Comscore Tracker

Kalis Mardiasih, Penulis dan Pemerhati Isu Gender

#IWF2020 Kalis akan jadi salah satu pembicara yang hadir

Membaca bisa membuka cakrawala ilmu pengetahuan. Dalam acara IWF 2020 kita akan dipertemukan dengan banyak penulis berbakat, salah satunya adalah Kalis Mardiasih.

Setidaknya ada dua bukunya yang sudah diterbitkan, yaitu "Hijrah Jangan Jauh-Jauh, Nanti Nyasar!" serta "Muslimah yang Diperdebatkan". Dalam artikel ini IDN Times akan membahas tentang profil singkat dari Kalis, simak artikelnya untuk tahu lebih lanjut!

1. Merupakan lulusan studi pendidikan bahasa Inggris dari salah satu PTN

Kalis Mardiasih, Penulis dan Pemerhati Isu Genderinstagram.com/kalis.mardiasih

Kalis Mardiasih telah meraih gelar sarjana pada studi Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS). Perempuan kelahiran Blora ini telah aktif di bidang public speaking dan penulisan karya ilmiah sejak masa kuliahnya.

Selain itu, dirinya juga rutin membuat tulisan opini yang mengulik tentang isu-isu keperempuanan dalam perspektif Islam. Tulisannya tersebut bisa dilihat pada laman media sosial pribadinya serta beberapa media massa.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Penulis Bukan Profesi yang Bisa Kamu Anggap Gampang

2. Cukup vokal membicarakan tentang isu gender pada media sosialnya

Kalis Mardiasih, Penulis dan Pemerhati Isu Genderinstagram.com/kalis.mardiasih

Saat ini, Kalis merupakan salah satu aktivis muda dari Nahdlatul 'Ulama (NU). Ia juga menjadi salah satu anggota Sekretariat Nasional Jaringan Nasional Gusdurian.

Perempuan yang berulang tahun pada 16 Februari 1992 ini mulai dikenal namanya sejak secara vokal mengkritik salah satu postingan ustaz ternama. Tulisan kritik tersebut gak menjadi satu-satunya tulisannya yang mendapat sambutan bagus. Dirinya juga beberapa kali memenangkan aneka kompetisi menulis di tingkat nasional.

3. Telah menerbitkan dua buku, salah satunya berjudul "Muslimah yang Diperdebatkan"

Kalis Mardiasih, Penulis dan Pemerhati Isu Genderinstagram.com/kalis.mardiasih

Kini, penulis yang berasal dari Jawa Tengah ini sudah memiliki puluhan ribu pengikut pada akun media sosialnya. Ia beberapa kali menuliskan opininya terkait isu-isu hangat di sana.

Kalis banyak membahas tentang topik keislaman dan perempuan dalam tulisannya. Tulisannya pun telah diterbitkan menjadi dua buah buku, yaitu "Hijrah Jangan Jauh-Jauh, Nanti Nyasar!" serta "Muslimah yang Diperdebatkan".

Itu dia sekilas profil singkat dari Kalis Mardiasih. Nantikan kehadiran Kalis di IWF 2020, ya!

IDN Times menggelar Indonesia Writers Festival 2020. Acara yang juga dikenal dengan IWF 2020 ini adalah pertemuan independen yang berkomitmen untuk memberdayakan Indonesia melalui bidang menulis. Acara dengan slogan Empowering Indonesians Through Writing ini dilangsungkan pada 21 hingga 26 September 2020 melalui zoom dan Youtube channel IDN Times.

IWF 2020 sendiri menghadirkan lebih dari 20 pembicara kompeten di berbagai latar belakang seperti Nadin Amizah, Sal Priadi, Agus Noor, Ivan lanin, Tsana, Kalis Mardiasih, dan masih banyak lainnya.

Simak dan ikuti terus perkembangan IWF 2020 di situs kami, IDN Times.

Baca Juga: [WANSUS] Kalis: Urusan Gender Bukan Perempuan Saja, Tapi Juga Pria

Topic:

  • Pinka Wima
  • Arifina Aswati
  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya