Comscore Tracker

6 Doa Ini Penting Kamu Selipkan di Bulan Ramadan

#RamadanMasaKini Ada jaminannya, loh!

Banyak sekali keistimewaan Ramadan yang bisa diraih oleh orang-orang berpuasa secara maksimal. Satu di antaranya adalah membuat permohonan pada Allah alias berdoa. 

Rasulullah SAW bersabda: “Tiga orang yang do’anya tidak tertolak: orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil, dan do’a orang yang dizalimi.” (HR. Ahmad)

Ketika ada kesempatan untuk membuat permohonan yang dijamin pengabulannya, persiapkanlah daftar permintaan yang kamu inginkan. Mulai dari keinginan untuk diri pribadi, keluarga, masyarakat hingga kebaikan skala nasional dan global. 

Berikut ini beberapa rekomendasi doa yang perlu kamu selipkan di samping permohonan lainnya. Yuk, simak ulasan berikut!

1. Berkesempatan menjumpai Ramadan di tahun berikutnya

6 Doa Ini Penting Kamu Selipkan di Bulan Ramadanpixabay/Fotorech

Doa yang perlu kamu panjatkan di bulan puasa yang pertama adalah harapan dipertemukan kembali dengan Ramadan di tahun berikutnya. Hanya di bulan inilah, setiap amalan dilipatgandakan, siang dan malamnya bertabur bonus pahala. Saat kamu punya peluang merasakan puasa lagi, artinya takdir masih memberimu kesempatan memperbaiki diri.

2. Dimatikan dalam keadaan bekal yang cukup

6 Doa Ini Penting Kamu Selipkan di Bulan Ramadanunsplash/Javard

Kematian adalah rahasia yang tak bisa dinafikan lagi. Kita tidak pernah tahu, sampai kapan hidup kita bertahan. Sehat maupun sakit, tua maupun muda, kaya ataupun miskin, kematian tidak pandang bulu dalam merenggut nyawa.

Itu sebabnya, perbanyaklah doa agar mati dalam keadaan bekal yang cukup. Sehingga tidak ada kegelisahan dan ketakutan kala mendengar kematian. 

Baca Juga: 8 Waktu Doa Paling Mustajab Selama Bulan Ramadan, Sudah Tahu?

3. Terhindar dari hutang dan rezeki yang tidak halal

6 Doa Ini Penting Kamu Selipkan di Bulan Ramadanunsplash/SharonMcCutcheon

Berdoalah agar kamu bisa terhindar dari hutang yang mencekik dan sumber rezeki yang tidak halal. Hutang hanya menyusahkan kita seumur hidup karena juga menyulitkan urusan orang lain. Adapun rezeki yang tidak halal akan mendatangkan bencana yang tak disangka di lain waktu. 

4. Menjadi pribadi yang lebih baik dari segala sisi

6 Doa Ini Penting Kamu Selipkan di Bulan Ramadanunsplash/FebriSym

Jika kita tak menjadi lebih baik pasca Ramadan, mungkin puasa yang kita lakukan belum memengaruhi kebersihan jiwa kita. Pesan-pesan spiritual yang disampaikan oleh Ramadhan belum sampai ke hati kita dengan mulus. Maka, sudah sepantasnya kita banyak meminta agar kita bisa menjadi lebih baik dari segala sisi saat dikarantina dengan aktivitas puasa. Tidak hanya pakaian kita yang baru, wangi dan bersih, tapi kepribadian dan sikap kita juga semakin bersinar. 

5. Dilapangkan rezeki dan diberkahi umur

6 Doa Ini Penting Kamu Selipkan di Bulan Ramadanunsplash/NatashaKasim

Doa yang satu ini juga wajib kamu haturkan pada yang Maha Kuasa, loh! Mungkin terdengar klise, tapi Allah telah menjamin doa orang berpuasa tidak tertolak. Tetaplah meminta agar rezekimu selalu ada di waktu susah maupun mudah. Kita tidak pernah tahu situasi yang akan kita hadapi di masa datang. Doa itu akan ampuh membantu kesulitan yang kita alami. Mintalah juga agar umur kita berkah dan sel;alu memberi manfaat untuk orang lain. 

6. Keselamatan dan keberkahan untuk saudara seiman di daerah-daerah konflik

6 Doa Ini Penting Kamu Selipkan di Bulan Ramadanpixabay/HosnySalah

Jangan lupa, doakan juga saudara-saudara kita yang saat ini berada di daerah konflik. Palestina, Suriah dan sebagainya adalah negara-negara yang situasinya tidak aman. Berbeda sekali dengan kehidupan kita di sini yang masih diliputi semarak dan keselamatan yang terjamin. Berdoalah sebagai wujud syukur, simpatik dan dukungan kita secara moriil kepada mereka. Sebab, kita semua pada dasarnya bersaudara. 

Nah, itulah doa tambahan yang perlu kamu selipkan kala meminta. Selamat mencoba!

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Uswatun Niswi Photo Community Writer Uswatun Niswi

Penyuka fiksi dan animasi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You