Comscore Tracker

5 Prinsip Dewasa yang Menjamin Hubunganmu Awet & Jauh dari Konflik 

Gak ada lagi pertengkaran kekanak-kanakan di hubunganmu

Setiap pasangan yang menjalin sebuah hubungan pasti memiliki cara sendiri-sendiri dalam membina hubungan mereka, tapi tahukah kamu bahwa sebenarnya ada prinsip hubungan dewasa yang dapat membuat hubungan awet? Apalagi jika menerapkan ini hubunganmu juga bakal jauh dari konflik. Simak lima prinsip dewasa di antaranya berikut ini, ya.

1. Membicarakan setiap masalah dengan tenang

5 Prinsip Dewasa yang Menjamin Hubunganmu Awet & Jauh dari Konflik Pexels.com/Tirachard Kumtanom

Yang pertama adalah menerapkan prinsip bahwa segala masalah yang terjadi harus dibicarakan bersama-sama dengan tenang. Tidak langsung emosional merupakan kunci hubungan yang dewasa, lagi pula hal ini juga dapat menghindarkan hubungan dari konflik-konflik yang dimulai karena salah paham. 

2. Mengutamakan komunikasi sesibuk apapun

5 Prinsip Dewasa yang Menjamin Hubunganmu Awet & Jauh dari Konflik Pexels.com/Kaboompics.com

Prinsip dewasa selanjutnya yang bisa menjamin hubunganmu bakal awet dan jauh dari konflik ialah dengan tetap berkomunikasi dengan baik meski sibuk. Artinya tidak ada ruang bagi orang lain untuk merusak ikatan jika kamu dan dia selalu tahu tentang keadaan satu sama lain, kan?

Baca Juga: 7 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Jika Berbeda Prinsip dengan Pasangan

3. Memegang erat komitmen

5 Prinsip Dewasa yang Menjamin Hubunganmu Awet & Jauh dari Konflik Pexels.com/Vjapratama

Percayalah, komitmen itu tidak hanya harus dipegang erat pada saat menikah, tapi pada saat pacaran juga harus berpegang kuat pada komitmen. Prinsip ini bersifat dewasa karena hanya dilakukan oleh pasangan yang serius pada hubungannya. Makanya bisa membawa dampak pada hubunganmu yang menjadi langgeng serta tidak sering bertengkar.

4. Protektif dan bukan posesif

5 Prinsip Dewasa yang Menjamin Hubunganmu Awet & Jauh dari Konflik Pexels.com/Jeswin Thomas

Kemudian hal ini juga penting, menjadi pasangan yang protektif itu diperlukan dalam hubungan, namun ingat untuk tidak menjadi posesif ya. Maksudnya adalah tetap ada batas privasi dan ruang pribadi dalam hidup pasanganmu, namun kamu tetap menjaganya dengan cara yang tepat. Bukan posesif di mana ada keinginan mendominasi di dalam hubungan.

5. Menghargai kejujuran

5 Prinsip Dewasa yang Menjamin Hubunganmu Awet & Jauh dari Konflik Pexels.com/Juan Pablo Arenas

Dan yang terakhir adalah prinsip untuk selalu menghargai kejujuran. Sekecil, atau sepahit apapun kejujuran yang pasangan lakukan, kalian sepakat untuk menghargai itu. Sebab hubungan yang kuat dan tahan lama dimulai dari keterbukaan satu sama lain serta rasa percaya, kan?

Itulah beberapa prinsip hubungan dewasa yang bakal menjamin hubunganmu bertahan lama dan juga jauh dari konflik. Kamu sudah menerapkannya?

Baca Juga: 5 Tips Pacaran untuk Kamu yang Baru Menjalin Hubungan di Usia 30an

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You