TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Jangan Egois, 5 Alasan Mengapa Sejatinya Cinta itu Gak Bisa Dipaksakan

Pikirkan tentang kebahagiaanmu juga, ya!

unsplash.com/christian fregnan

Tak bisa dipungkiri bahwa semua orang yang ada di dunia ini pasti membutuhkan cinta. Namun terkadang cinta itu bisa lebih bersifat menyakiti daripada menghasilkan kebahagiaan. Ketika mencintai orang lain, pastikan terlebih dahulu bahwa dia juga merasakan hal yang sama.

Jika cintamu hanya bertepuk sebelah tangan, maka mundur adalah jawaban yang paling tepat. Ingatlah bahwa cinta itu tidak bisa dipaksakan. Ada beberapa hal yang menjadi alasan kuat mengapa hal tersebut terjadi. Untuk penjelasan lebih lanjut, simak pembahasan berikut ini.

1. Setiap orang pasti memiliki kriteria pasangan sendiri-sendiri

unsplash.com/clem onojeghuo

Ketika cintamu bertepuk sebelah tangan, maka sadarlah bahwa kamu bukan termasuk kriteria pasangan yang tepat menurutnya. Meskipun terdengar agak sakit, tetapi hal tersebut memang benar adanya. Begitu pula dirimu pasti memiliki kriteria tersendiri dalam memilih pasangan, bukan?

Oleh karena itu, memang pada hakikatnya cinta itu harus bisa saling menerima satu sama lain. Jika dia sudah berkata 'tidak' untukmu, lantas untuk apa diperjuangkan? Hal itu hanya akan membuang-buang waktumu saja. Maka dari itu, janganlah kamu bersedih akan hal itu dan cobalah untuk bangkit.

Baca Juga: 5 Kesalahan yang Sering Kamu Lakukan dalam Mengatur Urusan Cinta

2. Memaksakan cinta hanya akan menimbulkan kebahagiaan palsu

unsplash.com/luis galvez

Setiap orang pasti akan melakukan segala cara untuk membahagiakan pujaan hatinya. Namun jika si dia tidak merespon balik, lantas hal tersebut tidak ada gunanya. Jika kamu terus memaksakan kehendakmu agar dia tetap berada di sampingmu, maka yang akan timbul hanyalah kebahagiaan palsu.

Tidak ada keikhlasan hati terkait mencintai satu sama lain. Dia mungkin hanya kasihan terhadapmu dan menghargai perasaanmu. Maka dari itu, tidak akan ada gunanya jika kamu terus memaksakan cinta karena hal tersebut hanya akan merampas kebahagiaan sejatimu.

3. Jika diteruskan, kamu pasti rela makan hati karenanya

unsplash.com/christian erfurt

Tujuan utama dari tegaknya sebuah hubungan asmara adalah untuk bahagia. Jika menjalani hubungan dengan terpaksa maka yang akan ditimbulkan hanyalah sebatas makan hati. Kamu pasti rela melakukan apapun demi dia yang tidak mencintaimu balik.

Ingatlah bahwa kamu itu berhak untuk bahagia. Jangan anggap bahwa dialah orang yang satu-satunya bisa mendapatkan hatimu. Di luar sana masih banyak orang yang sama ataupun seribu kali lebih baik darinya. Oleh karena itu jangan sampai kamu memaksakan cinta yang tak terbalaskan.

4. Perjuanganmu pasti akan berakhir sia-sia

unsplash.com/claudia wolff

Sebelumnya telah disebutkan bahwa ketika mencintai seseorang, kamu pasti akan rela melakukan apapun demi kebahagiaannya. Namun tidakkah kamu sadari bahwa perjuangan tersebut hanya akan berakhir sia-sia. Tidak akan ada hasil akhir yang begitu memuaskan.

Semua yang telah kamu lakukan untuknya tidak berarti apa-apa. Waktumu akan terbuang sia-sia karena memperjuangkan orang yang tidak tepat. Maka dari itu alangkah lebih baik jika kamu mencari seseorang yang benar-benar bisa menghargaimu.

Baca Juga: 5 Bukti Nyata Gebetanmu Bukan Orang yang Gampang Mengobral Cinta

Verified Writer

Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya