Comscore Tracker

Jangan Jadi Diri Sendiri Kalau Mau Sukses, Ini 5 Alasannya!

Kadang demi sukses, kita harus 'tega' sama diri sendiri

Sering kita terngiang-ngiang sebuah kata penuh motivasi yang berbunyi “Be Yourself.” Kata mutiara ini seolah mengajak kita untuk menjadi diri sendiri apa adanya. Dengan menjadi diri sendiri, kita tidak akan mudah terbawa arus orang lain yang membuatmu menjadi orang yang fake alias palsu atau dalam bahasa lain, kita menjadi diri kita sendiri yang sebenarnya.

Namun sadarkah kalau bersikap “Be Yourself” atau menjadi diri sendiri akan membuatmu sulit mencapai kesuksesan? Bukannya tidak boleh, tetapi menjadi diri sendiri ada batasannya, lho. Simak penjelasannya berikut ini. 

1. Menjadi diri sendiri membuatmu terlalu pasrah apa adanya

Jangan Jadi Diri Sendiri Kalau Mau Sukses, Ini 5 Alasannya!pexels.com/brucemars

Menjadi diri sendiri yang apa adanya akan membuat kamu jadi pribadi yang gampang pasrah menerima keadaan. Kamu juga jadi pribadi yang mudah menyerah ketika mencoba sesuatu karena merasa kekurangan, batasan, dan sifat buruk yang ada dalam dirinya adalah cerminan dirinya yang sebenarnya. Padahal, setiap kekurangan diri harus dievaluasi dan diubah untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi. 

2. Kamu jadi orang yang benci dengan perubahan

Jangan Jadi Diri Sendiri Kalau Mau Sukses, Ini 5 Alasannya!pexels.com/fotografierende

Merasa apa yang ada dalam dirimu adalah dirimu yang apa adanya beserta kekurangan dan sifat buruk yang ada dalam dirimu hanya akan membuatmu benci dengan yang namanya perubahan.

Kamu merasa jika melakukan perubahan sama seperti kehilangan jati diri yang sebenarnya. Padahal kalau ada sifat buruk seperti malas, pesimis, mudah menyerah, dan lain-lain bisa kita ubah, kenapa gak?

3. Merasa nyaman jadi diri sendiri, kamu tidak mau belajar dari orang lain

Jangan Jadi Diri Sendiri Kalau Mau Sukses, Ini 5 Alasannya!https://cadehildreth.com/

Lantaran saking nyamannya jadi diri sendiri, kamu justru merasa tidak perlu belajar dari orang lain karena itu sama dengan kehilangan jati diri yang sebenarnya. Padahal, terlalu nyaman jadi diri sendiri hanya akan membuatmu cepat berpuas diri dan gak akan membuatmu selangkah lebih maju.

Menurut seorang miliarder di bidang properti sekaligus penulis bernama Grant Cardone, kunci sukses yang sesungguhnya bukan menjadi diri sendiri tetapi dengan menjadi orang lain untuk menemukan dirinya sendiri. Salah satunya caranya adalah dengan belajar dari orang lain yang sudah sukses terlebih dahulu dan meniru tips dan trik mereka dalam menggapai kesuksesan. 

Baca Juga: 7 Self Reminder Buat Kamu yang Gak Pernah Memprioritaskan Diri Sendiri

4. Tidak selamanya kamu bisa jadi diri sendiri

Jangan Jadi Diri Sendiri Kalau Mau Sukses, Ini 5 Alasannya!pexels.com/visualtagmx

Dalam lingkungan pertemanan, kamu bisa menjadi diri sendiri dengan tidak mengikuti arus pergaulan mereka. Namun, bersikap menjadi diri sendiri akan menjadi bumerang jika diterapkan dalam lingkungan tertentu seperti lingkungan karir profesional karena di lingkungan seperti itu persaingannya sangat ketat yang tentu saja membutuhkan pengembangan lebih dan jika kamu terus-terusan ‘jadi diri sendiri’, sudah pasti kamu akan semakin tertinggal bahkan sampai tersingkir.

5. Pada akhirnya, kamu akan merasa sudah ketinggalan jauh dari yang lain

Jangan Jadi Diri Sendiri Kalau Mau Sukses, Ini 5 Alasannya!pexels.com/andrewneel

Jangan menyalahkan keadaan dan orang lain di sekitarmu jika akhirnya kamu merasa sudah tertinggal jauh dari orang lain yang sudah terlebih dahulu sukses. Menjadi diri sendiri hanya akan membuatmu puas dengan apa yang ada dalam dirimu dan merasa tidak perlu mengubah atau mengembangkan diri lagi.

Padahal, kita semua tahu bahwa dalam meraih kesuksesan kita perlu berani 'tega' sama diri sendiri, salah satunya dengan melawan ego dan sifat negatif dalam diri kita sendiri. 

Menjadi diri sendiri memang bukan hal yang dilarang tetapi jika terlalu ‘be yourself’ dalam segala kondisi bisa menjadi bumerang untukmu. Ada situasi tertentu yang membuat kita harus menjadi ‘orang lain’ bahkan harus berani kejam sama diri sendiri dan tujuannya tidak lain demi kesuksesan kamu dalam segala aspek di masa depan. 

Baca Juga: 5 Dampak Positif yang Akan Kamu Dapat Bila Menjadi Diri Sendiri

Wimantyo Resi H. Photo Writer Wimantyo Resi H.

Hanya orang biasa yang ingin melihat dunia.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya