Comscore Tracker

Sebelum Menuduh Tuhan Gak Adil, Pikirkan 5 Hal Ini Dulu!

Cobalah untuk berpikir positif!

Sejatinya, manusia itu gak akan selamanya hidup dalam kebahagiaan di dunia ini, suka dan duka pasti selalu mengiringi setiap kehidupan umat manusia. Namun, sangat sedikit dari kita yang bisa memahami perkara itu.

Ketika Tuhan memberikan sebuah ujian kepada kita, justru kadang kita seolah-olah menghakimi Tuhan dan menyalahkan bahwasanya Tuhan itu gak adil. Sebelum kamu berpikir demikian, alangkah baiknya kamu resapi beberapa hal berikut.

1. Sejatinya, kehidupan manusia gak akan pernah lepas dari yang namanya "Ujian"

Sebelum Menuduh Tuhan Gak Adil, Pikirkan 5 Hal Ini Dulu!unsplash.com/@riccardomion

Perlu kamu ketahui, bahwasanya kehidupan manusia itu gak akan pernah lepas dari yang namanya ujian. Jangan kamu menganggap bahwa hanya kamu saja yang Tuhan berikan ujian, sedangkan orang lain tidak. 

Orang yang kamu anggap hidupnya bahagia sekalipun, pasti pernah mendapatkan ujian. Namun, mereka lebih memilih bangkit dan tidak terpuruk dengan ujian yang menimpannya itu.

2. Tuhan memberikan ujian kepada manusia, dengan maksud untuk meningkatkan kehidupan manusia itu sendiri, tapi kenapa kita selalu berprasangka buruk terhadap rencana Tuhan?

Sebelum Menuduh Tuhan Gak Adil, Pikirkan 5 Hal Ini Dulu!unsplash.com/@tateisimikito

Sama halnya seperti di sekolah, setiap kali kita ingin naik kelas pasti selalu diadakan ujian terlebih dahulu. Begitu pula dengan kehidupan, ketika Tuhan ingin meningkatkan kehidupan manusianya menjadi lebih baik, maka Tuhan menurunkan sebuah ujian, dengan tujuan untuk mengukur sampai mana kemampuan umatnya. Akankah mereka tumbuh menjadi lebih baik lagi atau malah terpuruk dengan ujian yang Tuhan berikan.

Cobalah untuk tidak berprasangka buruk terhadap apa yang Tuhan berikan kepadamu, karena sejatinya Tuhan selalu punya rencana terbaik untuk kehidupan setiap umatnya.

3. Ujian yang Tuhan berikan bisa jadi karena kesalahan yang telah kita lakukan sendiri, cobalah untuk introspeksi!

Sebelum Menuduh Tuhan Gak Adil, Pikirkan 5 Hal Ini Dulu!unsplash.com/@riccardomion

Terkadang, kita lebih pandai dalam mencari kesalahan orang lain, tapi kita lupa akan kesalahan dan kekurangan diri sendiri. Maka dari itu, cobalah meluangkan waktu untuk introspeksi diri, pikirkan olehmu, bahwasanya ujian yang Tuhan berikan padamu bisa jadi adalah sebuah peringatan agar kamu segera memperbaiki diri.

Baca Juga: 5 Hal Ini Rezeki dari Tuhan, Sayangnya Selalu Kamu Keluhkan

4. Tuhan tidak akan memberikan ujian di luar batas kemampuan umatnya, lantas kenapa kita masih sering banyak mengeluh?

Sebelum Menuduh Tuhan Gak Adil, Pikirkan 5 Hal Ini Dulu!unsplash.com/@issam_hammoudii

Mungkin tidak sedikit dari kita, ketika Tuhan memberi cobaan pada hidup kita, kita justru mengeluh dan merasa bahwa hidup kitalah yang paling menderita. Bahkan sering terlintas di benak kita kenapa Tuhan memberikan ujian yang begitu berat pada hidup kita.

Sejatinya, ujian yang Tuhan berikan pada kita telah disesuaikan dengan kemampuan kita sendiri. Itu artinya kita mampu untuk melewati ujian yang menimpa hidup kita. Karena pada hakikatnya Tuhan juga tidak akan memberikan cobaan di luar batas kemampuan umatnya.

5. Ujian yang Tuhan berikan adalah salah satu proses untuk kemajuan hidupmu, cobalah bersabar dan nikmati proses itu!

Sebelum Menuduh Tuhan Gak Adil, Pikirkan 5 Hal Ini Dulu!unsplash.com/@joshuaearle

Ujian yang Tuhan berikan, mau tidak mau harus tetap kita jalani. Karena bagaimanapun, kelak kita akan menyadari bahwasanya ujian yang Tuhan berikan itu adalah bagian dari proses pendewasaan diri kita. Cobalah untuk bersabar dan nikmati prosesnya.

Apa yang terjadi padamu sekarang, merupakan bagian dari kesuksesanmu di masa depan. Tetaplah berpikir positif!

Baca Juga: Positif Saja, Mungkin Ini 5 Alasan Doamu Masih Belum Dikabulkan Tuhan

Tika Nurohmah Photo Community Writer Tika Nurohmah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You