Comscore Tracker

Jika Masih Lakukan 5 Hal, Kondisi Keuanganmu Dicap Buruk

Apakah kondisi keuanganmu masih belum stabil?

Kondisi finansial yang baik akan membuat seseorang mudah menjalani kehidupan sehari-hari. Apalagi sejatinya uang merupakan sebuag komponen yang dapat membuat seseorang bertahan hidup. Belajar mengelola keuangan adalah hal wajib sebab itu merupakan kunci kebahagiaan hidupmu.

Namun pada kenyataannya tidak semua orang bisa memiliki kondisi finansial yang baik karena sikapnya sendiri. Ada beberapa hal yang dapat mencerminkan bagaimana buruknya kondisi keuanganmu. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai hal tersebut, simak pembahasan berikut ini.

1. Kamu masih buta akan investasi

Jika Masih Lakukan 5 Hal, Kondisi Keuanganmu Dicap Burukpexels.com/furkanfdemir

Siapa nih yang masih tidak tahu sama sekali perihal investasi? Jika kamu salah satu dari kaum tersebut, percayalah bahwa kondisi keuanganmu sedang tidak baik-baik saja. Seseorang yang memiliki kondisi finansial sehat itu cenderung memaksimalkan instrumen investasi dalam roda keuangannya.

Investasi dapat berupa emas, reksa dana, tanah, ilmu, dan lainnya. Jika kamu masih buta investasi, percayalah bahwa keuanganmu akan susah berkembang. Sebelum terlambat, coba pelajari perihal investasi agar kondisi keuanganmu semakin membaik.

2. Kamu masih belum menyiapkan dana darurat

Jika Masih Lakukan 5 Hal, Kondisi Keuanganmu Dicap Burukpexels.com/andrea piacquadio

Dana darurat merupakan sebuah instrumen yang sangat penting agar keuanganmu tetap on-track. Maksudnya di sini adalah dana darurat biasanya dipakai ketika ada pengeluaran secara tiba-tiba dan tanpa sengaja. Hal itu dapat mencegahmu untuk mengambil uang tabungan atau kebutuhan pokok sehingga kestabilannya tetap terjaga.

3. Arus keluar masuk kas masih belum kamu catat

Jika Masih Lakukan 5 Hal, Kondisi Keuanganmu Dicap Burukpexels.com/andrea piacquadio

Mencatat arus keluar masuk kas merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan. Hal itu ditujukan agar kamu bisa mengatur cashflow sehingga keuanganmu bisa terjaga kestabilannya. Dengan melakukan hal tersebut, kamu pasti akan dihindarkan dari keborosan.

Semuanya pasti akan tercatat dengan rapi sehingga tidak ada pengeluaran secara berlebihan. Maka dari itu mulai sekarang cobalah untuk mencatat arus kas keluar masuk agar kondisi finansialmu terjaga.

Baca Juga: 4 Tips Mengelola Keuangan selama Bulan Puasa

4. Kamu masih sering belanja sesuatu yang tak penting

Jika Masih Lakukan 5 Hal, Kondisi Keuanganmu Dicap Burukpexels.com/negative space

Setiap manusia memang diciptakan dengan memiliki sifat konsumtif. Dengan adanya hal tersebut, setiap orang dituntut untuk bisa menjaga pola konsumsi agar tidak malah menjadi blunder. Jika saat ini kamu masih sering berbelanja sesuatu kurang urgent, percayalah bahwa kondisi finansialmu sedang buruk. Hal itu karena kamu masih belum bisa menjaga laju pengeluaran sehingga menjadi berlebihan.

5. Kamu masih bersikap boros padahal utang masih banyak

Jika Masih Lakukan 5 Hal, Kondisi Keuanganmu Dicap Burukpexels.com/andrea piacquadio

Ketika masih memiliki utang, sebisa mungkin cobalah untuk bersikap hemat. Janganlah kamu malah berfota-foya di atas keuanganmu yang masuh bum stabil. Cobalah untuk melunasi utang terlebih dahulu sebum me ingkatkan standar hidup.

Utang merupakan sebuah hal yang bisa saja menjadi bom waktu. Ketika gajian di awal bulan, dedikasikan tujuan awal pengeluaranmu untuk membayar utang. Hal tersebut dilakukan agar kondisi keunganmu bisa tetap stabil.

Cobalah untuk memperbaiki kondisi finansialmu karena hal tersebut merupakan kunci dari kesejahteraan hidupmu dalam sehari-hari. Jangan ditunda lagi, ya!

Baca Juga: 5 Rekomendasi Buku yang Dapat Ubah Cara Kamu Mengatur Keuangan 

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya