Comscore Tracker

6 Tanda Kamu Alami Self Loathing, Terlalu Membenci Diri Sendiri

Semoga kamu gak mengalaminya ya

Self loathing atau juga disebut self hatred adalah keadaan saat seseorang terlalu membenci dirinya sendiri. Mengkritik diri sendiri untuk beberapa kesalahan adalah hal yang normal, agar dapat memperbaiki kesalahan tersebut di kemudian hari. Namun, jika terus-menerus menyalahkan diri sendiri, hingga cenderung merasa tidak berharga bisa menjadi tanda self loathing. Terlalu membenci diri sendiri dapat mengganggu kesehatan mental, hingga menjadi gangguan kecemasan dan depresi.

Self loathing bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti trauma, lingkungan yang buruk dan memberi pengaruh negatif, serta bisa juga dari diri sendiri yang merasa rendah diri. Orang yang mengalami self loathing lebih rentan mengalami gangguan mental, oleh karena itu yuk kenali tanda-tanda self loathing agar bisa menanganinya.

1. Merasa gagal total hanya dari sedikit kesalahan

6 Tanda Kamu Alami Self Loathing, Terlalu Membenci Diri Sendiripexels/ pixabay

Setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan dan merasakan kegagalan. Namun, hanya karena satu kesalahan atau kegagalan bukan berarti hidupmu hancur. Seseorang dengan self loathing akan merasa seluruh hidupnya gagal hanya karena satu kesalahan. Misalnya berpikir bahwa hidupnya sudah gagal karena tidak lulus ujian.

2. Hanya fokus pada hal yang negatif

6 Tanda Kamu Alami Self Loathing, Terlalu Membenci Diri Sendiripexels/ Nathan Cowley

Saat menjalani aktivitas sehari-hari adalah hal yang normal jika kamu mengalami sesuatu yang buruk. Misalnya dimarahi oleh atasan, kehilangan sesuatu, dan lainnya. Namun pasti tetap ada banyak hal positif yang kamu alami. Misalnya cuaca yang cerah, mendapat nilai yang bagus, atau mendapat pekerjaan baru. Jika kamu mengalami self loathing, maka kamu hanya akan fokus terhadap hal yang negatif, seakan tidak ada kebaikan yang terjadi dalam hidupmu.

3. Rasa percaya diri yang rendah

6 Tanda Kamu Alami Self Loathing, Terlalu Membenci Diri Sendiripexels/ Andrew Neel

Apakah kamu selalu berpikir bahwa kamu orang yang tidak berguna, menyebalkan, atau tidak punya kelebihan? Jika iya, mungkin kamu membenci dirimu sendiri. Orang yang terlalu membenci dirinya sendiri selalu berpikir hal yang negatif tentang dirinya. Hal itu akan membuatnya tidak mempunyai rasa percaya diri dan cenderung menarik diri dari pergaulan.

Baca Juga: Stop Toxic Positivity, Lakukan 6 Hal ini Saat Sahabat Curhat Padamu

4. Iri terhadap orang lain dan merasa tidak akan bisa menyainginya

6 Tanda Kamu Alami Self Loathing, Terlalu Membenci Diri Sendiripexels/bruce mars

Selalu membandingkan diri sendiri dengan orang lain bisa jadi tanda self loathing. Orang yang merasa rendah diri akan iri terhadap orang lain yang lebih baik dan merasa tidak akan pernah bisa seperti orang tersebut. Hal itu akan membuat kamu beranggapan bahwa kamu sangat buruk. Padahal, setiap orang pasti mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing sehingga tidak perlu merasa minder dan rendah diri.

5. Menghindari berinteraksi dengan orang lain

6 Tanda Kamu Alami Self Loathing, Terlalu Membenci Diri Sendiripexels/ pixabay

Tidak percaya diri, minder terhadap orang lain, dan selalu merasa rendah diri akan membuatmu menarik diri dari lingkungan sosial. Orang dengan self loathing akan merasa bahwa dirinya tidak cukup baik untuk berteman dengan orang lain, melamar suatu pekerjaan, dan tidak mau mencoba hal yang baru. Hal itu akan membuatmu tidak mempunyai teman dan semakin terpuruk.

6. Tidak berani menargetkan hal yang besar karena takut gagal

6 Tanda Kamu Alami Self Loathing, Terlalu Membenci Diri Sendiripexels/ Startup Stock Photos

Saat menentukan target dan tujuan pasti ada rasa khawatir jika mengalami kegagalan. Hal itu bisa menjadi positif jika mendorongmu untuk berusaha lebih giat agar berhasil. Namun, jika kamu justru menurunkan targetmu karena takut gagal, maka bisa jadi kamu tidak percaya terhadap dirimu sendiri. Membuat target dan tujuan yang terlalu rendah karena takut gagal menandakan bahwa kamu tidak cukup baik untuk mencapai hal besar. Hal itu merupakan tanda bahwa kamu mengalami self loathing.

Itulah 6 tanda self loathing. Setiap orang pasti memiliki kekurangan dan kelebihan, tidak ada manusia yang sempurna. Oleh karena itu, jangan terlalu fokus terhadap kekuranganmu ya. Kamu juga perlu mengasah kelebihanmu.

Baca Juga: 5 Tanda Jika Toxic Positivity Bisa Pengaruhi Keadaan Mental Seseorang!

wiwit widiastuti Photo Verified Writer wiwit widiastuti

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya