Comscore Tracker

5 Akibat yang Harus Ditanggung kalau Kamu Suka Baper sama Lawan Jenis

Jangan heboh dulu, belum tentu dia naksir

Sering mendapatkan perhatian dari lawan jenis, kadang suka bikin hati berdebar gak karuan. Wajar, kalau kamu kerap kali dibikin baper setiap dekat dan mendapat atensi dari cowok. Di benakmu langsung deh, menyimpulkan kalau si dia diam-diam punya rasa yang lebih kepadamu. Ya, menebak-nebak, sih boleh saja. Asal kamu juga gak boleh terbawa suasana dan jatuhnya jadi halu sendiri. Karena belum tentu yang kamu sangka itu benar, lho. 

Bisa jadi, si dia memang baik dan perhatian ke semua wanita yang ada di sekitarnya. Makanya kamu gak boleh terlalu baper dulu. Kecuali mau menerima lima akibatnya di bawah ini. Coba pahami dan resapi satu per satu. Biar kamu lebih siap menerima segala konsekuensinya. 

1. Kamu jadi sulit membedakan antara naksir beneran atau sekedar iseng saja

5 Akibat yang Harus Ditanggung kalau Kamu Suka Baper sama Lawan Jenispexels/cottonbro

Karena semua perhatian cowok yang diterima selalu dipukul rata, yakni karena alasan suka alhasil kamu jadi sulit membedakan. Mana, sih yang benar-benar naksir kamu dan mana yang hanya sekedar gombal semata. Sialnya, kalau ternyata si dia cuma iseng padahal kamu sudah berharap berlebihan, pada akhirnya cuma kamu saja yang bakal patah hati, lho. Bukan sepenuhnya salah dia juga, sih. Siapa suruh kamu bawa-bawa perasaan sebelum memastikan sendiri niat dia sebenarnya. 

2. Menerima mentah-mentah kebaikan orang sebagai bentuk rasa cinta

5 Akibat yang Harus Ditanggung kalau Kamu Suka Baper sama Lawan Jenispexels/cottonbro

Bagus, kalau kamu terbiasa berpikir positif dan gak gampang curiga sama kebaikan orang. Tapi kalau sampai salah mengartikan perhatiannya sebagai ungkapan cinta, ini sih sudah kelewat percaya diri, ya. Belum tentu, lho dia peduli padamu karena dorongan rasa sayang atau cinta seperti yang kamu duga selama ini. Bisa jadi dia hanya berniat tulus membantu karena rasa kemanusiaannya yang cukup tinggi. Seperti ketika si dia menolongmu mengambilkan buku yang berada di rak atas perpustakaan. Apa iya, perlu ada dasar perasaan cinta dulu baru memberikan bantuan kecil itu? 

3. Ketika melihat dia dekat dengan cewek/cowok lain kamu jadi cemburu dan merasa dikhianati, padahal...

5 Akibat yang Harus Ditanggung kalau Kamu Suka Baper sama Lawan Jenispexels/cottonbro

Kadung meyakini si dia naksir beneran sama kamu, membuatmu selalu merasa cemburu tiap kali melihatnya dekat dengan wanita lain. Kamu jadi merasa dikhianati dan disakiti olehnya. Bagaimana bisa, dia yang "katanya" suka sama kamu, kok malah terlihat merayu cewek selain dirimu. Mau marah dan protes tapi kamu juga sadar diri kalau kalian gak ada hubungan apa-apa. Nah, jadinya kamu sendiri kan yang dibuat pusing? Sementara dia sih masa bodoh karena memang gak ada niat buruk untuk membuatmu cemburu sama sekali. 

Baca Juga: Daripada Kamu Baper Lagi dan Kecewa, Lebih Baik Hindari 5 Tipe Ini

4. Kamu jadi punya harapan tinggi kalau kalian bisa segera jadian

5 Akibat yang Harus Ditanggung kalau Kamu Suka Baper sama Lawan Jenispexels/cottonbro

Gampang baper sama cowok juga bikin kamu berangan berlebihan. Kamu jadi halu dan membayangkan kalau suatu saat nanti kalian bisa jadian. Tanpa disadari bahwa perasaanmu itu cuma bertepuk sebelah tangan. Si dia gak pernah ada rasa yang lebih ke kamu. Hati-hati, lho kalau impian itu diteruskan kamu akan tersiksa sendiri. Ditambah lagi suatu saat kamu melihat kalau dia malah jadian sama cewek lain. Mau marah? Gak ada alasannya kamu marah-marah, karena dari awal sudah heboh menyimpulkan sendiri tanpa adanya bukti yang kuat. 

5. Parahnya nih, sifat ini justru menjadikanmu mudah dipermainkan oleh lawan jenis

5 Akibat yang Harus Ditanggung kalau Kamu Suka Baper sama Lawan Jenispexels/Gabby K

Kalau sifat baper-an ini gak juga dihilangkan akibat terburuknya adalah kamu bakal sering dipermainkan. Soalnya lama-lama orang akan tahu kalau kamu itu gampang bawa perasaan tiap kali didekati lawan jenis. Jadi peluang, dong buat mereka yang punya niat jahat untuk mempermainkanmu. Awalnya kamu dibuat nyaman dan bucin setengah mati. Tapi pada akhirnya bakal ditinggal tanpa alasan. Memang mereka jelas bersalah, tapi kamu sendiri juga gak bisa menjaga hati dan berpikiran logis sedikit saja, sih. Begitu, deh hasilnya. Jadi sakit hati sendiri kan? 

Memang namanya mengendalikan perasaan itu terbilang gampang-gampang susah. Wajar pula, kalau kamu sempat berpikir si dia ada rasa karena hampir tiap hari memberimu perhatian. Tapi alangkah lebih bijak lagi, kalau kamu bisa mengontrol perasaanmu supaya tidak kebablasan. Sebab jika dugaanmu ini salah, tidak hanya malu saja yang mesti kamu terima. Tapi akibat-akibat tadi juga harus ditanggung. Jadi, mulai sekarang stop baper sebelum tahu niat aslinya, ya! 

Baca Juga: Gampang Baper di Medsos? Gak Lagi Kalau Kamu Menerapkan 5 Hal Ini 

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya