Comscore Tracker

Hindari! 5 Hal yang Membuat Iri Terhadap Pencapaian Orang Lain

Yuk saatnya mulai fokus untuk menata diri sendiri!

Tahukah kalian rasa iri yang timbul dalam diri sangat berdampak buruk terhadap kemajuan seseorang. Pasalnya, rasa iri menjadikan semua pekerjaan yang dilakukan menjadi tidak ikhlas. Rasa iri menjadikan seseorang mudah cemas, khawatir, dan gengsi ketika apa yang dilihat lebih baik darinya.

Perlunya menghindari beberapa hal agar tidak menimbulkan sifat iri muncul. Percayalah memiliki hati yang tenang dan damai sangat mendukung dalam melakukan produktivitas kerja. Adakalanya seseorang harus bodoamat agar tidak menimbulkan was-was yang berlebihan sehingga mudah iri. 

Yuk, kenali lima hal yang membuat seseorang gampang iri terhadap orang lain agar bisa terhindar dari sifat tersebut.

1. Sering stalking media sosial orang lain

Hindari! 5 Hal yang Membuat Iri Terhadap Pencapaian Orang Lainpexels.com/Andrea Piacquadio

Mulai dari sekarang berhenti untuk buang-buang waktu dengan stalking media sosial orang lain jika dirasa sangat tidak penting. Apalagi jika sering stalk media sosial orang terdekat yang dirasa sangat memperdaya kamu untuk bisa iri terhadapnya. Biasanya dari media sosial seseorang bisa tahu cerita keseharian orang lain.

Dari cerita tersebut mungkin ada beberapa konten cerita yang bisa membuat seseorang menjadi iri. Jadi sebagai pengguna media sosial yang bijak jangan terlalu sering menguntit akun orang lain sampai akar-akarnya.

Jika memang ada konten yang mengganggu kamu, segeralah di skip. Hal itu dikarenakan bisa menjadikan seseorang timbul rasa iri, sebaiknya alihkan perhatian tersebut dengan melakukan kegiatan yang positif supaya tidak terpengaruh.

2. Sering membicarakan orang lain

Hindari! 5 Hal yang Membuat Iri Terhadap Pencapaian Orang Lainunsplash.com/toa heftiba

Membicarakan orang lain memang harus bisa memilih konten yang dibahas. Jangan sampai terlalu asyik membicarakan orang lain malah berujung pada gosip. Boleh saja membicarakan seseorang yang memiliki impact besar terhadap kehidupan kalian. Namun jangan membicarakan orang lain hanya untuk merendahkan.

Jika seseorang tetap berada pada circle pertemanan yang suka membicarakan orang, maka bisa dipastikan hal itu akan menjadi kebiasaan nantinya. Yuk, mulai sekarang fokus terhadap diri sendiri jangan terlalu fokus pada kehidupan orang lain.

3. Membandingkan prestasi

Hindari! 5 Hal yang Membuat Iri Terhadap Pencapaian Orang Lainpexels.com/Skitterphoto

Mungkin dari kalian pernah membandingkan prestasi dengan orang lain. Ketahuilah sering membandingkan prestasi hanya akan menimbulkan rasa iri di dalam diri. Bukankah setiap orang itu memiliki jalan suksesnya masing-masing?

Dengan adanya hal tersebut, untuk apa sih membandingkan prestasi orang lain? Percayalah bahwa hal tersebut hanya akan membuatmu makan hati saja. Maka dari itu mulai sekarang cobalah untuk lebih fokus terhadap dirimu sendiri.

Baca Juga: Suka Iri Melihat Kelebihan Teman Sendiri? Ini 5 Cara Mengatasinya

4. Sering kepo terhadap kesuksesan orang lain

Hindari! 5 Hal yang Membuat Iri Terhadap Pencapaian Orang Lainpexels.com/JESHOOTS.com

Apakah kamu sering kepo terhadap kesuksesan orang lain? Percaya deh kalau hal tersebut hanya akan memunculkan rasa iri. Kamu pasti akan membandingkan kesuksesan orang lain dengan diri sendiri. Alhasil kamu akan mudah overthinking sehingga berdampak buruk bagi kesehatan mentalmu. Fokus ke diri sendiri aja deh!

5. Terlalu fokus terhadap kelebihan orang lain

Hindari! 5 Hal yang Membuat Iri Terhadap Pencapaian Orang Lainpexels.com/Ketut Subiyanto

Sebelumnya telah disebutkan bahwa setiap orang pasti punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Percayalah bahwa terlalu fokus terhadap kelebihan orang lain akan membuatmu mudah membandingkan diri.

Kamu pasti terlalu sibuk melihat bagaimana kelebihan orang lain sampai lupa untuk mengembangkan diri. Percayalah bahwa hal tersebut tentunya akan membuatmu menjadi orang yang gak percaya terhadap kemampuan diri sendiri.

Rasa iri yang ada di dalam diri memang harus segera diatasi. Cobalah untuk melakukan kelima hal di atas agar kamu bisa lebih fokus terhadap jalan hidupmu sendiri.

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Kamu Ingat ketika Iri Melihat Pencapaian Orang Lain

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya