Comscore Tracker

Jangan Suka Marah-marah, Ini 5 Sisi Negatif yang Akan Kamu Rasakan

Tahan emosi dulu, Guys!

Setiap orang punya emosi yang sangat beragam. Dari beragam emosi tersebut, mungkin kamu punya kebiasaan suka marah-marah. Sesederhana apa pun masalahnya, biasanya orang dengan kepribadian tersebut akan menghadapinya dengan kemarahan yang mungkin tidak sebanding. 

Nah, sisi negatif apa saja yang menggerogoti orang pemarah? Yuk, simak ulasan berikut!

1. Tidak disukai oleh orang di sekitarnya

Jangan Suka Marah-marah, Ini 5 Sisi Negatif yang Akan Kamu Rasakanpixabay/makunin

Orang pemarah cenderung tidak disukai oleh orang-orang di sekitarnya. Memang benar, energi negatif berdampak buruk bagi kehidupan kita, termasuk urusan sosial.

Marah merupakan energi negatif yang bikin kamu dijauhi oleh orang-orang. Hal ini akan sangat disayangkan jika kamu punya potensi diri yang keren, namun tertutupi karena masalah emosi yang sulit dikontrol. 

Nah, sangat disarankan buat kamu yang hobi marah-marah untuk menguranginya dan mengalihkannya menjadi kemarahan positif atau marah yang beralasan kuat. 

2. Kurang bahagia

Jangan Suka Marah-marah, Ini 5 Sisi Negatif yang Akan Kamu Rasakanpixabay/Anemone123

Suka marah-marah tidak jelas pada hal yang kecil adalah interpretasi kurangnya kebahagiaan yang dimiliki seseorang. Menghadapi orang pemarah memang gak bisa hanya dijauhi. Jika ada kesempatan, dia butuh didekati sebagai terapi mengurangi level temperamentalnya.

Baca Juga: Agar Tak Jadi Pertengkaran, Jangan Lakukan 5 Hal Ini Saat Pacar Marah

3. Tubuh mudah sakit dan gangguan di organ dalam

Jangan Suka Marah-marah, Ini 5 Sisi Negatif yang Akan Kamu Rasakanpixabay/Ewa Urba

Jangan sepelekan emosi negatif ya, Guys! Banyak orang yang mengidap penyakit berat, seperti stroke dan gangguan pada lambung akibat pengendapan emosi negatif dalam batin. Nah, jika kamu memiliki karakter demikian, sebaiknya dikurangi dan tidak dibiasakan. Berlatihlah dengan meminta saran pada psikolog atau secara mandiri. 

4. Mempermasalahkan hal-hal sepele

Jangan Suka Marah-marah, Ini 5 Sisi Negatif yang Akan Kamu Rasakanpixabay/Robin Higgins

Orang pemarah mudah emosi karena persoalan sepele atau masalah kecil. Namun, bukannya malah beres, kemarahan bikin persoalan tambah runyam. Tentu saja, masalah kecil yang jadi besar bisa meningkatkan kemarahanmu. 

5. Performa kerja menurun

Jangan Suka Marah-marah, Ini 5 Sisi Negatif yang Akan Kamu Rasakanpixabay/Free-Photos

Sikap marah-marah bisa menurunkan performa kerja, loh! Tentu saja, kemarahan membuatmu jadi tidak fokus dan kehilangan semangat positif. Itu sebabnya, sikap marah-marah tidak baik dipertahankan. Berubahlah secara perlahan agar prestasi kerjamu tetap baik. 

Nah, itulah sisi negatif yang bisa dialami para pemarah. So, berubahlah menjadi lebih tenang dan terkontrol.

Baca Juga: Selain Kesabaran, Miliki 5 Hal Penting Ini Jika Punya Pasangan Pemarah

arnadh arnadh Photo Verified Writer arnadh arnadh

Penyuka fiksi dan animasi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya