Comscore Tracker

7 Tanda Dini Sifat Sombong Pasangan yang Ganggu Bingkai Pernikahanmu

Si dia merasa paling superior

Pernikahan yang sehat tentu adalah idaman setiap pasangan. Salah satu tanda sehatnya adalah saling menjunjung respek, bijaksana dalam berdiskusi, saling peduli dengan keadaan pasangan, dan mampu menjaga komitmen masing-masing.

Namun, terkadang ada salah satu alasan kenapa sebuah hubungan berjalan toxic, yakni karena hadirnya kesombongan (pride) dari satu individu. Sifat itu cenderung menciptakan jurang antara dua insan, merusak intimasi, mengeruhkan kepercayaan, dan mengganggu perdamaian dalam pernikahan. Berbahaya, 'kan.

Terkadang kehadiran sifat buruk itu tak disadari hingga sudah mengakar terlalu dalam. Nah, untuk menghindarinya, alangkah lebih baik kenali 7 tanda dininya berikut ini ya.

1. Segala sesuatu dianggap sebagai personal attack

7 Tanda Dini Sifat Sombong Pasangan yang Ganggu Bingkai Pernikahanmudramabeans.com

Setiap ide dan sudut pandang berbeda, sekalipun dalam persoalan kecil, selalu membuat dirinya merasa diserang. Bukannya dianggap sebagai ketidaksetujuan alami atau memang perbedaan perspektif semata, dia justru memasang tameng pertahanan diri yang terkesan berlebihan.

2. Gemar mencari-cari kesalahan pasangan

7 Tanda Dini Sifat Sombong Pasangan yang Ganggu Bingkai Pernikahanmuthpix.com

Merasa paling superior daripada orang lain, dia tak segan-segan menunjukkan kesalahan dari orang-orang di sekitarnya, bahkan pasangannya sendiri. Segala hal yang dia lihat selalu saja masalah, masalah, dan masalah.

Tanpa sadar, mencari-cari kesalahan orang lain semakin membuat dia berpikir bahwa dirinya lah yang terbaik dan mampu melakukan semuanya secara benar.

3. Menolak saran dan kritik dari pasangan

7 Tanda Dini Sifat Sombong Pasangan yang Ganggu Bingkai Pernikahanmudramabeans.com

Menerima saran dan kritik dari pasangan adalah salah satu bentuk respek dalam sebuah hubungan. Terlebih apabila pengaruh yang berusaha diberikan oleh pasangan itu berbentuk positif.

Sayangnya orang yang telah dikuasai oleh kesombongan cenderung terpaku pada dirinya sendiri dan bakal merasa direndahkan harga dirinya apabila keputusannya dipengaruhi oleh pasangan.

Baca Juga: 5 Tanda Kalau Kamu Berpotensi Jadi Orang Sombong

4. Tak mampu melihat kesulitan yang dihadapi pasangan

7 Tanda Dini Sifat Sombong Pasangan yang Ganggu Bingkai Pernikahanmudramabeans.com

Kesombongan menutup mata dan hatinya dari orang yang membutuhkan pertolongan. Dia tak peduli dengan rasa sakit, perjuangan, dan ketidakmampuan orang lain. Bahkan tak sekalipun terlintas untuk membantu meringankan kesulitan mereka. Dia hanya berpikir “masa bodo”.

5. Tergila-gila dengan perhatian

7 Tanda Dini Sifat Sombong Pasangan yang Ganggu Bingkai Pernikahanmudramabeans.com

Dia merasa hanya dirinyalah yang lebih penting. Segala sesuatunya harus tentang dia, keinginannya dan pemikirannya. Bahkan saat pasangannya dirundung kesulitan, bukannya berusaha membantu,  dia malah memikirkan pengaruh dari kesulitan pasangannya ke “pamornya” di mata orang lain.

6. Tak mau dianggap lemah

7 Tanda Dini Sifat Sombong Pasangan yang Ganggu Bingkai Pernikahanmusimpansinopsis.com

Ketika seseorang menilai diri sendiri terlalu tinggi, dia cenderung gengsi untuk meminta bantuan dan enggan berkorban. Baginya hal tersebut sama seperti menunjukkan kelemahan. Sebaliknya, dia malah mengharapkan pasangan untuk melakukan segalanya dan melayaninya sebagai bentuk pengorbanan mereka.

7. Menolak untuk meminta maaf

7 Tanda Dini Sifat Sombong Pasangan yang Ganggu Bingkai Pernikahanmudramabeans.com

Orang yang dipenuhi hawa kesombongan akan sulit meminta maaf. Baik itu karena dia tak menyadari kesalahannya atau memang enggan mengakui kesalahan yang jelas-jelas dilakukannya.

Namun sekalinya dia berujar maaf, pasti akan diikuti oleh sebuah pembenaran diri dan mengungkit-ungkit kembali kesalahanmu atau justru membalikkan fakta dengan menyalahkan pasangannya.

Nah, demikianlah 7 tanda dini yang menunjukkan bahwa pernikahanmu diliputi oleh kesombongan (pride), baik dari salah satu pihak maupun keduanya. Demi keberlangsungan pernikahanmu, yuk bertindaklah bijaksana dengan menyingkirkan hal negatif tersebut bersama pasanganmu.

Baca Juga: 5 Cara untuk Terus Jatuh Cinta Meski Sudah Dalam Kehidupan Pernikahan

Anna Mei Photo Verified Writer Anna Mei

Introvert who has a lot of things in her suitcase.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya