Comscore Tracker

5 Cara Mengubah Kegagalan Menjadi Jalan untuk Meraih Kesuksesan

Jangan berlarut-larut dalam kesedihan, ya!

Hidup memang menawarkan dua pilihan, yaitu berhasil dan gagal. Keduanya memiliki pelajarannya masing-masing, meskipun berhasil kerap dijadikan harapan setiap orang. Banyak orang yang beranggapan bahwa kegagalan merupakan hasil buruk dari usaha yang dilakukan, padahal sejatinya tidak juga demikian.

Merasakan kegagalan sama artinya dengan kamu merasakan hidup. Seperti halnya keberhasilan, kegagalan juga menyediakan ruang bahagianya sendiri jika kamu mampu memetik hikmah dari kegagalan tersebut. Sering jadi alasan bersedih, nyatanya berikut lima cara yang bisa membuat kegagalanmu menjadi batu loncatan untuk meraih kesuksesan. Apa saja? Yuk, baca terus sampai akhir!

1. Lihatlah kegagalan sebagai suatu pelajaran

5 Cara Mengubah Kegagalan Menjadi Jalan untuk Meraih Kesuksesanilustrasi stres kerja (pexels.com/Ron Lach)

Menemui kegagalan berkali-kali bukan berarti kamu ditakdirkan menjadi orang kurang beruntung sepanjang hidup. Mungkin saja selama ini kegagalan yang kamu alami gak kamu jadikan pelajaran. Gagal-gagal kemarin hanya kamu biarkan menjadi masa lalu tanpa kamu selisik lebih jauh kesalahannya.

Kegagalan itu gak selalu datang untuk menjadi kabar buruk, kok. Gagal bisa saja datang agar kamu mau belajar dan memperbaiki diri. Lagi pula dengan terbiasa gagal, nantinya keberhasilanmu akan terasa lebih berarti, bukan? Kamu jadi bisa menghargai setiap proses untuk meraih keberhasilan, bukan hanya fokus pada bagian akhir yang membahagiakan saja.

2. Gunakan emosi dari kegagalan untuk menjadi lebih baik dan produktif

5 Cara Mengubah Kegagalan Menjadi Jalan untuk Meraih Kesuksesanilustrasi sedih (pexels.com/MART PRODUCTION)

Saat kamu gagal biasanya apa yang kamu rasakan? Sedih, kecewa, menyesal pasti bergabung jadi satu, kan? Normalnya, orang gagal memang akan merasakan perasaan demikian dan itu sangatlah wajar. Tugasmu hanya cukup menerimanya dan menjadikan tumpukan emosi tersebut sebagai bahan renungan agar kamu menjadi pribadi lebih baik ke depannya.

Saat kamu tengah kecewa-kecewanya, kamu bisa meluapkan isi hatimu dalam tulisan dan membagikannya sebagai karya. Gak bisa dimungkiri karya bernuansa "galau" biasanya diminati dan relate dengan kehidupan banyak orang. Siapa tahu, kan, dari sebuah kegagalan kamu bisa membuat buku dan berhasil jadi penulis? Gak sedikit penulis yang awalnya terjun ke dunia kepenulisan karena berbagi pengalaman dalam menghadapi kegagalan. 

Baca Juga: 5 Cara Menemukan Motivasi Kembali setelah Kamu Alami Kegagalan

3. Sadari bahwa keberhasilan memang gak diperoleh secara instan

5 Cara Mengubah Kegagalan Menjadi Jalan untuk Meraih Kesuksesanilustrasi perempuan merenung (pexels.com/Yaroslav Shuraev)

Hidup memang gak bisa berjalan mulus-mulus terus. Sedetail dan serinci apapun kita berencana, yang namanya berhasil tetap gak bisa dipastikan kedatangannya. Gak semua orang terlahir beruntung dan meraih keberhasilan dengan cara yang instan, itulah fakta yang memang harus kamu terima.

Untuk berhasil kita memang harus mau jatuh bangun dulu. Kita gak selalu berkesempatan melewatkan jalan yang berbatu-batu, lebih seringnya justru harus menghadapinya. Kalau hari ini kamu harus memeluk kegagalan, anggaplah itu sebuah bentuk perjuangan untuk mencapai hasil yang indah di masa depan. Jangan sedih berlebihan, cukup percaya bahwa setiap usaha yang baik pasti akan berbuah manis pada akhirnya.

4. Mendaur ulang kegagalan agar bisa menjadi motivasi untuk diri sendiri

5 Cara Mengubah Kegagalan Menjadi Jalan untuk Meraih Kesuksesanperempuan sedang berpikir (pexels.com/Dziana Hasanbekava)

Ketika kamu bisa mengatur emosi negatif, kamu akan lebih mampu mengatasi hal sulit dan mengurangi perasaan depresi. Kegagalan mungkin membuat hidupmu terasa terhenti di awal-awal. Tetapi, jika kamu mengubah persepsi gagalmu sebagai sebuah eksperimen, nantinya kamu akan berpikiran lebih maju.

Bukan gagal dan berhasil yang paling penting di dalam hidup, melainkan upaya dan keberanianmu untuk melanjutkan kehidupan apa pun peristiwa pelik yang menimpamu. Alih-alih melihat kegagalan sebagai akhir dari jalan, cobalah untuk melihatnya sebagai bagian yang gak bisa lepas dari perjalanan untuk memperbaiki diri. 

Mungkin saja apa yang kamu rencanakan memang gak baik untukmu 'kan? Bisa jadi Tuhan menjadikan kegagalan sebagai cara agar kamu menemui peluang yang lebih baik. Ingat, Tuhan gak pernah salah dalam menetapkan takdir!

5. Pelajari pola yang salah di setiap kegagalan agar gak terulang lagi di masa depan

5 Cara Mengubah Kegagalan Menjadi Jalan untuk Meraih Kesuksesanilustrasi merenung (pexels.com/Budgeron Bach)

Saat gagal, tugasmu adalah menelaah bagian apa saja yang salah dan kurang, bukan malah fokus menyalahkan diri sendiri atau menyalahkan Tuhan. Hal yang lalu biarlah berlalu. Disesali dan ditangisi bagaimanapun yang sudah terjadi di masa itu gak akan bisa berubah. Kita hanya bisa menata hidup ke depan agar gak mengulangi kesalahan yang sama.

Jangan sampai gagal yang kamu alami hanya mendatangkan air mata tanpa kamu resapi makna yang sesungguhnya. Kamu tentu sering mendengar bukan gak pernah ada yang menjadi sia-sia di muka bumi ini, termasuk juga dengan kegagalan. Sekilas memang tampak seperti kabar buruk, tetapi kita gak pernah tahu rencana baik apa yang disembunyikan Tuhan dari peristiwa tersebut.

Oleh karena itu, teruslah melanjutkan kehidupan, terus belajar dan berani untuk melangkah ke depan. Kita gak akan pernah ketemu sinar yang terang kalau kita gak bergerak dari kegelapan, kan? 

Gagal itu bukan akhir dari kehidupan. Bisa saja itu cara Tuhan untuk membenarkan hidup kita yang salah jalan. Mulai sekarang, cobalah untuk mengubah persepsi buruk dan menakutkan tentang kegagalan. Yuk, bangun semangat baru, masa depan cerah sedang menantimu.

Baca Juga: 5 Faktor Penyebab Kamu Selalu Salah Jalan dalam Meraih Kesuksesan

Yulia Nor Annisa Photo Verified Writer Yulia Nor Annisa

Tulislah agar tidak melupa | Banjarmasin, South Borneo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya