Comscore Tracker

Susah Paham saat Belajar Hal Baru? Buang Jauh-jauh 5 Kebiasaan Ini!

Belajar hal baru itu gak susah, kok!

Mempelajari hal baru merupakan sesuatu yang wajib dilakukan. Hal tersebut akan membuatmu me jadi manusia yang lebih berkualitas. Apalagi seiring berjalannya waktu, dunia akan terus mengalami perkembangan. Diperlukan adanya kemauan untuk berdaptasi dalam diri agar bisa tetap bertahan hidup.

Namun mempelajari hal-hal baru bukanlah sebuah hal yang cukup mudah. Terkadang kamu harus memiliki tekad yang cukup kuat agar hal tersebut bisa tertanam di dalam diri. Ada beberapa kebiasaan yang harus dibuang agar kamu mudah mempelajari hal baru. Untuk penjelasannya, simak pembahasan ini.

1. Masih sering merasa 'sok pintar' dan paham terkait hal baru

Susah Paham saat Belajar Hal Baru? Buang Jauh-jauh 5 Kebiasaan Ini!Ilustrasi sombong (pexels.com/sora shimazaki)

Siapa nih yang masih sering merasa 'sok pintar' saat sedang mempelajari hal baru? Hal tersebut tentunya akan membuatmu susah mempelajarinya sebab cenderung meremehkannya. Kamu menganggap hal baru itu hanya sekadar sesuatu yang sungguh sepele. Dengan adanya hal itu, ilmu terkait hal baru tersebut tidak akan masuk ke dalam otakmu.

2. Masih malas melakukan trial and error

Susah Paham saat Belajar Hal Baru? Buang Jauh-jauh 5 Kebiasaan Ini!Ilustrasi lelah (pexels.com/andrea piacquadio)

"Trial and error" merupakan sesutau yang wajib dilakukan agar ilmu baru tersebut bisa kamu adaptasikan dalam hidup. Hal itu maksudnya adalah kamu perlu mencobanya secara berulang kali sehingga menemukan komposisi yang pas. Namun untuk melakukan hal tersebut dibutuhkan waktu yang tidak singkat.

Kamu harus melakukan riset secara berulang agar bisa menemukan hasil terbaik. Jika ingin ilmu-ilmu baru bisa masuk dalam otakmu, cobalah untuk melakukan hal tersebut secara konsisten dan serius.

Baca Juga: 5 Alasan Paling Logis kenapa Kita Harus Terus Belajar dalam Hidup

3. Masih sering belajar hanya dari satu referensi

Susah Paham saat Belajar Hal Baru? Buang Jauh-jauh 5 Kebiasaan Ini!Ilustrasi belajar (pexels.com/sora shimazaki)

Mempelajari suatu hal dari berbagai referensi dapat memudahkanmu dalam menguasainya. Namun kebanyakan orang masih cenderung suka mempelajari sesuatu hanya dari satu sumber saja. Padahal hal tersebut bisa dikatakan kurang efektif karena kamu gak akan mengetahui kelemahannya.

Mempelajari sesuatu dengan cara mencari sumber yang berbeda-beda akan membuatmu lebih kritis. Oleh karena itu mulai sekarang jangan malas untuk menggali referensi lain agar hal baru tersebut bisa cepat kamu kuasai, ya!

4. Tidak memberanikan diri untuk aktif bertanya

Susah Paham saat Belajar Hal Baru? Buang Jauh-jauh 5 Kebiasaan Ini!Ilustrasi belajar (pexels.com/anna shvets)

Jika ada forum untuk mempelajari hal baru, kamu wajib mengikutinya dengan sungguh-sungguh. Salah satu caranya adalah dengan aktif bertanya jika kamu memang tidak mengetahui apa yang dimaksud. Jangan malu untuk menanyakan ketidaktahuanmu sebab kamu berhak mendapatkan ilmu baru. Simpan rasa malumu untuk sementara waktu, ya!

5. Niat belajarmu masih setengah-setengah

Susah Paham saat Belajar Hal Baru? Buang Jauh-jauh 5 Kebiasaan Ini!Ilustrasi malas (pexels.com/andrea piacquadio)

Apakah kamu sudah memiliki niat kuat untuk belajar hal baru? Niat merupakan sebuah hal yang dapat menentukan bagaimana hasil dari belajarmu. Jika kamu masih setengah-setengah, percayalah bahwa berbagai macam ilmu baru tidak akan masuk ke dalam otakmu.

Cobalah untuk mendedikasikan waktu dan tenagamu dalam mempelajari hal baru. Meskipun itu memerlukan effort lebih, percayalah bahwa hasil maksimal akan didapat nantinya di akhir.

Buanglah kelima kebiasaan di atas agar banyak ilmu baru yang bisa dengan mudah masuk ke dalam otakmu. Gantilah dengan beberapa kegiatan positif seperti mempelajari skill penunjangnya ya, guys!

Baca Juga: 5 Tips Belajar Meditasi untuk Pemula yang Jarang Diketahui, Perlu Coba

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya