TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Cara Mengatasi Rasa Curiga saat Kamu Sedang Tak Bersama Pasangan

Jangan berpikiran negatif mulu, ya! 

unsplash.com/Warren Wong

Curiga pada pasangan pada dasarnya adalah kecemburuan yang ditimbulkan dari kesalahan yang pernah dia lakukan padamu. Oleh karena itu, tak henti-hentinya kamu selalu curiga padanya. Apa lagi jika dia sedang tak bersama denganmu, curiga yang kamu rasakan akan jauh lebih kompleks, bahkan sering berburuk sangka padanya. 

Hal seperti itu tidak baik jika terus menerus terjadi dalam hubungan karena berpotensi membuat hubungan menjadi toxic. Oleh karena itu, kamu perlu mengatasinya secara keseluruhan. Nah, berikut ini beberapa hal yang harus kamu lakukan saat curiga mulai datang. 

1. Buang perasaan insecure 

pexels.com/Anastasia Shuraeva

Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan membuang rasa insecure dalam dirimu dulu. Di mana, insecure ini membuat dirimu merasa tidak berharga dan tak percaya diri dalam hubungan sehingga muncullah rasa curiga, takut akan pasangan yang nantinya akan meninggalkanmu. 

Oleh karena itu, penting untukmu membuang rasa insecure dengan cara membangun kepercayaan diri dan kualitas yang ada di dirimu. Dengan begitu, kamu akan merasa berharga dan tak takut untuk ditinggalkan oleh pasangan. 

Baca Juga: 6 Sikap yang Sebaiknya Kamu Miliki Saat Pasangan Sukses, Bukan Minder!

2. Komunikasilah secara intens saat dia tak bersamamu

pexels.com/Andrea Piacquadio

Biar perasaanmu lebih tenang dan dapat memantaunya dari jarak jauh, maka kamu bisa melakukan komunikasi dengannya. mulailah basa-basi dan jangan sampai obrolanmu dapat mengakhiri komunikasi yang kamu lakukan secara online. Namun, perlu diingat juga untuk tidak menyinggung masalah tentang kecemburuan yang kamu rasakan saat pasangan sedang ada kegiatan di luar. 

3. Kurangi perasaan terlalu ingin memiliki pasangan

pexels.com/Flora Westbrook

Cemburu yang terlalu kamu rasakanlah yang akhirnya membuatmu curiga. Di mana, rasa cemburu ini hadir karena kamu merasa bahwa dia adalah milikmu seorang.

Oleh karena itu, agar kamu tidak terus menerus merasa tidak nyaman dengan perasaan curigamu sendiri, maka mulai sekarang kurangilah perasaan terlalu ingin memiliki pasanganmu. Ubahlah mindset bahwa jika dia jodohmu, maka dia akan ditakdirkan untukmu. 

4. Gunakan logika saat perasaanmu sedang cemas dan curiga

pexels.com/Andrea Piacquadio

Jangan tengok masa lalu terus dan fokus pada sakit hatimu dulu karena itulah sebab yang membuatmu terus menerus curiga padanya. Mulailah perlahan untuk menggunakan logikamu sekarang.

Dengan begitu, kamu tidak akan terus menerus menebak-nebak sedang apa dia di sana dan dengan siapa? Dirimu akan lebih tenang dan selalu berpikir positif pada pasangan. 

Baca Juga: 5 Alasan Pasangan Belum Mengenalkanmu pada Temannya, Gak Perlu Curiga!

Verified Writer

P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya