Comscore Tracker

5 Cara Membuat Hubungan Rumit Bertahan Sebaik Mungkin

Relationship memang sulit ditebak

Dasarnya, tidak ada cara mudah dalam menjalani hubungan asmara, selalu ada pasang surut yang mengakibatkan banyak pertengkaran, ketidakcocokan, dan saling menyalahkan satu sama lain. Secara tidak sadar, kita mulai mengklasifikasikan hubungan yang rumit dan tidak terkontrol.

Perpisahan bukan satu-satunya jalan yang bisa kita ambil, karena kerumitan semacam ini bisa diatasi dengan berbagai macam cara. Lantas, apa saja caranya? Yuk simak kelima ulasan berikut.

1. Jangan ambil keputusan terlalu cepat

5 Cara Membuat Hubungan Rumit Bertahan Sebaik Mungkinilustrasi pasangan bertengkar (pexels.com/RODNAE Productions)

Ketika hubungan terasa sangat rumit, sebagian besar orang enggan ambil pusing dan lebih memilih memutus hubungan secara sepihak. Padahal, perpisahan harusnya dijadikan sebagai opsi terakhir, bukan pertama.

Jangan ambil keputusan terlalu cepat, karena kerumitan dalam hubungan masih bisa dibicarakan dan didiskusikan baik-baik. Mulai bicara secara terbuka dan bertukar pikiran, jangan sampai ada miskomunikasi yang merugikan.

2. Pahami dengan baik segala jenis permasalahan

5 Cara Membuat Hubungan Rumit Bertahan Sebaik Mungkinilustrasi pasangan bertengkar (pexels.com/Timur Weber)

Hubungan yang rumit biasanya berawal dari permasalahan yang tidak pernah dicari jalan keluarnya. Bukan hanya sebatas mencari, tapi pahami dengan baik segala jenis permasalahan yang kamu dan pasangan hadapi.

Jika kamu paham inti dari permasalahannya, seberat apa pun yang sedang dihadapi, semuanya bisa terselesaikan dengan baik-baik. Jangan hanya mengandalkan emosi sesaat, kamu butuh pikiran yang jernih untuk memahami situasi yang ada.

Baca Juga: 5 Alasan Seseorang Bisa Bertahan di Hubungan yang Toxic

3. Menilai komplikasi dalam hubungan secara adil

5 Cara Membuat Hubungan Rumit Bertahan Sebaik Mungkinilustrasi pasangan bertengkar (pexels.com/SHVETS production)

Jika kita bicara soal 'Siapa yang salah' dalam hubungan, keduanya tidak akan ada yang mengaku, apalagi salah satunya mulai menyudutkan. Hal inilah yang menyebabkan hubungan semakin rumit, saling menyalahkan satu sama lain.

Padahal, cara terbaik untuk keluar dari permasalahan ini adalah dengan menilai komplikasi dalam hubungan secara adil. Artinya, kedua belah pihak saling mengoreksi pasangan dan dirinya sendiri apa yang sebenarnya menjadi sebuah kesalahan.

4. Perbaiki masalah komunikasi

5 Cara Membuat Hubungan Rumit Bertahan Sebaik Mungkinilustrasi pasangan bertengkar (pexels.com/Karolina Grabowska)

Miskomunikasi menjadi salah satu penyebab hubungan yang rumit, bagaimana interaksi antara keduanya memicu kesalahpahaman, baik dari nada bicara, kata yang tabu, hingga ketersinggungan yang tidak terduga.

Secara perlahan, kamu harus mulai membenahi masalah komunikasi dengan pasangan. Jangan biarkan komunikasi dalam hubungan terhambat dan bahkan menjadi pemicu dari kerumitan yang terjadi selama ini.

5. Katakan dengan pasti gambaran terbaik dari hubungan yang kamu inginkan

5 Cara Membuat Hubungan Rumit Bertahan Sebaik Mungkinilustrasi pasangan berdiskusi (pexels.com/ANTONI SHKRABA)

Dasarnya, tiap orang punya gambarannya sendiri tentang hubungan seperti apa yang mereka inginkan dengan pasangannya. Namun, gak semua orang mau mengungkapkannya secara luas, bahkan hanya sebatas membentuk ekspektasinya sendiri.

Pada akhirnya, perkataan sering kali tidak sesuai dengan tindakan, hubungan menjadi sangat rumit dan tidak terkontrol. Untuk atasi hal ini, kamu harus belajar mengatakan dengan pasti gambaran terbaik dari hubungan yang kamu inginkan.

Kesimpulannya, hubungan yang rumit tidak selalu berakhir perpisahan, masih ada jalan alternatif untuk menyelesaikan segala bentuk permasalahan, contohnya seperti kelima poin di atas. Jangan terlalu cepat ambil keputusan, pikirkan secara baik dan dengan kepala dingin.

Baca Juga: 6 Sikap Kekanak-kanakan Bisa Menghancurkan Hubungan Asmara

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya