Comscore Tracker

5 Hal yang Membuat Hidupmu Terasa Kosong meskipun Punya Banyak Teman

Benar gak? Yuk, direnungkan #IDNTimesLife

Punya banyak teman bukan jaminan seseorang selalu merasa bahagia dalam hidupnya. Kehadiran teman memang bisa mengurangi sedikit beban pikiran tetapi tidak benar-benar menghilangkannya. Seramai apa pun hidup seseorang, ia akan tetap merasa kesepian jika tidak menemukan kedamaian dan arti hidup yang sesungguhnya. 

Bukan tanpa alasan, memang ada beberapa hal yang membuatmu kerap merasa kosong meskipun punya banyak teman. Dari ketidakjujurannmu dengan diri sendiri sampai jauh dari Tuhan, yuk simak lima alasannya berikut ini. Keep reading! 

1. Kamu gak pernah benar-benar jujur kepada diri sendiri tentang perasaanmu

5 Hal yang Membuat Hidupmu Terasa Kosong meskipun Punya Banyak TemanIlustrasi wanita ketakutan (pexels.com/Ivan Samkov)

Diri sendiri adalah sosok yang menemanimu setiap detik. Kamu harus selalu memperlakukannya dengan baik dan senantiasa jujur padanya. Jika diri sendiri saja kamu bohongi, wajar saja jika dirimu merasa kosong. 

Kamu harus bisa memperlakukan diri sendiri layaknya sahabat sejati bukannya musuh yang mati-matian kamu benci. Dengan berdamai nantinya kamu akan merasakan yang namanya ketentraman jiwa. Hal ini juga yang membuat atmosfer sekelilingmu lebih positif dan menjauhkanmu dari rasa kosong dalam hidup.

2. Kamu selalu mencoba kuat meskipun kamu sebenarnya perlu sandaran

5 Hal yang Membuat Hidupmu Terasa Kosong meskipun Punya Banyak TemanWanita sedang menangis (pexels.com/MART PRODUCTION)

Sebagai manusia kamu gak dituntut selalu kuat. Sesekali menangis gak langsung menandakan bahwa kamu sebagai manusia lemah. Hanya karena kamu bersedih bukan berarti kamu melakukan hal yang hina. 

Jika kamu kerap menutupi kesedihanmu dengan pura-pura baik-baik saja, maka gak heran kalau rasa hampa seringkali muncul dalam jiwamu. Kesedihanmu sejatinya perlu luapkan agar hatimu bisa sedikit lega. Sementara tindakanmu yang menutupi kesedihan dan bersikap seolah gak perlu pertolongan justru akan menyiksa dirimu perlahan-lahan. 

Baca Juga: 5 Hal Sederhana yang Bisa Dilakukan untuk Mengusir Kesepian, Apa Saja?

3. Kamu gak berani memaksa dirimu untuk keluar dari zona nyaman

5 Hal yang Membuat Hidupmu Terasa Kosong meskipun Punya Banyak TemanIlustrasi wanita tengah bersedih (pexels.com/Alex Green)

Siapa bilang bertahan di zona nyaman akan terus-terusan membuatmu bahagia? Zona nyaman itu penuh dengan jebakan. Gak semua yang terasa nyaman bisa membawamu pada ketenangan.

Rasa kosong bisa menghampirimu jika terus-terusan bertahan dengan rutinitas itu-itu saja. Hidup gak selalu memerlukan kestabilan, kadangkala kita perlu kejutan agar hidup lebih berwarna. Kalau belakangan kamu merasa kosong, coba deh kamu melakukan hal baru yang berbeda dari aktivitasmu biasanya.

4. Kamu belakangan jauh dari Tuhan

5 Hal yang Membuat Hidupmu Terasa Kosong meskipun Punya Banyak TemanSeorang wanita sedang bersedih (pexels.com/Polina Zimmerman)

Hal selanjutnya yang membuatmu merasa kosong adalah jauhnya dirimu dari Tuhan. Gak bisa dimungkiri bahwa keimanan seseorang kepada Tuhan-Nya turut berpartisipasi dalam menciptakan ketenangan jiwa. Baiknya sisi spiritual seseorang berperan penting untuk menciptakan aura positif dan perasaan bahagia. 

Saat jiwamu merasa lelah, kehilangan arah bahkan ingin menyerah, cobalah untuk merenung sejenak dan rasakan apa saja berkah yang dilimpahkan Tuhan kepadamu. Dengan selalu menyertakan Tuhan di setiap langkah nantinya seberat apa pun perjalanan hidupmu akan terasa jauh lebih mudah untuk dihadapi. 

5. Hidupmu terlalu disibukkan dengan pekerjaan yang menjemukan

5 Hal yang Membuat Hidupmu Terasa Kosong meskipun Punya Banyak TemanIlustrasi wanita lelah bekerja (pexels.com/Anna Shvets)

Sebagai manusia kita memang perlu uang untuk dapat bertahan hidup. Namun, bukan berarti kita hanya fokus mengejar uang setiap harinya. Kita perlu istirahat, perlu hiburan, perlu menyegarkan pikiran dari penatnya pekerjaan. 

Sebanyak apapun uang yang kamu dapat dari bekerja, rasanya gak berarti apa-apa jika kamu gagal menikmati kehidupanmu setiap harinya. Jangan tukar rasa tenang, bahagia dan kebersamaan dengan orang tersayang dengan nominal angka. Ingatlah bahwa uang bisa kamu cari lagi, momen yang hilang tidak akan bisa kembali. 

Kebahagiaan hidup seseorang gak bisa dinilai dari banyaknya teman yang ia miliki. Teman itu adalah orang yang menemani kita dalam hidup tetapi tidak mungkin selalu bersamamu setiap waktu. Pada akhirnya yang membuat hidupmu lebih bermakna adalah penerimaanmu sendiri dan rasa syukurmu terhadap apa yang kamu miliki. 

Baca Juga: 5 Pertanyaan Berisiko yang Gak Seharusnya Kamu Tanya pada Temanmu

Yulia Nor Annisa Photo Verified Writer Yulia Nor Annisa

Tulislah agar tidak melupa | Banjarmasin, South Borneo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya