TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Hal yang Bikin Kamu Terjebak Dalam Hubungan Gak Sehat Selamanya 

Kira-kira kamu termasuk gak ya?

Couple

Kamu yang sekarang sedang berada dalam hubungan tapi lebih banyak sedih daripada bahagianya, bisa jadi karena hubunganmu dengan pasangan bukan hubungan yang sehat. Karena cinta merupakan hal yang positif, maka dampak yang timbul harusnya juga baik. Jangan sampai kamu dibutakan perasaan sampai tidak mampu pergi dari hubungan yang gak sehat.

5 hal di bawah ini bikin kamu terjebak dalam hubungan yang gak sehat selamanya. Jangan biarkan dirimu sendiri tersiksa, masih ada waktu untukmu temukan kebahagiaan lain, kok!

1. Rasa bersalah untuk meninggalkan lebih dulu

imdb.com

Kalau kamu tidak mau meninggalkan karena merasa bersalah, maka tandanya kamu kurang mencintai dirimu sendiri. Orang yang cukup menghargai dirinya akan mengutamakan kebahagiaan dan keselamatan dirinya sendiri dulu. Bahkan dalam hubungan, kamu butuh menetapkan kebahagiaanmu dan jangan mau dipermainkan dengan rasa bersalah.

2. Pemikiran bahwa kalau kamu pergi tandanya kamu gagal

patheos.com

Gagal dalam satu hubungan bukan berarti gagal dalam hubungan lainnya juga. Justru kamu jadi belajar kalau hubungan orang dewasa memang kompleks dan tidak semudah yang kelihatan. Lebih baik kamu pergi sekarang dan temukan kebahagiaan daripada terus terintimidasi dengan rasa gagal dan akhirnya membuatmu menderita.

Baca Juga: 5 Tanda Tunjukkan Jika Kamu Berada dalam Hubungan Tak Sehat

3. Kamu pikir bisa mengubahnya jadi lebih baik

whiskeyriff.com

Seseorang tidak akan bisa berubah karena orang lain. Kamu hanya akan lelah sendiri dan membuang banyak waktumu pada orang yang salah. Kalau memang dia sudah memiliki tabiat yang buruk, terus bersamanya sama saja menghancurkan masa depanmu sendiri. Di atas segalanya, kamu harus tetap mencari apa yang membuatmu bahagia.

4. Kamu sangat perfectionist dan menganggap tidak ada yang lebih baik darinya

fanpop.com

Padahal faktanya itu tidak benar. Bisa jadi kamu justru mendapatkan yang lebih baik. Jangan terlalu takut untuk melangkah dari sesuatu yang tidak benar. Jangan membuang waktu pada hal yang menyakitimu. Kamu pasti bisa memulai hubungan yang lebih baik lagi, dengan orang lain.

Baca Juga: Bukan Cinta, Ini 5 Hal yang Bikin Sulit Tinggalkan Hubungan Tak Sehat!

Verified Writer

Stella Azasya

A chronic daydreamer || IG: @stellaazasya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya