Comscore Tracker

5 Hal Penting dalam Menjalin Hubungan Pertemanan yang Sehat

Kalau mau berteman secara sehat tentu harus ada yang dijaga

Selain keluarga dan pasangan, teman adalah orang yang selalu dekat dan menemani hidup kita. Dan sama halnya dengan hubungan keluarga dan asmara yang harus dijaga untuk tetap sehat, hubungan pertemananmu pun juga sebaiknya dijaga agar tetap sehat.

Akan tetapi, bagaimana caranya dan apa-apa sajakah yang penting di dalam hubungan pertemanan? Nah, untuk itu kita akan membahas beberapa di antaranya, jadi simaklah baik-baik agar kamu tahu dengan lebih jelas, ya.

1. Saling menjaga perasaan satu sama lain

5 Hal Penting dalam Menjalin Hubungan Pertemanan yang SehatPexels.com/Cliff Booth

Hal penting pertama dalam hubungan pertemanan yang sehat adalah adanya usaha untuk menjaga perasaan satu sama lain. Karena terlepas dari lama atau tidaknya hubungan pertemanan itu terjalin, yang namanya menjaga perasaan tetap harus diutamakan. Baik itu dengan tidak bicara sembarangan, mengkritik dengan benar, dan juga saling bersikap baik pada satu sama lain.

2. Tidak adanya keinginan untuk menuntut

5 Hal Penting dalam Menjalin Hubungan Pertemanan yang SehatPexels.com/Ketut Subiyanto

Hal lainnya yang juga sangat penting dalam menjaga hubungan pertemanan untuk tetap sehat ialah tidak adanya keinginan untuk menuntut.

Karena, salah satu hal yang membuat pertemanan berubah menjadi toxic ialah jika adanya sikap egois, saling menuntut hingga menjadi beban, dan hal tidak baik lainnya yang menghilangkan kenyamanan dalam pertemanan.

Baca Juga: 5 Alasan Jangan Merusak Pertemanan Hanya Karena Percintaan

3. Mengerti batasan atas privasi hidup satu sama lain

5 Hal Penting dalam Menjalin Hubungan Pertemanan yang SehatPexels.com/Cottonbro

Ketiga, hal penting dalam menjalin hubungan pertemanan yang sehat ialah adanya pemahaman atas batasan privasi hidup satu sama lain, dan juga batasan dalam bersikap.

Karena, tak peduli sedekat apapun hubunganmu dengan teman-teman, menjaga diri agar tidak kelewat batas tetaplah penting. Dengan menjaga batasan akan menimbulkan tingginya rasa saling menghargai yang menjadi faktor utama dalam healthy relationship.

4. Menyelesaikan masalah dengan baik-baik

5 Hal Penting dalam Menjalin Hubungan Pertemanan yang SehatPexels.com/Tima Miroshnichenko

Selalu berusaha menyelesaikan masalah dengan baik-baik juga merupakan salah satu hal penting dalam menjaga hubungan pertemanan yang sehat.

Jadi, jika ada salah paham atau hal yang tidak disukai pada diri seorang teman, kalian selalu menyelesaikannya dengan berdiskusi dan saling intropeksi diri. Jika bertengkar pun kalian tahu caranya berbaikan dan tidak berakhir saling membenci.

5. Jujur pada setiap pemikiran dan perasaan

5 Hal Penting dalam Menjalin Hubungan Pertemanan yang SehatPexels.com/Mikhail Nilov

Hal terakhir yang juga menjadi bagian penting dalam menjaga hubungan pertemanan untuk tetap sehat ialah kejujuran pada setiap pemikiran dan perasaan antara satu sama lain.

Karena, keterbukaan memang menjadi kunci penting dalam segala jenis hubungan, baik itu pada keluarga, pasangan, atau bahkan hubungan pertemanan sekalipun. Kalau kamu dan teman-teman bisa menjaga untuk selalu jujur dan terbuka, maka hubungan pertemanan pun bisa terjaga untuk tetap baik dan sehat.

 

Itulah tadi beberapa hal yang menjadi bagian penting dalam hubungan pertemanan yang sehat. Jadi, cobalah untuk menerapkannya sama-sama, ya.

Baca Juga: 6 Ciri jika Kamu Memiliki Pertemanan yang Sehat, Pertahankan

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya