Comscore Tracker

5 Tips Mengelola Keinginan dan Kebutuhan Sehari-hari, Harus Bisa!

Jangan sampai mengorbankan kebutuhan demi keinginan

Menjadi suatu hal yang normal apabila seseorang memiliki keinginan tersendiri terhadap suatu hal. Biasanya hal ini berkaitan dengan barang-barang atau tempat yang ingin dikunjungi.

Meski dinilai wajar, namun setiap orang juga harus memerhatikan tentang kebutuhannya. Banyak yang salah kaprah dalam membedakan antara kebutuhan dan keinginan, sehingga memengaruhi aktivitas sehari-hari. Supaya tidak sampai terkecoh akan hal ini, kamu perlu tahu beberapa tips dalam mengelola kebutuhan dan keinginan sehari-hari.

1. Selalu mencatat kebutuhanmu setiap bulannya

5 Tips Mengelola Keinginan dan Kebutuhan Sehari-hari, Harus Bisa!Ilustrasi skala prioritas (Pexels.com/Karolina Grabowska)

Kamu harus rutin memiliki catatan atas kebutuhanmu setiap bulannya. Hal ini dinilai sangat penting karena kebutuhan harus lah terpenuhi untuk menunjang aktivitas sehari-hari.

Pencatatan yang dilakukan juga sekaligus untuk memastikan bahwa tidak ada yang kurang dalam memenuhi kebutuhan sehari-harimu. Dengan cara ini, maka kamu bisa lanjut dengan keinginan selanjutnya.

2. Jangan tergoda dengan nama besar brand semata

5 Tips Mengelola Keinginan dan Kebutuhan Sehari-hari, Harus Bisa!Ilustrasi seorang wanita berbelanja (Unsplash.com/freestocks)

Banyak orang yang sering kali banyak tergoda dengan nama besar dari brand atau merek barang. Sebenarnya kebanyakan dari mereka akan cenderung melihat nilai barang tersebut.

Tidak ada yang salah atas hal ini, namun kamu perlu memerhatikan kemampuanmu juga. Jangan sampai justru kamu memprioritaskan nama besar dari brand, padahal kemampuan finansialmu minim.

Baca Juga: 5 Hal yang Seringkali Membuat Kebutuhan Rumah Tangga Jadi Sulit Hemat

3. Selalu pertimbangkan sebelum membeli sesuatu

5 Tips Mengelola Keinginan dan Kebutuhan Sehari-hari, Harus Bisa!Ilustrasi menggunakan kartu kredit (Pexels/energepic.com)

Ada banyak hal yang tidak dapat dilakukan secara sembarangan, termasuk membeli sesuatu. Kamu mungkin kadang kala tergoda untuk membeli pakaian atau hal-hal lainnya yang menunjang penampilan.

Membeli barang atas dasar keinginan tentu tidak salah, namun selalu pertimbangkan hal tersebut terlebih dahulu. Jika dirasa belum penting dan kemampuan finansial juga terbatas, maka jangan sampai memaksakan diri.

4. Menargetkan keinginan dalam jangka waktu tertentu

5 Tips Mengelola Keinginan dan Kebutuhan Sehari-hari, Harus Bisa!Ilustrasi transaksi uang tunai (Pexels.com/Karolina Grabowska)

Kata siapa finansial minim tidak boleh memiliki keinginan? Tentunya boleh-boleh saja selama kamu memiliki kesiapan dan kemampuan untuk dapat membelinya.

Salah satu caranya adalah dengan menargetkan keinginan yang ingin dicapai setiap bulannya. Dengan demikian, maka kamu bisa mengumpulkan uangnya terlebih dahulu.

5. Selalu memperhitungkan segala pengeluaran dan pendapatan

5 Tips Mengelola Keinginan dan Kebutuhan Sehari-hari, Harus Bisa!Ilustrasi beberapa gepok uang (Unsplash.com/Mufid Majnun)

Di balik semua kontrol keinginan dan kebutuhan, maka harus selalu ada ada pencatatan yang berkaitan dengan pengeluaran dan pemasukan. Kedua hal ini jelas akan memengaruhi kemampuanmu dalam mencukupi kebutuhan dan keinginan.

Selalu perhitungkan berapa pendapatan dan pengeluaranmu secara lebih terstruktur. Cara tersebut akan memudahkanmu dalam mempertimbangkan segala sesuatunya.

Ternyata memang tidak mudah dalam mengontrol keinginan dan kebutuhan. Kamu harus dapat menahan diri agar tidak melakukan hal-hal yang dapat menganggu perencanaan kebutuhanmu. Jangan hanya mengikuti keinginan, ya!

Baca Juga: 5 Tips agar Kamu Lebih Disiplin dalam Mengelola Waktu, Coba Yuk!

Andini Maulana Photo Verified Writer Andini Maulana

Terima kasih sudah membaca, semoga dapat memberikan manfaat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya