa tenteram. Ketika berhasil meraih sebuah pencapaian, jangan pernah lupa untuk mengucapkan terima kasih kepada diri sendiri. Semua keberhasilan yang diraih itu atas jerih payahmu sendiri.

Lakukan hal tersebut agar kamu merasa dihargai sehingga semua beban yang harus dipikul tidak terlalu berat. Lagipula kamu juga harus menikmati semua pencapaian yang ada, bukan? Selagi masih bisa bersyukur, lakukan hal tersebut secara totalitas agar hidupmu dijauhkan dari yang namanya tekanan batin.

Baca Juga: 5 Cara Sederhana Meningkatkan Self Love pada Diri Sendiri

3. Cobalah untuk tidak membohongi perasaan sendiri

5 Cara Menikmati Hidup Tanpa Dipenuhi Tekanan Batin, Coba Deh!Ilustrasi merenung (pexels.com/Trần Long)

Kebanyakan orang masih sering membohongi diri sendiri untuk memertahankan citra. Ketika sedang bersedih, terkadang seseorang bersikap sok kuat agar tidak dicap sebagai manusia lemah. Namun pada dasarnya hal tersebut merupakan sebuah metode untuk membohongi diri sendiri.

Jika hal itu terus dilakukan, maka kamu pasti akan merasa tersiksa. Mulai sekarang coba deh untuk berani jujur terhadap diri sendiri perihal perasaan. Lagipula setiap orang pasti memiliki kekuatan hati yang berbeda-beda, kok! Jika sedang bersedih, jangan ragu untuk meluapkannya, ya!

4. Carilah teman-teman yang sefrekuensi perihal apa pun

5 Cara Menikmati Hidup Tanpa Dipenuhi Tekanan Batin, Coba Deh!Ilustrasi papan luncur (pexels.com/allan mas)

Sebagai seorang manusia, kita memang ditakdirkan untuk selalu membangun hubungan baik antar sesama. Kehadiran orang lain dalam hidup kita akan menjadikan sebuah hal yang sangat menyenangkan, bahkan juga sebaliknya.

Semua itu tergantung bagaimana caramu menyaring lingkaran pertemanan. Oleh karena itu, cobalah untuk bisa mencari teman yang benar-benar sefrekuensi agar hidupmu lebih tenteram.

5. Bergaya hiduplah sesuai kemampuan dompetmu tanpa harus memaksakannya

5 Cara Menikmati Hidup Tanpa Dipenuhi Tekanan Batin, Coba Deh!Ilustrasi uang (pexels.com/karolina grabowska)

Akhir-akhir ini banyak orang yang sering bergaya hidup dengan ikut-ikutan tren belaka. Hal itu biasanya terjadi karena orang tersebut ingin dianggap sebagai yang paling gaul. Padahal sejatinya kamu itu harus memiliki gaya hidup sesuai isi kantong.

Jangan terlalu bergantung kepada perkataan orang lain jika ingin meraih kebahagiaan. Terkadang kamu juga perlu memiliki gaya hidup sesuai keinginan diri sendiri. Jika hal itu dilakukan, maka tidak akan ada tekanan batin di dalam hidupmu.

Dari kelima cara menikmati hidup yang telah disebutkan di atas, apakah kamu sudah melakukan salah satunya? Hidup itu hanya sekali, cobalah sebisa mungkin untuk menikmatinya agar tidak menyesal di masa tua nanti.

Baca Juga: 5 Tips dalam Menyikapi Keputusan Hidupmu yang Diremehkan Orang Lain

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya