Comscore Tracker

Sulit Diajak Komunikasi, 5 Hal yang Buat LDR Jadi Makin Sulit Dijalani

Susah kalau masing-masing mentingin ego sendiri

Kalau hubungan biasa yang bisa bertemu pasangan sana kadang sulit dijalani karena ada tantangannya, apalagi hubungan jarak jauh yang logikanya pasti bakal lebih sulit. Makin sulit lagi kalau yang menjalani hubungan jarak jauh masing-masing mementingkan ego sendiri.

Hubungan yang tadinya masih bisa berjalan asalkan ada komitmen dan keyakinan yang kuat, bakal bertambah sulit kalau satu sama lain gak mau saling mengerti. Dan berikut ini adalah beberapa hal yang buat hubungan jarak jauh jadi sangat sulit untuk dijalani. 

1. Tidak menyelesaikan masalah sampai tuntas

Sulit Diajak Komunikasi, 5 Hal yang Buat LDR Jadi Makin Sulit Dijalaniilustrasi pasangan (pexels.com/RODNAE Productions)

Hal pertama yang membuat hubungan jarak jauh makin sulit dijalani ialah kalau setiap masalah tidak diselesaikan sampai tuntas. Hal ini sebenarnya cara yang salah dalam menjalin hubungan, yang mana masalah yang tidak dituntaskan bisa memicu konflik di kemudian hari.

Bayangkan saja kalau setiap pertengkaran atau masalah tidak diselesaikan sampai benar-benar clear, lama-kelamaan bakal menumpuk. Dan kalau sudah seperti itu ditakutkan salah satu pihak jadi capek karena ada emosi dan unek-unek yang ditahan. 

2. Masing-masing nuntut untuk dimengerti

Sulit Diajak Komunikasi, 5 Hal yang Buat LDR Jadi Makin Sulit Dijalaniilustrasi marah (pexels.com/Alex Green)

Hubungan jarak jauh yang pada dasarnya sulit bakal makin sulit dijalani kalau masing-masing nuntut untuk dimengerti. Kamunya nuntut supaya dia mengerti keinginanmu, dan dia menuntut agar dirimu mengerti kesibukannya.

Sampai kapanpun gak bakal ada habisnya kalau saling nuntut seperti ini, yang ada hubungan yang dijalani jadi gak nyaman. Karena bukannya berusaha saling memahami tapi malah saling adu ego siapa yang paling kuat. 

Baca Juga: 5 Cara Menjaga Kepercayaan Pasangan Saat Jalani LDR, Rajin Beri Kabar!

3. Sulit untuk diajak komunikasi, mau itu melalui pesan atau telepon

Sulit Diajak Komunikasi, 5 Hal yang Buat LDR Jadi Makin Sulit Dijalaniilustrasi pria menelepon (pexels.com/RODNAE Productions)

Pada dasarnya kunci utama dalam hubungan jarak jauh itu terletak pada komunikasi, karena kalau bertemu kan gak mungkin ketika terhalang jarak. Makanya, kalau komunikasinya saja kacau biasanya bikin hubungan jadi terasa berat.

Dengan kata lain, hubungan LDR jadi makin berat dijalani kalau salah satu pihak sulit diajak komunikasi. Mau itu komunikasi melalui pesan ataupun telepon yang mana itulah satu-satunya kunci dalam hubungan jarak jauh. 

4. Asyik dengan dunia sendiri tanpa menghiraukan pasangan

Sulit Diajak Komunikasi, 5 Hal yang Buat LDR Jadi Makin Sulit Dijalaniilustrasi berkumpul (pexels.com/Kampus Production)

Hal lainnya yang juga bisa bikin hubungan LDR makin sulit dijalani ialah kalau terlalu asyik sama dunia sendiri sampai tak menghiraukan pasangan. Entah itu kamunya yang asyik sama duniamu, ataukah dia, atau malah kalian berdua yang seperti itu.

Logikanya, gak ada gunanya menjalin hubungan kalau masih ingin asyik sama dunia sendiri dan gak mau diribetin pasangan. Karena hubungan jadi seperti terlantar dan kehilangan momen hangat di dalamnya, lama-kelamaan juga bakal merasa asing dan gak cinta lagi kalau tak pernah peduli sama pasangan. 

5. Tidak ada usaha untuk kepastian jenjang hubungan

Sulit Diajak Komunikasi, 5 Hal yang Buat LDR Jadi Makin Sulit Dijalaniilustrasi pasangan (pexels.com/Polina Zimmerman)

Hal terakhir yang bikin hubungan LDR makin sulit dijalani ialah kalau tidak ada effort untuk menentukan kepastian hubungan. Bahwa hubungan yang dijalani tujuannya kemana dan kapan akan melangkah ke jenjang yang lebih serius.

Entah kamu yang memutuskan untuk menunggu kepastian darinya, atau kalian sama-sama tidak yakin untuk menentukan tujuan hubungan. Logikanya, hubungan jarak jauh saja sudah sulit malah makin sulit lagi kalau gak ada tujuan dan kepastiannya, bikin capek.

Kalau saat ini kamu sedang menjalani LDR dan sedang merasakan fase yang sangat sulit, mungkin lima hal ini penyebabnya. Coba intropeksi dan perbaiki agar hubungan bisa menjadi lebih ringan dijalani. 

Baca Juga: 5 Tindakan Sederhana yang Membuat Hubungan LDR jadi Awet

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya